Author
Rahmani Rahmani(1), Farida Mayar(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-04-30
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 694 times PDF Downloaded: 335 timesAbstract
Beberapa masalah yang ditemukan pada awal riset yag dilaksanakan oleh peneliti, yaitu media pembelajaran dirancang guru belum menarik sehingga tidak menyenangkan bagi anak. Penggunaan media audio visual video pembelajaran untuk pengembangan pembelajaran bahasa bagi anak usia dini masih jarang temui. Tujuan riset ini ialah mengembangkan media audio visual video pembelajaran mengenal huruf awal pada kata untuk anak usia 5-6 tahun. Model pengembangan 4-D digunakan pada penelitian, yang terdiri atas 4 tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Pelaksanaan uji coba media dilakukan di TK Al-Hikmah Kec. Siak Hulu. Hasil penelitian menunjukkan media audio visual video pembelajaran mengenal huruf awal pada kata untuk anak usia 5-6 tahun memenuhi kategori praktis, valid, serta efektif sehingga mampu meningkatkan keterampilan keaksaraan pada anak usia dini. Media audio visual video pembelajaran yang dikembangkan secara menarik perhatian anak akan membantu mengembangkan perkembangan anak salah satunya ialah mengenal huruf awal.
Keywords
References
Aida, S., Suprapti, A., & Nasirun, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 56–63. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2297
Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1–43. Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4707
Anagün, Ş. S. (2018). Teachers’ perceptions about the relationship between 21st century skills and managing constructivist learning environments. International Journal of Instruction, 11(4), 825–840. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11452a
Angko, N. (2017). Pengembangan bahan ajar dengan model addie untuk mata pelajaran matematika kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15
Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128
Ayuni, D., Zudeta, E., & Pahrul, Y. (2023). Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Journal On Teacher Education, 4(3), 722–729. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13100
B Boholano, H. (2017). Smart Social Networking: 21st Century Teaching andLearning Skills. Research in Pedagogy, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45
Batubara, H. . (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. Graha Edu.
Bin Amiruddin, M. Z., Magfiroh, D. R., Savitri, I., & Binti Rahman, S. M. I. (2022). Analysis of The Application of The STEAM Approach to Learning In Indonesia: Contributions to Physics Education. International Journal of Current Educational Research, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.53621/ijocer.v1i1.139
Bintang, S., Alim, A., & Umam, K. (2019). The Influence Of Use Audio Visual Media To Increase The Development Of Early Childhood Language. JURNAL INDRIA Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal, IV(Ii), 146–155. https://doi.org/10.24269/jin.v4n2
Candra, V., Simarmata, N. I. P., Mahyuddin, M., Purba, B., Purba, S., Chaerul, M., Hasibuan, A., Siregar, T., Sisca, S., & Karwanto, K. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yayasan Kita Menulis.
Chang, T.-Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W.-J., Shieh, Y.-S., & Hsu, M.-L. (2021). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011
Davis, D., Miller, D., Mrema, D., Matsoai, M., Mapetla, N., Raikes, A., & Burton, A. (2021). Understanding perceptions of quality among early childhood education stakeholders in Tanzania and Lesotho: A multiple qualitative case study. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100153. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100153
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (pp. 57–62).
Gullo, D. F. (2005). Understanding Assessment and Evaluation in Early Childhood Education. Teachers College Press Columbia University.
Handayani, A., & Nurhafizah, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kantong Ajaib Di Taman Kanak-Kanak Sadar Bhakti Kecamatan Talamau. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 44–50. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/386
Handayani, N. P. R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120–131. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767
Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Laihat, L., Kurniah, N., Zulaiha, D., Siregar, R. R., Pagarwati, L. D. A., & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637–646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3632
Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers & Education, 146, 103747.
Ivanović, M. (2014). Development of Media Literacy – An Important Aspect of Modern Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 149(September 2014), 438–442. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.284
Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ attitudes towards social media (SM) use in online learning amid the COVID-19 pandemic: the effects of SM use by teachers and religious scholars during physical distancing. Heliyon, 7(4), e06781. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781
Katitia, D. M. O. (2015). Teacher Education Preparation Program for the 21st Century. Which Way Forward for Kenya?. Journal of Education and Practice, 6(24), 57–64.
Lee, K. W., & James, C. C. (2018). Exploring a Transformative Teacher Professional Development Model to Engender Technology Integration in the 21st Century ESL Language Classrooms. International Journal of Computer-Assisted Language Learning and Teaching, 8(4), 13–31. https://doi.org/10.4018/IJCALLT.2018100102
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566.
Mathew, N. G., & Alidmat, A. O. H. (2013). A Study on the Usefulness of Audio-Visual Aids in EFL Classroom: Implications for Effective Instruction. International Journal of Higher Education, 2(2), 86–92. https://doi.org/10.5430/ijhe.v2n2p86
Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1112–1119. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/328
Maymunah, S., & Watini, S. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4120–4127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v2i2.3576
Mei-Ju, C., Chen-Hsin, Y., & Pin-Chen, H. (2014). The Beauty of Character Education on Preschool Children’s Parent-child Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431
Mukhyar, M. (2022). PermainanTradisional Melayu Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Agama Hukum Dan Pendidikan Islam (KAHPI), 4(1), 58–73. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kahpi/article/view/23309
Permendikbud, R. I. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mendiknas, 72.
Rasul, S., Bukhsh, Q., & Batool, S. (2011). A study to analyze the effectiveness of audio visual aids in teaching learning process at uvniversity level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28, 78–81. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.016
Sari, L. P., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Kb Tunas Harapan Muara Enim Tahun 2021. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 559–567. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.586
Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui model pembelajaran audio visual berbasis android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92–98. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3490
Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (4th ed.). Alfabeta.
Syafdaningsih, S., & Pratiwi, W. (2022). Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4199–4209. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2336
Thiagarajan, & Sivasailam. (1947). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. National Center for Improvement Educational System.
Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Prenada Media Group.
Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553
Yazar, T., & Arifoglu, G. (2012). A Research of Audio Visual Educational Aids on the Creativity Levels of 4-14 Year Old Children as a Process in Primary Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, 301–306. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.163
Yuliani Nurani Sujiono. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.