Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Perubahan Sosial di Satuan PAUD

Authors

  • Syifauzakia Syifauzakia Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4344

Keywords:

kurikulum merdeka, kurikulum paud, perubahan sosial

Abstract

Kebijakan Kurikulum paradigma baru merupakan salah satu dampak dari perubahan sosial pasca pandemi covid-19 yang disusun oleh Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tujuan penelitian pada artikel ini untuk mencari tahu perubahan sosial yang terjadi di satuan PAUD atas adanya kebijakan kurikulum merdeka. Metode penelitian ini dengan cara kualitatif deskriptif, pengumpulan data mengunakan teknik wawancara yang mendalam, dan data dianalisis dengan analisis tematik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kebijakan kurikulum merdeka yang merupakan kurikulum baru memunculkan perubahan sosial di satuan PAUD diantaranya: pengelola dan guru harus menerima kurikulum baru dengan baik, kurikulum baru membutuhkan penyesuaian atas perubahan, proses belajar memahami kurikulum merdeka, dan proses merancang kurikulum merdeka, 5) proses implementasi kurikulum merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agistia, N. A., Danugiri, D., & Hidayat, D. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah , 5(2). https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.38942

Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98–109. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/384

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektifitas dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar . Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 17(1), 40–50. https://doi.org/10.33654/jpl.v17i1.1803

BSKAP. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Kemendikbudristek.

Ekawati, R., & Susanti, D. (2022). Analisis Persiapan Guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di SD IV Muhammadiyah Kota Padang.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410

Hasibuan, R. D., Nasution, N. L., & Simajuntak, D. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Kemampuan dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Labuhanbatu. Journal of Educational and Language Research , 1(12), 2153–2165.

Heriyanto. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. ANUVA, 2(3), 317–324. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324

Herlina, & Yuke Indrati. (2010). Sejarah Perkembangan Kurikulum Taman Kanak-kanak di Indonesia dari Masa ke Masa. Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional.

Hidayani, M. (2017). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim, 16(2), 375–394. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845

Indraddin, & Irwan. (2016). Strategi dan Perubahan Sosial. Deepublish.

Jannah, M. M., & Harun. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Jayawardana, H., Irma Noviyanti, A., Eko Hidayanto, N., & Sugiarti Dwi Gita, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. JECIE, 6(1), 8–15. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.710

Kemendikbudristek. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makruf, A. D., Gandi, S., Muin, M., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (Agustus 2022, Vol. 1). Literasi Nusantara.

Megandarisari. (2021). Adaptasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Inovasi Kurikulum, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.35868

Ni’mah, A., & Sukartono. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48157

Nisa Fadillah, C., & Hibana. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Mandiri Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 2301–9409. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Parsons, T. (1951). The Social System (B. S. Turner, Ed.). Routledge.

Prasetya, A., Fadhil Nurdin, M., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. Sosietas, 11(1), 929–968. https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i1.36088

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Rizka, A. D. M., & Pamungkas, J. (2023). Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak. Universitas Negeri Yogyakarta, 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429

Rosyidah, T., & Listyaningsih. (2019). Respon Masyarakat Desa Racitengah tentang Peraturan yang Mewajibkan Penggunaan Hijab di SMA Negeri 1 Sidayu Gresik. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2), 1375–1390. https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%25p

Sekretariat GTK. (2022, October 29). Dalam Konteks PAUD, Merdeka Belajar adalah Merdeka Bermain. Dirjend GTK Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sriandila, R., Suryana, D., Mahyuddin, N., Negeri Padang, U., Hamka, J., Tawar Padang, A., & Barat, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 05(02), 1826–1840. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Syafriani, Y., Ramadhani, S., Harahap, F. A., & Zuraira, T. (2018). Peran dan Tugas Guru dalam Manajemen Kurikulum. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 572–576. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2752

Taufik, & Nugroho, K. S. (2020). Change Or Die?; Bagaimana Mengelola Perubahan dalam Organisasi Tetap Survive Menghadapi Tantangan Global. I-International Journal of Government and Social Science, 6(1), 75–88. https://doi.org/10.22373/jai.v6i1.622

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Downloads

Additional Files

Published

17-04-2023

How to Cite

Syifauzakia, S. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Perubahan Sosial di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2137–2147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4344

Issue

Section

Articles