Author
N. Yeffa Afnita Apriliyani(1), Dadang Sunendar(2), Syihabuddin Syihabuddin(3), Sumiyadi Sumiyadi(4),
Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Islam Nusantara, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(3)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(4) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 589KB]
Published : 2023-05-24
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 664 times PDF Downloaded: 489 timesAbstract
Pembelajaran sastra memerlukan media yang bervariasi dan belum banyak digali oleh para guru untuk diperkenalkan kepada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan peningkatan hasil belajar pembelajaran pengenalan sastra yang dilakukan pada TK Ruhama. Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada TK Ruhama kota Bekasi Jawa Barat. Data diolah dengan mengikut proses pengumpulan data, pemriksaan data, olah data, dan kesimpulan. Responden sebanyak 24 siswa kelas B. Penelitian melibatkan 2 guru kelas. Teknik pngmbilan data dilakukan dengan wawancara, proses PTK, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengenalan sastra diberikan dengan pola yang menyenangkan dan terarah dengan adanya perencanaan yang baik, serta adanya peningkatan kemampuan berbahasa dan kemampuan mengenal berbagai ciri budaya sastra diberbagai daerah pada siswa. Para guru disarankan dapat membuat rencana pembelajaran sastra yang sesuai dengan perkembangan emosi dan mental anak.
Keywords
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Aspar, M., Mujtaba, I., Mutiarani, M., & Zulfita, A. (2021). Efektivitas Implementasi Mendongeng Terhadap Literasi Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. Jakarta: LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8062
Ati, A. P., Mubasyira, M., Sandiar, L., Widiyarto, S., & Harie, S. (2021). Ajaran Moral Dan Karakter dalam Buku Cerita Nusantara Sebagai Bahan Ajar Siswa SD. Basastra, 10(1), 46–54. https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.23383
Cahyani, I., & Junaidi, F. (2019). Andai-Andai Folklore: A media for internalization character values and educating children. Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.74
Chatterjee, P., Mishra, D., Padhi, L. K., Ojha, J., Al-Absi, A. A., & Sain, M. (2019). Digital Story-Telling: A Methodology of Web Based Learning of Teaching of Folklore Studies. 2019 21st International Conference on Advanced Communication Technology (ICACT), 573–578. IEEE. https://doi.org/10.23919/ICACT.2019.8702047
Damayanti, S., Mahyudi, J., & Burhanuddin, B. (2022). Morfologi Cerita Wadu Ntanda Rahi Model Analisis Vladimir Propp. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2). https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3249
De Basu, S. (2022). The Use of Folklore in the Media World: A Folklorographic Study. THE ASIATIC SOCIETY, 64(4), 39.
Diana, W. (2021). Analisis Metode Bercerita (Dongeng) Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Kelas Iva Sdn 9 Tegineneng Pesawaran Lampung (UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/15102/
Folaranmi, S., & Oyeniyi, O. (2021). Reinventing Oral Traditions Through Arts and Technology. In The Palgrave Handbook of African Oral Traditions and Folklore (pp. 865–887). Cham: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-55517-7_43
Herawati, E., Putri Puspitasari, Maya Susanti, & Nanih Rahmahdani. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Remaja Karang Taruna di Desa Dayeuh. Jurnal Pengabdian Bina Mandiri, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.4
Huck, C. (1987). Children Literature In The Elementary school. Chicago: Chichago Rand Mc Nally college Publishing Company.
Isnanda, R. (2015). Peran pengajaran sastra dan budaya dalam pembentukan karater siswa sekolah dasar. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(2), 174–182. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1237
Juanda. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39–54. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126
Keller, K. L. M. (1992). Instructional Design Theory and Models : An Overview of Their Current Status (Charles M.). London: Lawrence Erlbaum Associates.
