Strategi Edutainment Jum’at Ceria untuk Meningkatkan Percaya Diri di Taman Kanak- kanak

Author


Suryanti Suryanti(1Mail), Muthmainnah Muthmainnah(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 724KB]  Language: id
Published : 2023-05-13
Copyright (c) 2023 suryanti suryanti, Muthmainnah Muthmainnah

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 56 times PDF Downloaded: 16 times

Abstract


Sebagianguru masih bingung dalam menerapkan  strategi pembelajaran untuk meningkatkan percaya diri anak. Program edutainment menjadi salah satu alternatif  dalam meningkatkan percaya diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program edutainment Jum’at ceria yang dapat meningkatkan percaya diri anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian  kualitatif deskriptif. Subyek penelitian enam guru dan anak-anak usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.  Analisis data penelitian ini menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program edutainment dapat meningkatkan percaya diri anak  melalui kegiatan Jum’at ceria. Kegiatan Jum’at ceria ini, guru dapat mengajak anak-anak untuk melakukan senam bersama, menyanyi, membuat kreativitas dari loos parts, dolanan jawa, mendengarkan dongeng, membacakan buku, latihan MC dan  menggiring bola  dengan tongkat kecil mengikuti bentuk huruf atau angka. Anak tertarik dan berani melakukan diddepan teman-temannya dengan percaya diri


Keywords


anak usia dini; edutainment jumat ceria; percaya diri anak

References


Albab, U. (2018). Teori Mutakhir Pembelajaran: Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. El-Tarbawi, 11(1), 51–62. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol11.iss1.art4

Alqorina, S. (2022). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Di Taman Kanak-Kanak. 6(1), 98–112.

Amalia, Z. R. N., Palupi, W., & Syamsuddin, M. M. (2020). Penerapan metode edutainment untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 211. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41104

Aprianti, N., Ala Purnawati, Siti Nur’aslinda, & Hulta Sari. (2023). Manfaat Story Telling dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al-Amin, 1(1), 67–81. https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/piaud/article/view/34

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717

Ayu, M. A. (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education, 1–8. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/JECIE/article/view/25

Laily. E. U. (2022). Meningkatkan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui metode bernyanyi. UIN Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar nasional pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.

Mufidah, L. (2013). Pengaruh Metode edutainment Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa PadaMateri Teknik- teknik Dasar Memasak di SMK Negeri 2 Godean. Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/29967

Menteri Pendidikan Nasional (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Platinum, M. (2021). 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini yang Wajib Bunda Ketahui. https://morinagaplatinum.com/id/milestone/6-aspek-perkembangan-anak-usia-dini-yang-wajib-bunda-ketahui

Putri, D. M. K. (2014). Upaya meningkatkan rasa percaya diri peserta ddik dengan unjuk diri menggunakan mediaPop Up Book di TK Baithul Hikmah. Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/1541

Rahmanita, U., & Khariah, K. (2016). Model pembelajaran edutainment dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Al-Khair Journal : Management, Education, And Law 2(1), 1–23. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/khair/article/view/6936

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan sebaya dan permainan tradisional pada keterampilan sosial dan emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Rizkyana Kumalayanti, Purwadi, D. P. (2012). Pengaruh Kegiatan Senam Bebek Terhadap Kepercayaan Diri Anak di TK Islam Sultan AGUNG01 Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/2105

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA) (Issue June).

Santoso. (2018). Penerapan Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–68. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2376

Sari, D. N., & Khatimah, N. (2018). Meningkatkan kemampuan seni anak dengan teknik kreasi cap jari warna-warni kelompok B TK pertiwi pucangsimo kecamatan bandarkedungmulyo Jombang. PAUD Teratai, 07, 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/22264

Taran, E. G. M. (2019). Guru yang menyenangkan Untuk mempersiapkan pendidikan bagi Anak Usia Dini yang mampu berdaya saing di era mea. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia, 2(1). https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/339

Terlena, M., & Linarsih, A. (2020). Penerapan Metode menyanyi Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/53705

Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku religius anak usia 5-6 tahun pada PAUD model karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 570. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251

Tung, W. H. (2014). Questioning and Critical Thinking in Liberal Studies. http://hdl.handle.net/10722/202342

Willis, P. (2006). The golden age. On Record: Rock, Pop and the Written Word, 35–45. https://doi.org/10.4324/9780203993026

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656

Zamzami, E. M. (2020). Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 985–995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.750


Refbacks

  • There are currently no refbacks.