Abstract


Sebagianguru masih bingung dalam menerapkan  strategi pembelajaran untuk meningkatkan percaya diri anak. Program edutainment menjadi salah satu alternatif  dalam meningkatkan percaya diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program edutainment Jum’at ceria yang dapat meningkatkan percaya diri anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian  kualitatif deskriptif. Subyek penelitian enam guru dan anak-anak usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.  Analisis data penelitian ini menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program edutainment dapat meningkatkan percaya diri anak  melalui kegiatan Jum’at ceria. Kegiatan Jum’at ceria ini, guru dapat mengajak anak-anak untuk melakukan senam bersama, menyanyi, membuat kreativitas dari loos parts, dolanan jawa, mendengarkan dongeng, membacakan buku, latihan MC dan  menggiring bola  dengan tongkat kecil mengikuti bentuk huruf atau angka. Anak tertarik dan berani melakukan diddepan teman-temannya dengan percaya diri


Keywords


anak usia dini; edutainment jumat ceria; percaya diri anak