Pengaruh Kegiatan Usap Abur terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini

Author


Ida Kholilah(1), Farida Mayar(2Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 349KB]

Published : 2023-04-24

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 756 times PDF Downloaded: 739 times

Abstract


Rendahnya tingkat kemampuan motorik halus kepada anak yang terjadi pada anak usia dini merupakan faktor yang melatar belakangi dilaksanakan penelitian, hal ini terjadi karena adanya hambatan yang disebabkan kurangnya variasi pembelajaran yang dilaksanakan guru, terdapat anak yang masih kurang rapi ketika kegiatan menggunting dan mewarnai, hal ini menyebabkan belum berkembang secara optimal motorik halus anak. Dilaksanaknanya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan usap abur terhadap kemampuan motorik halus anak. Metode dalam penelitian ini menerapkan metode Kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Adapun variabel yang akan diteliti adalah kemampuan motorik halus anak dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi, kemudian pada penelitian ini juga menggunakan analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, hipotesis. Sesuai dengan hasil perhitungan uji-t menggunakan SPSS didapatkan hasil Sig(2-tailed) sebesar 0,01<0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan usap abur memiliki pengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak.


Keywords


anak usia dini; motorik halus; usap abur

References


Asakawa, A., & Sugimura, S. (2022). Mediating Process Between Fine Motor Skills, Finger Gnosis, and Calculation Abilities in Preschool Children. Acta Psychologica, 231, 1–10. ttps://doi.org/10.1016/j.actpsy.2022.103771

Awan, V., Pratiwi, S., & Ubaidillah. (2020). Kegiatan Usap Abur Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 112–125. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7202

Elihami, & Suparman. (2019). Meningkatan Keterampilan Mozaik Anak Melalui Meronce di Madina. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 29–32. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/180

Elok, K. (2020). Pengaruh Teknik Usap Abur Dengan Media Finger Painting Untuk Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Klompok B di RA Al-Hakim Malang (SKRIPSI (ed.)). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/18899

Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23–31. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427

Herdina, I. (2017). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Erlangga.

John, S. (2002). Life Spam Development Perkembangan Masa Hidup. Erlangga.

Jumilah, Efastri, S., & Fadillah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Finger Painting Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Bunda Pekanbaru. PAUD Lecture: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.1989

Khaidir, Khosilah, Kistian, A., Dafiq, N., Saputra, M., & Kholik, N. (2021). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Kurniawati, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Usap Abur Di TK Hubbulwattan Duri. Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 117–136. https://doi.org/10.36709/japend.v1i3.15828

Makhmudah, S., Anggraini, F., & Amalia, A. (2020). Perkembangan Motorik AUD. Guepedia.

Mufarrikoh, Z. (2020). Statistika Pendidikan. CV Jakad Media Publishing.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.

Nurjani, Y. (2019). Upaya Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 85-92. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1026

Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Di PAUD Aiza Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 803–810. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/285

Putri, S. (2019). Pengaruh Kegiatan Usap Abur Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Kartika IV-14 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember (SKRIPSI). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99710

Richard, W. (2005). Why Do Kids Do That. Erlangga.

Risca, W., & Darmawani, E. (2022). Kegiatan Bermain Usap Abur Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 88–96. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8362

Rohmah, S., & Gading, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 144–149. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15740

Rujakat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Deepublish.

Saputra, Yuda, M., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Departemen Pendidikan Nasional.

Saputri, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B di TK Al-Ikhwan Sorowako (SKRIPSI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5013

Septasari, D., Febrianti, & Putri, Y. (2022). Pengaruh Kegiatan Usap Abur Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Roudathul Athfal Fatahul Wardah Palembang. Jurnal Ilmiah Mulltisiplin, 1(4), 579–589. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/163

Siregar, S. (2013). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Taverna, E., Medina, T., Fein, D., & Eigsti, I. (2021). The Interaction of Fine Motor, Gesture, and Structural Language Skills: The Case of Autism Spectrum Disorder. Research in Autism Spectrum Disorder, 86. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2021.101824

Ulfa, N., Fakhriah, & Yuhasriati. (2019). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Usap Abur Di TK Poteumeureuhom Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(1), 1–8. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/13193

Veryawan, Pratiwi, S. H., & Ubaidillah. (2020). Kegiatan Usap Abur Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 112–125. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7202

Wahyuti, F., Diana, & Sutrisno. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Usap Abur Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Taman Kanak-Kanak Ikal Dolog Pontianak Kota. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–10. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JME/article/view/1354

Widarti, Y., Ali, M., & Miranda, D. (2022). Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Usap Abur Di TK Sutitah Soedarso 1 Kecamatan Jongkat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(4). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i4.54356

Widi, N. (2019). Hubungan antara Kegiatan Usap Abur dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(2). https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9730

Windari, R., Darmawani, E., & Fadilah. (2021). Kegiatan Bermain Usap Abur Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 89–96. http://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/8362


Refbacks

  • There are currently no refbacks.