Model Pengembangan Keterampilan Motorik My Home Environment terhadap Anak Disabilitas Intelektual

Authors

  • M. Haris Satria Pendidikan Olahraga, Universitas Bina Darma, Palembang, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-1648-8525
  • Hilmy Aliriad Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Bojonegoro, Indonesia
  • Selvi Atesya Kesumawati Pendidikan Olahraga, Universitas Bina Darma, Palembang, Indonesia
  • Husni Fahritsani Pendidikan Olahraga, Universitas PGRI, Palembang, Indonesia
  • I Bagus Endrawan Pendidikan Olahraga, Universitas Bina Darma, Palembang, Indonesia
  • Adi S Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Semaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4415

Keywords:

model pembelajaran, keterampilan motorik, anak usia dini, disabilitas intelektual

Abstract

Pendidikan jasmani di Sekolah Luar Biasa (SLB) memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Model Pembelajaran Pengembangan Keterampilan Motorik Anak terhadap Disabilitas Intelektual (DI). Metode Penelitian ini menggunakan prosedur Research and Development (R&D) Borg dan Gall untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Subjek uji coba adalah guru Pendidikan Olahraga dan siswa SLB Palembang. Jenis data dalam penelitian ini adalah Mix method desain, dan instrumen yang digunakan adalah kuisioner dan observasi (rubrik assessment). Analisis data menggunakan uji-t dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik adaptif dan latihan kemampuan fisik dan gerakan dapat meningkatkan kinerja fisik dan kognitif siswa dengan DI. Simpulan model pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan motorik, keterampilan kognitif, serta meningkatkan kesenangan dan fokus perhatian pada anak-anak dengan Disabilitas Intelektual (DI) ringan yang berusia 5-6 tahun, baik laki-laki maupun perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliriad, H. (2023). Level Of Motor Educability In Floor Gymnastics Courses To Motion Skills. JUARA: Jurnal Olahraga, 8(1). http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/2807

Aliriad, H., Soegiyanto, S., Setijono, H., & Sulaiman, S. (2023). The Effect of Project-Based Learning, Age and Motor Educability Learning Models on Fundamental Motor Skills to Enhance Early Children Basic Motor Skills. Health Education and Health Promotion, 11(1), 1001–1008. https://hehp.modares.ac.ir/article-5-66776-en.html

Alshamri, K. H. (2020). Challenges and experiences of high school teachers with students having intellectual disabilities in inclusive classrooms in Saudi Arabia. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2191–2196. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080559

Amirzan, A., Kasih, I., & Marpaung, D. R. (2020). Pengembangan Prototipe Bicycle Static dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 251–272. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2184

Anung Anindhito, Y. L. (2020). Pengembangan Model Permainan Olahraga Freeball pada Pembelajaran Penjas Adaptif Anak Tunagrahita di SLB Se-Kabupaten Kendal. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(2), 68–75. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i2.36870

Ardiyanto, A., & Sukoco, P. (2014). Pengembangan model pembelajaran berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2608

Carrascal, S., & Rodríguez, Y. G. (2017). The Influence of Teacher Training for the Attention of Students with Intellectual Disabilities in the Transitional Period to Adulthood. Universal Journal of Educational Research, 5(11), 1863–1868. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.051102

Dandashi, A., Karkar, A. G., Saad, S., Barhoumi, Z., Al-Jaam, J., & El Saddik, A. (2015). Enhancing the cognitive and learning skills of children with intellectual disability through physical activity and edutainment games. International Journal of Distributed Sensor Networks, 2015(6), 165165. https://doi.org/10.1155/2015/165165

Desai, K., Bahirat, K., Ramalingam, S., Prabhakaran, B., Annaswamy, T., & Makris, U. E. (2016). Augmented reality-based exergames for rehabilitation. Proceedings of the 7th International Conference on Multimedia Systems, MMSys 2016, 232–241. https://doi.org/10.1145/2910017.2910612

Efendi, D. I., & Sandra, I. A. E. (2019). Pengaruh Latihan Ladder Drill Terhadap Kelincahan Pada Anak Usia Dini Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Khoiriyatussibyan. Prosiding SNasPPM, 4(1), 16–21. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/290

Febrianta, Y. (2016). Alternatif mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini dengan aktivitas akuatik (berenang). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 85–95. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1269

Hamzah, A. (2019). Metode penelitian & pengembangan (research & development) uji produk kuantitatif dan kualitatif proses dan hasil dilengkapi contoh proposal pengembangan desain uji kualitatif dan kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Haris Satria, M., Taroreh, B. S., Melynda, M., & Asri, N. (2020). Play activity: To increase fundamental movement skill for children with mild mental retardation. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6), 1–10. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080701

Hayakawa, K., & Kobayashi, K. (2011). Physical and motor skill training for children with intellectual disabilities. Perceptual and Motor Skills, 112(2), 573–580. https://doi.org/10.2466/06.13.15.PMS.112.2.573-580

Ismet, I. (2019). Intervensi Anak Usia Dini Penyandang Autis. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 30. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.176

Kesumawati, S. A., & Damanik, S. A. (2019). Model Pembelajaran Gerak Dasar Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Keolahragaan, 18(2), 146–153. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/15854

Kesumawati, S. A., Fakhruddin, & Fahritsani, H. (2021). Learning model of fundamental movement skills (FMS) for children with mild intellectual disability. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(1), 71–80. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090110

Kesumawati, S. A., Rahayu, T., R, H. A., & Rahayu, S. (2018). Game Model To Increase Fundamental Movement Skills in Children With Mild Intellectual Disability. International Conference on Science and Education and Technology 2018 (ISET 2018), 431–436. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.87

Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan motorik kasar pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132

Marlina, L., Febrieanitha, Y., & Afiah, A. A. (2022). Pengaruh Permainan Sirkuit Terowongan Geometri Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok. Journal Of Early Childhood Education And Research, 3(1), 1–9. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/31863

Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741

Priyanto, A. (2014). Pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 02. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/2913

Satria, M. H., & Wijaya, M. A. (2020). Permainan Gerak Dasar Lokomotor Untuk Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penjakora, 7(1), 49. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24696

Saurina, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran untuk anak usia dini menggunakan augmented reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27

Sukriadi, S. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 12–24. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/19543

Taroreh, B. S., & Satria, M. H. (2020). Implementasi Permainan Cba Pada Pembelajaran Atletik Sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional Di Sumatera Selatan. Jurnal Curere, 4(1), 9–16. http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/348

Tatang Muhtar, A. S. L. (2019). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif - Google Books. UPI Sumedang Press.

Utamayasa, I. G. D. (2021). Model-model pembelajaran pendidikan jasmani. Jakad Media Publishing.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Satria, M. H., Aliriad, H., Kesumawati, S. A., Fahritsani, H., Endrawan, I. B., & S, A. (2023). Model Pengembangan Keterampilan Motorik My Home Environment terhadap Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2336–2347. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4415

Issue

Section

Articles