- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship pada Anak Usia Dini melalui Event Market Kids
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4354Keywords:
jiwa kewirausahaan, anak usia dini, pasar anakAbstract
Jiwa kewirausahaan anak perlu ditanamkan sejak dini dengan berbagai cara dan strategi, salah satunya melalui market day atau pasar anak, dengan tujuan agar anak mampu mencapai puncak kehidupan yang tertinggi sesuai dengan kemampuan minat bakat dan kebutuhan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi berdasarkan data fakta di lapangan yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian adalah semua pihak yang terlibat dalam kegiatan yaitu pendidik, siswa, orang tua, dan masyarakat umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak dapat mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan kebutuhannya yaitu pada usia dini berdasarkan minat, bakat, keterampilan yang ada pada dirinya yang mampu mendorong anak untuk memahami kebutuhannya. Hal ini dilakukan dengan kerjasama berbagai pihak dan proses perencanaan hingga implementasi dan evaluasi yang cermat. Karena untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan perencanaan dan kerjasama yang baik agar aktualisasi diri pada anak dapat tersampaikan dengan baikDownloads
References
Amyanti, T. H., Windarsih, C. A., & Alam, S. K. (2023). Jiwa Enterpreneurship Anak Usia Dini: Implementasi Kegiatan Mengemas dan Mendekor Pot Tanaman Hias pada Masa Pandemi Covid-19. CERIA(Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(2), 145–152. https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.15085
Anastasia yani lestari, Dau, Y. lodowik deki, & Januru, L. (2021). Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan Anak Didik Terhadap Proses Aktualisasi Diri Anak Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Santo Vincentius A Paulo Kupang. Jurnal Selidik (Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 2(1), 20–32. https://ejurnal.org/index.php/selidik/article/view/33
Apsari, A. S., & Pamungkas, F. B. (2019). Membangun Karakter Entrepreneur melalui Pendekatan Pendidikan. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.24090/mabsya.v1i1.3148
Aryati, A. (2019). Paradigma Aktualisasi Diri Anak Sejak Di Usia Dini (Analisis Pada Penerapan Di Lingkungan Pendidikan Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam). BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 199–222. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.1050
Asrofi, M., Pd, M., & Mustikawati, E. (2020). Menumbuhkan Literasi Keuangan Melalui Progam Market Day di SDIT Lukman AlHakim Internasional. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 12(2), 185–208. https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/83
Asrori, B., & Nugroho, R. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di Sma Islam Nurul Amanah Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/15904
Evans, D. K., Jakiela, P., & Knauer, H. A. (2021). The impact of early childhood interventions on mothers. Science, 372(6544), 794–796. https://doi.org/10.1126/science.abg0132
Hasanah, N. I. (2021). Implementasi Program Kidspreneurship pada TK Khalifah di Kalimantan Selatan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 15–25. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9806
Hernani, S. Y. (2022). Implementasi Kegiatan Market Day Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Kejujuran Anak Usia Dini Di Kelompok A Ra Al Husna Sugihrejo Gabus Pati [Institut Agama Islam Negeri Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/6939
Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53–69. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31630
Lasmini, L., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 432–438. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4711
Lestari, E. (2021). Upaya Pendidik Dalam Menumbuhkan Aktualisasi Diri Peserta Didik Tk Mardisiwi Di Masa Pandemi Covid 19. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 1–8. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/46
Loka, N., Sukiman, S., Maesaroh, M., & ... (2022). Implementation of the integrative thematic-based 2013 curriculum in al-Ittifaqiah Islamic Kindergarten post-covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/14113
Masruroh, F., Riskiyana, R., & Wulandari, H. (2022). Membentuk Mental Enterpreneur Anak Dengan Project Based Learning. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 21–25. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i1.2424
Monika, K. (2021). Pembelajaran Entrepreneurship Melalui Sentra Bermain Peran Di TKIT An-Najah. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 114. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9292
Mustikawati, A. (1910). Program Market Day Sebagai Sarana Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sd IT Luqman Al-Hakim Internasional Banguntapan Bantul, Yogyakarta (Vols. s11-II, Issue 31) [UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16183
Nugrahani, R., Munastiwi, E., & Suhendro, E. (2021a). Strategi Pengembangan Nilai-nilai Entrepreneurship Pada Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 2(2), 138–154. https://doi.org/10.15408/jece.v2i2.17390
Nugrahani, R., Munastiwi, E., & Suhendro, E. (2021b). Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Entrepreneurship pada Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 2(2), 138–154. https://doi.org/10.15408/jece.v2i2.17390
Nugroho, A. J. S. (2022). Pelatihan Jiwa Wirausaha Bagi Anak Usia Dini dan Pembelajaran Pembiasaan Hidup Sehat Era Pandemi Covid-19 di TK-IT dan SD-IT Al -Hasna Klaten. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 1(2), 89–95. https://doi.org/10.35960/pimas.v1i2.769
Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 205–210. https://doi.org/10.29210/127300
Priansa, D. (2009). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur. In Entrepreneurial Mindsets & Skill. academia.edu.
Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021). Mengenalkan Jiwa Wirausaha Pada Anak Sejak Dini Melalui Pendidikan Informal. Jurnal USAHA, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.30998/juuk.v2i1.653
Ratna, R., Sari, N., Hariyani, T., Arisanti, P., Kusumawati, Y., Prasetyo, E., Supriyadi, S. G., Astari, I. Y. (2021). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini Di Panti Asuhan Ar- Risalah Hidayatullah. Jurnal ABDIKMAS, 1(1), 66–71. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/abdikmas/article/view/644
Rustyawati, D., Maknunah, H., Agama, I., Nahdlatul, I., & Tuban, U. (2022). Penanaman Emosional Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day Di Ra Bunga Islam Minohorejo Widang Tuban. Strategi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 37–44. https://www.ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/strategi/article/view/427
Saugi, W., Sundari, I., & Agustiah, A. (2020). Penanaman Karakter Kewirausahaan Di TK Alam Al-Azhar Kutai Kertanegara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 9. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2379
Setiawan, J. L., Virlia, S., Sanjaya, E. L., & Teonata, A. (2021). Bunga Rampai Keluarga Tangguh 2. Universitas Ciputra.
Setiawati, N. A., Silalahi, T. M., & Limbong, W. S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Market Day Pada Orang Tua Dan Peserta Didik Dalam Membangun Jiwa Entrepreneur Di Sdn No. 064983 Sampali Kec. Percut Sei Tuan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 131–138. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/2614
Setiawati, N. A., Syam Nst, F., & Zahara, R. (2022). Application Of The Market Day Based Entrepreneurship Learning Model In Building Generation Entrepreneurs. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 4(1), 38–48. https://doi.org/10.51178/jetl.v4i1.432
Suharyoto, L. S. (2017). Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 57–64. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2861
Susandi, A. S., Luayyin, R. H., & Dirgayunita, A. (2021). Aktualisasi Diri Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Anak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 13(2), 72. https://doi.org/10.26418/jvip.v13i2.45698
Umayah, U., & Huliyah, M. (2021). Early Childhood Learning Model Based On Local Wisdom Entrepreneurship In Banten Province. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(1), 78–87. https://doi.org/10.51529/ijiece.v6i1.223
Uswatun, H. (2019). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–19. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1599
Wariati, W., & Sukiman, S. (2021). Pembelajaran Tauhid dan Entrepreneur untuk Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 193–208. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-03
Yusuf, I., Hartati, S., & Sumadi, T. (2021). Implementasi Pembelajaran Entrepreneurship di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1158–1168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1737