- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Kegiatan Usap Abur terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4392Keywords:
anak usia dini, motorik halus, usap aburAbstract
Rendahnya tingkat kemampuan motorik halus kepada anak yang terjadi pada anak usia dini merupakan faktor yang melatar belakangi dilaksanakan penelitian, hal ini terjadi karena adanya hambatan yang disebabkan kurangnya variasi pembelajaran yang dilaksanakan guru, terdapat anak yang masih kurang rapi ketika kegiatan menggunting dan mewarnai, hal ini menyebabkan belum berkembang secara optimal motorik halus anak. Dilaksanaknanya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan usap abur terhadap kemampuan motorik halus anak. Metode dalam penelitian ini menerapkan metode Kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Adapun variabel yang akan diteliti adalah kemampuan motorik halus anak dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi, kemudian pada penelitian ini juga menggunakan analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, hipotesis. Sesuai dengan hasil perhitungan uji-t menggunakan SPSS didapatkan hasil Sig(2-tailed) sebesar 0,01<0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan usap abur memiliki pengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak.
Downloads
References
Asakawa, A., & Sugimura, S. (2022). Mediating Process Between Fine Motor Skills, Finger Gnosis, and Calculation Abilities in Preschool Children. Acta Psychologica, 231, 1–10. ttps://doi.org/10.1016/j.actpsy.2022.103771
Awan, V., Pratiwi, S., & Ubaidillah. (2020). Kegiatan Usap Abur Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 112–125. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7202
Elihami, & Suparman. (2019). Meningkatan Keterampilan Mozaik Anak Melalui Meronce di Madina. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 29–32. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/180
Elok, K. (2020). Pengaruh Teknik Usap Abur Dengan Media Finger Painting Untuk Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Klompok B di RA Al-Hakim Malang (SKRIPSI (ed.)). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/18899
Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23–31. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427
Herdina, I. (2017). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.
Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Erlangga.
John, S. (2002). Life Spam Development Perkembangan Masa Hidup. Erlangga.
Jumilah, Efastri, S., & Fadillah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Finger Painting Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Bunda Pekanbaru. PAUD Lecture: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.1989
Khaidir, Khosilah, Kistian, A., Dafiq, N., Saputra, M., & Kholik, N. (2021). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Kurniawati, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Usap Abur Di TK Hubbulwattan Duri. Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 117–136. https://doi.org/10.36709/japend.v1i3.15828
Makhmudah, S., Anggraini, F., & Amalia, A. (2020). Perkembangan Motorik AUD. Guepedia.
Mufarrikoh, Z. (2020). Statistika Pendidikan. CV Jakad Media Publishing.
Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.
Nurjani, Y. (2019). Upaya Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 85-92. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1026
Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Di PAUD Aiza Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 803–810. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/285
Putri, S. (2019). Pengaruh Kegiatan Usap Abur Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Kartika IV-14 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember (SKRIPSI). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99710
Richard, W. (2005). Why Do Kids Do That. Erlangga.
Risca, W., & Darmawani, E. (2022). Kegiatan Bermain Usap Abur Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 88–96. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8362
Rohmah, S., & Gading, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 144–149. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15740
Rujakat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Deepublish.
Saputra, Yuda, M., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Departemen Pendidikan Nasional.
Saputri, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B di TK Al-Ikhwan Sorowako (SKRIPSI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5013
Septasari, D., Febrianti, & Putri, Y. (2022). Pengaruh Kegiatan Usap Abur Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Roudathul Athfal Fatahul Wardah Palembang. Jurnal Ilmiah Mulltisiplin, 1(4), 579–589. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/163
Siregar, S. (2013). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Taverna, E., Medina, T., Fein, D., & Eigsti, I. (2021). The Interaction of Fine Motor, Gesture, and Structural Language Skills: The Case of Autism Spectrum Disorder. Research in Autism Spectrum Disorder, 86. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2021.101824
Ulfa, N., Fakhriah, & Yuhasriati. (2019). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Usap Abur Di TK Poteumeureuhom Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(1), 1–8. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/13193
Veryawan, Pratiwi, S. H., & Ubaidillah. (2020). Kegiatan Usap Abur Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 112–125. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7202
Wahyuti, F., Diana, & Sutrisno. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Usap Abur Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Taman Kanak-Kanak Ikal Dolog Pontianak Kota. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–10. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JME/article/view/1354
Widarti, Y., Ali, M., & Miranda, D. (2022). Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Usap Abur Di TK Sutitah Soedarso 1 Kecamatan Jongkat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(4). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i4.54356
Widi, N. (2019). Hubungan antara Kegiatan Usap Abur dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(2). https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9730
Windari, R., Darmawani, E., & Fadilah. (2021). Kegiatan Bermain Usap Abur Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 89–96. http://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/8362