- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Model Pengembangan Keterampilan Motorik My Home Environment terhadap Anak Disabilitas Intelektual
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4415Keywords:
model pembelajaran, keterampilan motorik, anak usia dini, disabilitas intelektualAbstract
Pendidikan jasmani di Sekolah Luar Biasa (SLB) memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Model Pembelajaran Pengembangan Keterampilan Motorik Anak terhadap Disabilitas Intelektual (DI). Metode Penelitian ini menggunakan prosedur Research and Development (R&D) Borg dan Gall untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Subjek uji coba adalah guru Pendidikan Olahraga dan siswa SLB Palembang. Jenis data dalam penelitian ini adalah Mix method desain, dan instrumen yang digunakan adalah kuisioner dan observasi (rubrik assessment). Analisis data menggunakan uji-t dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik adaptif dan latihan kemampuan fisik dan gerakan dapat meningkatkan kinerja fisik dan kognitif siswa dengan DI. Simpulan model pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan motorik, keterampilan kognitif, serta meningkatkan kesenangan dan fokus perhatian pada anak-anak dengan Disabilitas Intelektual (DI) ringan yang berusia 5-6 tahun, baik laki-laki maupun perempuan.
Downloads
References
Aliriad, H. (2023). Level Of Motor Educability In Floor Gymnastics Courses To Motion Skills. JUARA: Jurnal Olahraga, 8(1). http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/2807
Aliriad, H., Soegiyanto, S., Setijono, H., & Sulaiman, S. (2023). The Effect of Project-Based Learning, Age and Motor Educability Learning Models on Fundamental Motor Skills to Enhance Early Children Basic Motor Skills. Health Education and Health Promotion, 11(1), 1001–1008. https://hehp.modares.ac.ir/article-5-66776-en.html
Alshamri, K. H. (2020). Challenges and experiences of high school teachers with students having intellectual disabilities in inclusive classrooms in Saudi Arabia. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2191–2196. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080559
Amirzan, A., Kasih, I., & Marpaung, D. R. (2020). Pengembangan Prototipe Bicycle Static dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 251–272. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2184
Anung Anindhito, Y. L. (2020). Pengembangan Model Permainan Olahraga Freeball pada Pembelajaran Penjas Adaptif Anak Tunagrahita di SLB Se-Kabupaten Kendal. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(2), 68–75. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i2.36870
Ardiyanto, A., & Sukoco, P. (2014). Pengembangan model pembelajaran berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2608
Carrascal, S., & RodrÃguez, Y. G. (2017). The Influence of Teacher Training for the Attention of Students with Intellectual Disabilities in the Transitional Period to Adulthood. Universal Journal of Educational Research, 5(11), 1863–1868. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.051102
Dandashi, A., Karkar, A. G., Saad, S., Barhoumi, Z., Al-Jaam, J., & El Saddik, A. (2015). Enhancing the cognitive and learning skills of children with intellectual disability through physical activity and edutainment games. International Journal of Distributed Sensor Networks, 2015(6), 165165. https://doi.org/10.1155/2015/165165
Desai, K., Bahirat, K., Ramalingam, S., Prabhakaran, B., Annaswamy, T., & Makris, U. E. (2016). Augmented reality-based exergames for rehabilitation. Proceedings of the 7th International Conference on Multimedia Systems, MMSys 2016, 232–241. https://doi.org/10.1145/2910017.2910612
Efendi, D. I., & Sandra, I. A. E. (2019). Pengaruh Latihan Ladder Drill Terhadap Kelincahan Pada Anak Usia Dini Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Khoiriyatussibyan. Prosiding SNasPPM, 4(1), 16–21. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/290
Febrianta, Y. (2016). Alternatif mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini dengan aktivitas akuatik (berenang). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 85–95. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1269
Hamzah, A. (2019). Metode penelitian & pengembangan (research & development) uji produk kuantitatif dan kualitatif proses dan hasil dilengkapi contoh proposal pengembangan desain uji kualitatif dan kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.
Haris Satria, M., Taroreh, B. S., Melynda, M., & Asri, N. (2020). Play activity: To increase fundamental movement skill for children with mild mental retardation. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6), 1–10. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080701
Hayakawa, K., & Kobayashi, K. (2011). Physical and motor skill training for children with intellectual disabilities. Perceptual and Motor Skills, 112(2), 573–580. https://doi.org/10.2466/06.13.15.PMS.112.2.573-580
Ismet, I. (2019). Intervensi Anak Usia Dini Penyandang Autis. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 30. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.176
Kesumawati, S. A., & Damanik, S. A. (2019). Model Pembelajaran Gerak Dasar Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Keolahragaan, 18(2), 146–153. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/15854
Kesumawati, S. A., Fakhruddin, & Fahritsani, H. (2021). Learning model of fundamental movement skills (FMS) for children with mild intellectual disability. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(1), 71–80. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090110
Kesumawati, S. A., Rahayu, T., R, H. A., & Rahayu, S. (2018). Game Model To Increase Fundamental Movement Skills in Children With Mild Intellectual Disability. International Conference on Science and Education and Technology 2018 (ISET 2018), 431–436. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.87
Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan motorik kasar pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132
Marlina, L., Febrieanitha, Y., & Afiah, A. A. (2022). Pengaruh Permainan Sirkuit Terowongan Geometri Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok. Journal Of Early Childhood Education And Research, 3(1), 1–9. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/31863
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741
Priyanto, A. (2014). Pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 02. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/2913
Satria, M. H., & Wijaya, M. A. (2020). Permainan Gerak Dasar Lokomotor Untuk Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penjakora, 7(1), 49. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24696
Saurina, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran untuk anak usia dini menggunakan augmented reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27
Sukriadi, S. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 12–24. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/19543
Taroreh, B. S., & Satria, M. H. (2020). Implementasi Permainan Cba Pada Pembelajaran Atletik Sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional Di Sumatera Selatan. Jurnal Curere, 4(1), 9–16. http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/348
Tatang Muhtar, A. S. L. (2019). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif - Google Books. UPI Sumedang Press.
Utamayasa, I. G. D. (2021). Model-model pembelajaran pendidikan jasmani. Jakad Media Publishing.