- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Perubahan Sosial di Satuan PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4344Keywords:
kurikulum merdeka, kurikulum paud, perubahan sosialAbstract
Kebijakan Kurikulum paradigma baru merupakan salah satu dampak dari perubahan sosial pasca pandemi covid-19 yang disusun oleh Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tujuan penelitian pada artikel ini untuk mencari tahu perubahan sosial yang terjadi di satuan PAUD atas adanya kebijakan kurikulum merdeka. Metode penelitian ini dengan cara kualitatif deskriptif, pengumpulan data mengunakan teknik wawancara yang mendalam, dan data dianalisis dengan analisis tematik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kebijakan kurikulum merdeka yang merupakan kurikulum baru memunculkan perubahan sosial di satuan PAUD diantaranya: pengelola dan guru harus menerima kurikulum baru dengan baik, kurikulum baru membutuhkan penyesuaian atas perubahan, proses belajar memahami kurikulum merdeka, dan proses merancang kurikulum merdeka, 5) proses implementasi kurikulum merdeka
Downloads
References
Agistia, N. A., Danugiri, D., & Hidayat, D. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah , 5(2). https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.38942
Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98–109. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/384
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektifitas dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar . Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 17(1), 40–50. https://doi.org/10.33654/jpl.v17i1.1803
BSKAP. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Kemendikbudristek.
Ekawati, R., & Susanti, D. (2022). Analisis Persiapan Guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di SD IV Muhammadiyah Kota Padang.
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Hasibuan, R. D., Nasution, N. L., & Simajuntak, D. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Kemampuan dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Labuhanbatu. Journal of Educational and Language Research , 1(12), 2153–2165.
Heriyanto. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. ANUVA, 2(3), 317–324. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
Herlina, & Yuke Indrati. (2010). Sejarah Perkembangan Kurikulum Taman Kanak-kanak di Indonesia dari Masa ke Masa. Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional.
Hidayani, M. (2017). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim, 16(2), 375–394. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845
Indraddin, & Irwan. (2016). Strategi dan Perubahan Sosial. Deepublish.
Jannah, M. M., & Harun. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Jayawardana, H., Irma Noviyanti, A., Eko Hidayanto, N., & Sugiarti Dwi Gita, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. JECIE, 6(1), 8–15. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.710
Kemendikbudristek. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makruf, A. D., Gandi, S., Muin, M., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (Agustus 2022, Vol. 1). Literasi Nusantara.
Megandarisari. (2021). Adaptasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Inovasi Kurikulum, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.35868
Ni’mah, A., & Sukartono. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48157
Nisa Fadillah, C., & Hibana. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Mandiri Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 2301–9409. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Parsons, T. (1951). The Social System (B. S. Turner, Ed.). Routledge.
Prasetya, A., Fadhil Nurdin, M., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. Sosietas, 11(1), 929–968. https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i1.36088
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Rizka, A. D. M., & Pamungkas, J. (2023). Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak. Universitas Negeri Yogyakarta, 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429
Rosyidah, T., & Listyaningsih. (2019). Respon Masyarakat Desa Racitengah tentang Peraturan yang Mewajibkan Penggunaan Hijab di SMA Negeri 1 Sidayu Gresik. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2), 1375–1390. https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%25p
Sekretariat GTK. (2022, October 29). Dalam Konteks PAUD, Merdeka Belajar adalah Merdeka Bermain. Dirjend GTK Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sriandila, R., Suryana, D., Mahyuddin, N., Negeri Padang, U., Hamka, J., Tawar Padang, A., & Barat, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 05(02), 1826–1840. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Syafriani, Y., Ramadhani, S., Harahap, F. A., & Zuraira, T. (2018). Peran dan Tugas Guru dalam Manajemen Kurikulum. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 572–576. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2752
Taufik, & Nugroho, K. S. (2020). Change Or Die?; Bagaimana Mengelola Perubahan dalam Organisasi Tetap Survive Menghadapi Tantangan Global. I-International Journal of Government and Social Science, 6(1), 75–88. https://doi.org/10.22373/jai.v6i1.622
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642