- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4434Keywords:
media loose part, kreativitas anak, motorik halusAbstract
Aspek yang dipandang perlu untuk dikembangkan pada anak usia dinia adalah kemampuan kreativitas dan motorik halus anak, dan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan motorik halus adalah menggunakan media pembelajaran loose parts. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media loose part terhadap kreativitas dan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Birit. Jenis penelitian adalah Quasy Experiment dengan desain Pretest-Posttest Group Design. Sampel penelitian menggunakan dua kelompok, yaitu eksperimen 22 anak dan kontrol 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) media loose part berpengaruh terhadap kreativitas. Anak yang diberikan media loose part memiliki rata-rata kreativitas lebih baik dibanding dengan anak yang diberikan lembar kerja/majalah dan berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai Z sebesar -2,183 dengan signifikansi 0,029 < 0,05; (2) media loose part berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus. Anak yang diberikan media loose part memiliki rata-rata motorik halus lebih baik dibanding dengan anak yang diberikan lembar kerja/majalah  dan berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai Z sebesar -2,194 dengan signifikansi 0,028 < 0,05.
ÂDownloads
References
Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1-6. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23
Antara, P. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini dengan Pendekatan Holistik. Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD dan Dikmas, 14(1), 17-26. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2
Asih NS, Sugiyo & Suminar, T. (2022). Pembelajaran Sentra Media Loose Parts meningkatkan Kreativitas dan Kompetensi pedagogik Guru TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4581-4590. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2561
Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Mellaui Pembelajaran terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 1-7. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.10
Astuti, R & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidiakan Anak Usia Dini, 3(2), 294-300. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Ayuni, D & Setiawati, F.A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128
Claudia S, Widiastuti AA & Kurniawan M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143-148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97
Darmiatun, S & Mayar, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kolase dengan menggunakan Bahan Bekas. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247-257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327
Debeturu, B & Wijayaningsih, FL. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Magig Puffer Ball. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233-239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180
Fakhriyani, D. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 1(1), 1-6.
Fitriyah QF, Purnama S, Febrianta Y, Suismanto S & Aziz H. (2021). Pengembangan Media Busy Book dalam pembelajaran Motorik halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719-727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789
Hadiyanti, SM & Elan, TR. (2021). Analisis Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemmapuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 237-245. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/40920
Hendraningrat, D & Fauziah, P. (2022). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 56-70. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205
Kaplan, D. (2019). Creativity in Education: Teaching for Creativity Development. Educhild, 1(10), 140-147. https://scirp.org/journal/paperinformation.aspx?paperid=90370
Kuraedah, S & Anhusadar, LO. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211-223. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299
Mayar F, Uzlah U, Nurhamidah, Ernawati S, Rahmawati R & Desmila. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar untuk Pengembangan Kreativitas Anak usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794-4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665
Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kretaivitas Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novitasari, Y & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Nur, D. (2019). Basic Motor Ability Aquatic Learning for Early Childhood. Journal of Physical Education, Sport Healt and Recreations, 8(2), 51-54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/28406
Nurfadila, Nurmalina & Amalia R. (2020). Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase dengan Bahan Loose part pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kota. Jurnal on Teacher Education, 2(1), 1-6. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1193
Nurjanah, N. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Kajian Ilmu Anak Usia Dini dan Media Informasi, 1(1), 19-31. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3672
Rachmawati Y & Kurniati E. (2016). Strategi pembelajaran Kreativitas pada Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Rahayu H, Yetti E & Supriyati Y. (2020). Meningkat Kreativitas Anak Usia Dini Mellaui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832-840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691
Rohmatun S, Fitamaya D, Setiyani EI, Rohfirsta F, Nisa R & Zulfahmi MN. (2021). Penerapan Loose Parts terhadap Kreativitas Anak Usia Dini selama Belajar dari Rumah. JET: Journal of Education and Teaching, 2(2), 1-6. https://jet.or.id/index.php/jet/article/view/114
Safitri D & Lestariningrum A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1-7. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/5352
Siantajani, Y. (2018). Pemanfaatan Media Loose Parts dalam pembelajaran STEAM untuk Anak Usia Dini. Jurnal PG PAUD Sebelas Maret, 2(2), 1-7. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/belajar-dengan-metode-steam-berbahan-loose-part
Siantajani, Y. (2020). Loos Parts: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: Sarang Seratus Aksara.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. (2013). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: Indeks Permata Puri Media.
Sumantri, M. (2015). Model Pengembangan Keterampilan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sutapa P, Suharjana, Ndaysengan J & Aman MSB. (2020). Improving Fine Motor Skills through Playing Plasticine and Clay in Early Childhood. Received Desember, 6(1), 1-7. https://www.tojqi.net/index.php/journal/article/view/4115
Suyono & Hariyanto. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syafdaningsih & Pratiwi, W. (2022). Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4199-4209. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2336
Wandi, ZN. & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini Melalui kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 347-352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347