Pengembangan Video Animasi Berbahasa Jawa Sebagai Media Pendidikan Unggah-Ungguh untuk Balita

Author


Resti Dwi Lestari(1Mail), Eka Yuli Astuti(2),
Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 617KB]

Published : 2023-05-20

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 838 times PDF Downloaded: 306 times

Abstract


Keberadaan unggah-ungguh saat ini sudah mulai tergeserkan dengan perkembangan teknologi, budaya, dan pola pikir orang tua milenial. Hilangnya nilai unggah-ungguh pada anak balita membuat anak tidak dapat berperilaku dan berbahasa Jawa yang baik. Penelitian ini bertujuan membuat prototype media pendidikan unggah-ungguh dengan menggabungkan hobi anak dan perkembangan teknologi yaitu pengembangan video animasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau metode (R&D) Research and Development dengan metode pengembangan Borg and Goll yang dikembangkan oleh Sugiyono yang terdiri dari sepuluh tahapan. Namun dalam penelitian ini hanya dilakukan hingga tahapan kelima dikarenakan beberpaa alasan. Kelima tahapan tersebut diantaranya yaitu (1) potensi dan masalah, (2) Rencana, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Hasil validasi penilaian ahli materi berkategori sangat baik dan keterangan tidak perlu revisi yang menunjukkan bahwa materi yang disampaikan dalam video termasuk dalam aspek ideal atau layak. Kebaharuan penelitian ini adalah produk berupa video animasi mengenai unggah-ungguh  berbahasa Jawa yang selama ini jarang diciptakan dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah.


Keywords


anak balita; perkembangan teknologi; unggah-ungguh; video animasi

References


Adi, I. G., Anggara, S., Santosa, H., & Udayana, A. A. G. B. (2020). Proses Pembuatan Film Animasi 2D “Pedanda Bakaâ€. Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8(1), 10–19. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/923

Annisa, P., & Muryanti, E. (2022). Efektivitas Video Animasi terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 216–221. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1838

Bhakti, W. P. (2020). Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa Ke Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi Keluarga Di Sleman. Jurnal Skripta, 6(2), 28–40. https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.811

Diantari, N. P. M., & Gede Agung, A. A. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Fatria, F., Muslim, U., & Al, N. (2022). Analisis pergeseran bahasa Jawa dengan penggunaan bahasa Indonesia pada masyarakat desa Sumberejo tani Kabupaten Deli Serdang. Journal of Education and Social Analysis, 3(3), 31–42. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/679

Hadiwijaya, M. (2022). Sikap Bahasa Generasi Muda Jawa terhadap Ragam Bahasa Jawa Krama Madya. Jurnla Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 28, 64–69. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/paradigma/article/view/2124

Indah, O., & Sary, P. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Penanaman Nilai Tata Krama Budaya Jawa di Lingkungan Karaton Surakarta. Jurnal AUDHI, 5(1), 1–7. ttps://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.923

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Krisdiantoro, D. (2021). Pembuatan Aset Background Digital Painting Film Animasi 2D “The Lost Colors.†http://digilib.isi.ac.id/9750/2/Dede%20Krisdiantoro_2021_BAB%201.pdf

Maharani, D., Erna, B., & Sakti), (Universitas Panca. (2022). Pengaruh Media Digital & Mutu Perangkat Terhadap Kemampuan. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 429–434. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.240

Marcelino, C., Agung, A., Cahyadi, J., Visual, D. K., Desain, S., & Petra, U. K. (2017). Perancangan Animasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia 4 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1–15. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/5591

Muttaqin, K., & Murniatie, I. U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora dalam Menelaah Struktur dan Kebahasaan Puisi Rakyat. KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 3, 320–334. https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i2.1222

Nadhiroh, U. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i1.9223

Nahak, H. M. I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di era Globalisasi Effort to Preserve Inddonesian Culture In The Era Of Globalization. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5, 65–76. https://doi.org///doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Neumann, M, michelle, & Herodotou, C. (2020). Evaluating YouTube videos for young children. In Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10183-7

Nida, K. (2020). Pergeseran Nilai Unggah-Ungguh Oleh Generasi Muda Dalam Masyarakat Jawa (Studi Kasus Masyarakat Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus). Sosial Budaya, 17(1), 46. https://doi.org/10.24014/sb.v17i1.9694

Nur Mutmainnatul Itsna, & Risatur Rofi’ah. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 16(1), 60–70. https://doi.org/10.55352/uq.v16i1.254

Nurdiana, F. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Tentang Siklus Hidup Hewan Dengan Metamorfosis Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2). https://core.ac.uk/download/pdf/230608295.pdf

Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377

Putri, E. D., & Khotimah, N. (2021). Pengaruh Pembiasaan Orangtua Dalam Menanamkan Bahasa Jawa Krama Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(2), 83–99. ttps://doi.org/10.37216/aura.v2i2.579

Rahma Nurfuati, Z. A. (2020). Pengembangan Model Video Interaktif Dalam Mengembangkan Keterampilan Toilet Training Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 131–147. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/5473

Rosdiana, H., Ruhiat, Y., & Septiyanto R. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kontekstual Pada Konsep Dinamika Gerak Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3(1), 381–387. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/sendikfi/article/view/9717

Sari, A., & Sururi, I. (2020). Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa di Kalangan Anak-Anak di Desa Sidoharjo Kabupaten Banyuasin. Jurnal KIBAS, 4, 49–60. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i1.1682

Sarifudin, A. (2019). Pergeseran Nilai Sikap Unggah Ungguh Pada Masyarakat Jawa di Desa Enggal Rejo Jalur Air Salek. Jurnal PAI Raden Fatah, 4(2), 93–108. https://doi.org/10.19109/pairf.v4i2.10419

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on Culture. Simbolika, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Setyawan, I. (2019). Sikap Generasi “ Z †terhadap bahasa Jawa : Studi kasus pada anak-anak usia Sekolah Dasar di kota Semarang. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 7(2), 30–36. https://doi.org/10.30659/jikm.7.2.30-36

Shari, D., & Azizah, E. N. (2021). Penerapan Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 294. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.585

Simanjuntak, C. A., Fitri, A. D., & Puspasari, N. N. A. S. A. (2016). Deteksi Dini dan Edukasi Orang Tua Tentang Gangguan Tumbuh Kembang Balita. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 1(1), 14–17. https://doi.org/10.22437/jkam.v1i1.3723

Sugmadani, M. (2021). Perancangan Animasi Edukasi Tata Krama untuk Anak-anak Usia 4-6 Tahun [Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jawa Timur]. http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2338

Syafrudin, C., & Pujiyono, W. (2013). Pembuatan Film Animasi Pendek “ Dahsyatnya Sedekah †Berbasis Multimedia Menggunakan Teknik 2D Hybrid Animation Dengan Pemanfaatan Graphic. Jurnall Sarjana Teknik Informatika, 1(1), 387–398. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3538

Wijayanti, A. (2018). Penguatan Karakter Siswa Melalui Penggunaan Unggah­Ungguh Bahasa Jawa (Strengthening Student Character Through the Use of Java Language Programs). Jurnal Kebudayaan, 13, 45–58. https://doi.org/10.24832/jk.v13i1.232

Yuliana, H., Rian, R., Studi Seni Murni, P., Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang Jalan Bahder Johan No, F., Guguk Malintang, K., & Padangpanjang Timur, K. (2022). Unggah-Ungguh Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Lukis. Journal of Fine ART, 2(1). https://doi.org/10.26887/v-art.v2i1.2327


Refbacks

  • There are currently no refbacks.