Krissandi, A. D. S. (2021). Sastra Anak Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Lubis, M. A. (2020). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Hukum Adat Batak Toba Dalam Melindungi Eksistensi Danau Toba Di Mata Dunia (Kajian Hukum Progresif). Jurnal Darma Agung, 27(3), 1234–1244. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v27i3.607
Mahfud. (2018). Tradisi Rasol dalam Perspektif Islam: Studi Etnografis tentang Kearifan Budaya Lokal Masyarakat Buloar Bawean. Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ, 2(1), 1–44. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/intaj/article/view/113
Mardliyah, A. A. (2019). Budaya literasi sebagai upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis di era industri revolusi 4.0. SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM. Mojokerto: Universitas Islam Majapahit.
Marnoto, S, & Carvalho, J. (2016). Developing entrepreneurship skills in children and teenagers. Education for Entrepreneurship: International Journal of Education for Entrepreneurship, 6, 67–78. https://repositorio.umaia.pt/handle/10400.24/549
Marnoto, Sandra, & Carvalho, J. M. S. (2016). Developing Entrepreneurship Skills in Children and Teenagers. Education for Entrepreneurship: International Journal of Education for Entrepreneurship, 6(2), 67–78. https://repositorio.umaia.pt/handle/10400.24/549
Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., & Nurhikmah, N. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4600–4607. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615
Prastya, C., Ida Bagus Putrayasa, & I Nyoman Sudiana. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259
Pratama, A. Y., Shofa, A. M. A., & Alfaqi, M. Z. (2022). Strategi Adaptasi Budaya Bagi Komunitas Mahasiswa Sumba di Kota Malang Sebagai Upaya Pencegahan Konflik. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 6(2), 139–155. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.02.2
Purnomowulan, N. R. (2016). Penulisan Sastra Anak: Sederhana Yang Tidak Mudah. HISKI. Bandung: Departemen Susastra dan Kajian Budaya FIB Unpad. https://pbsi.uad.ac.id/hiski2016/
Riski, M., & Prihandini, A. (2022). Relasi Sastra Anak Terkait Perkembangan Dirinya. Jurnal Sastra, Bahasa, Dan Budaya (Sabaya), 1(1), 30–38. https://doi.org/10.31004/sabaya.v1i1.4866
Sabily, A S, & Suryadi, S. (2022). Improve Vocabulary by Using Media Animated the Folklore of Malin Kundang. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1445–1455.
Sabily, Ahmad Sofwan, & Suryadi, S. (2022). Improve Vocabulary by Using Media Animated the Folklore of Malin Kundang. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1445–1455. https://doi.org/10.24256/ideas.v10i2.3407
Sillett, M. (2020). Folklore and new Media Communications: An Exploration of Journey to the West, Its Modern Orality and Traditional Storytelling in Contemporary Online Spaces (Canterbury Christ Church University). Canterbury Christ Church University. https://www.proquest.com/openview/55a8bef045a5287838ea8e232c3f95c0/1?pq-origsite=gscholar&cbl=2026366&diss=y
Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2021). Komunikasi Dan Interaksi Sosial Anak. Bekasi: CV Salam Insan Mulya.
Sunendar, D. (2014). Analisis prosa fiksi: kiat praktis menganalisis. Bandung: Rizky Press.
Widiyarto, S. (2022). Pengenalan Olahraga untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Bagi Siswa TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7232–7241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2605
Widiyarto, S., Muthia Mubasyira, Leni Tiwinyanti, Lidya Natalia Sartono, Siti Alifah, & Adhis Pamungkas. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti melalui Metode Story Telling Bagi Guru Pondok Darunnadwah Cikarang - Bekasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 222–227. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2137
Widiyarto, S., Sunendar, D., Sumiyadi, S., & Permadi, T. (2023). Pengenalan Sastra untuk Siswa Taman Kanak-kanak (Studi Kasus pada Tradisi Gawai Dayak). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 467–478. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3796
Widiyarto, S., Sunendar, D., Sumiyadi, S., & Wassid, I. (2020). Fungsi Upacara Gawai Dayak dalam Pembelajaran Bahasa Daerah dan Sastra. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 185–189. https://doi.org/10.5281/zenodo.3950926
Refbacks
- There are currently no refbacks.