- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penggunaan Microsoft Team 365 dalam Inovasi Pembelajaran Seni di TK
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4336Keywords:
pembelajaran seni, microsoft teams 365, talent showAbstract
Pemanfaatan Microsoft Teams 365 dalam pembelajaran seni membantu pendidik dalam menyelesaikan latihan peningkatan kemampuan berkarya seni bagi peserta didik. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pembelajaran seni berbasis Microsoft Teams 365. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, jumlah sampel sebanyak 78 anak. Pengambilan sampel menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian data memakai SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Microsoft Teams 365 pada pembelajaran seni membantu Pengajar memberikan pembelajaran dengan baik, meskipun dilakukan secara jarak jauh. Microsoft Teams 365 mempermudah peserta didik mengikuti proses pembelajaran seni, mengumpulkan tugas, dan memperoleh materi. Fitur Microsoft Teams 365 membantu proses pembelajaran seni pada materi mewarnai dan menggambar, olah vokal, modelling, menari, serta diakhiri dengan puncak seni yaitu talent showDownloads
References
Afif, N., & Nur Qowwim, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(02), 57–63. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i02.274
Arifmiboy, A. ; (2021). Efektifitas Penggunaan Microsoft Teams 365 Pada Pembelajaran PAI di Tengah Penyebaran Covid-19. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(2), 1–12. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/2701
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Damayanti, A., & Mulyadi, D. (2020). Pengaruh penggunaan Microsoft Teams dalam mengikuti pembelajaran daring Bahasa Inggris Peminatan di SMA N 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 100–107. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/650
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gohzali, H., Lestari, W. S., & Perangin-Angin, N. (2022). Penggunaan Aplikasi Microsoft Office 365 Sebagai Alat Pembelajaran Daring. In Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi (Vol. 1, Issue 3). https://ejurnal.akfar-mandiri.ac.id/index.php/abdimas
Hati, B. P. (2021). Pengaruh Microsoft Teams Sebagai Media Belajar Daring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis [Universitas Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/17441
Hikmah, A., Wuryandani, W., Zubaidah, E., Herwin, H., & Jhon, W. (2021). Online Learning in Primary School during Covid-19 Pandemic: How Does It Look Like? Journal of Education Research and Evaluation, 5(3), 350–361. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/view/34237
Jayatri, F., & Putri, D. Y. (2022). Analisis Penggunaan Microsoft 365 sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh MK Publik dan Kewirausahaan (Studi Kualitatif Kolaborasi antara STKIP PGRI Lumajang dan STKIP Bima). PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 10(1), 29–37. https://doi.org/10.24127/pro.v10i1.5409
Kalsum Nasution, M. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. STUDIA DIDAKTITA : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515
Kartini, K. (2021). Analisis Pembelajaran Online Anak Usia Dini Masa Pandemi COVID -19 Kota dan Perdalaman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 809–818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.880
Koenigsbauer, K. (2016). Memperkenalkan Microsoft Teams, Ruang Kerja Berbasis Obrolan di Office365. Microsoft Blog. https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/blog/2016/11/02/introducing-microsoft-teams-the-chat-based-workspace-in-office-365/
Kurniawati, R. (2022). Analisis Pembelajaran Online Pada Awal Pandemi Covid-19 Ratna. Jurnal Pendidikan, 10(2), 286–298. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/1306
Lasaiba, D. (2016). Pola Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkar Kampus IAIN Ambon. Jurnal Fikratuna, 8(2), 79–104. https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/FT/article/viewFile/360/292
Luh, N., Nuraini, S., Qihua, S., Venatius, A. S., Slamet, T. I., & Cholifah, P. S. (2020). Distance Learning Strategy in Covid-19 Pandemic for Primary Schools. International Webinar Series - Educational Revolution in Post Covid Era, 107–116. http://conference.um.ac.id/index.php/ksdp/article/view/110
Nafisah, N. A., & Fitrayati, D. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Microsoft Teams terhadap Hasil Pembelajaran Ekonomi Siswa SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2676–2682. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/901
Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Keguruan UIN Sumatera Utara, 4(1), 11–21. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/60
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Prawiyogi, A. ., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 8. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/15347
Qamariyah, Q. (2021). Pembelajaran Online (Daring) di Tengah Pandemi-Covid19-2021 Tantangan yang Mendewasakan Anak. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i1.293
Romdhania, L., Hidayat, R., & Sapriati, A. (2022). Evaluasi Program Belajar dari Rumah Menggunakan Media Zoom dan E-Learning (Fokus Evaluasi pada Komponen Konteks). Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1656
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Safitri, A., & Astuti, J. (2019). Keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari, 1(1), 1–19.
Sanjaya, W. (2019). Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Sanoto, H., & Paseleng, M. C. (2021). Implementasi Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19: Tantangan dan Peluang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 283–288. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/issue/view/286
Sarjiyani, S. (2020). Meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 70–78. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31404
Setyowahyudi, R., & Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Golden Age, 4(01), 100–111. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2167
Situmorang, A. S. (2020). Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar. Sepren, 2(1), 30. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.351
Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219
Trisakti, T. D. (2020). Panduan Penggunaan Microsoft 365 (Vol. 1, Issue 2). Trisakti School of Management.
Widiyarso, T. H., & Sutama. (2021). Efektifitas Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran E-Learning Bagi Guru Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 15–21. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/5283
Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. JurnalPendidikan PembelajaranPemberdayaan Masyarakat, II(2), 131–145. http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/jp3m/article/view/272/142
Yeliany, A., & Roesminingsih, E. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(04), 873–886. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/7659
Yunita, Y., & Elihami, E. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh dengan Media E-Learning: Diskursus Melalui Problem Soving di Era Pandemik Covid-19. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 133–146. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1837