Bermain Pohon Angka Berbasis Power Point untuk Meningkatkan Konsep Bilangan pada Anak

Authors

  • Nelda Arkas Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rakimahwati Rakimahwati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4327

Keywords:

pohon angka, konsep bilangan, anak usia dini

Abstract

Awal pengalaman matematika seorang anak dapat menghasilkan pondasi belajar matematika pada tahapan selanjutnya. Konsep bilangan merupakan sebagian materi dari matematika yang harus dikenalkan sejak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk melihat bermain pohon angka berbasis power point dalam meningkatkan konsep bilangan pada anak. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peningkatan rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui permainan pohon angka berbasis power point pra siklus diperoleh rata-rata 36,11%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 50,18%, dan pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 76,1%. Kesimpulannya adalah pohon angka berbasis power point secara efektif dapat meningkatkan persentase hasil belajar pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsari, Y., & Aina, A. M. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Pohon Angka Di RA Muslim Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Journal on Education, 1(4), 666.

Amaris, D. Ulfa., Rakimahwati., & S., M. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Universitas Negeri Padang Jurnal Usia Din, 4, 10. https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12099

Amirdyasari, S. H. (2017). eningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Melalui Bermain Media Pohon Hitung Di TK Taman Indria Kecamatan Bangorejo. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82484

Arikunto, S. (2014). Prosedur PenelitianNo Title (p. 242). Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. In Suryani (Ed.), Penelitian Tindakan Kelas (p. 95). PT.bumi Aksara.

Budiartini, Putu, D., Jampel, I. N., & Asril., N. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3529

Fyfe, E. R., McNeil, N. M., Son, J. Y., & Goldstone, R. L. (2014). Concreteness fading in mathematics and science instruction: A systematic review. Educational Psychology Review, 26, 9–25. https://doi.org/10.1007/s10648-014-9249-3

Holmes, S., & Hallam, S. (2017). The impact of participation in music on learning mathematics. London Review of Education. https://doi.org/https://doi.org/10.18546/LRE.15.3.07

Hornburg, C. B., Schmitt, S. A., & Purpura, D. J. (2018). Relations between preschoolers’ mathematical language understanding and specific numeracy skills. Journal of Experimental Child Psychology. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2018.07.005

Kesicioğlu, O. S. (2021). Investigation of Counting Skills of Pre-School Children. Journal of Progressive Education, 17(4), 262–281. https://doi.org/10.29329/ijpe.2021.366.16

Lee, J., & Md-Yunus, S. (2016). Investigating Children’s Abilities to Count and Make Quantitative Comparisons. Early Childhood Education Journal, 44(3), 255–262. https://doi.org/10.1007/s10643-015-0707-4

Marfuah, F., & S., H. H. (2017). paya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Pohon Angka Di Kelompok B TK Pelangi Aisyiyah Jumantoro. Jurnal AUDI, 2(1), 8. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/1679

Ma’Rifah, N., & Widada, W. (2019). Pembelajaran TAI dengan Open Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Curup. Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7523

Noge, M.D., M. M., & E., N. (2019). Pengembangan Media Pohon Angka Untuk Aspek Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TKK Negeri Bunga Bangsa Tude Kecamatan Jerebu Kabupaten Ngada. Urnal Edukasi Anak Usia Din, 5(2), 71. https://doi.org/10.18592/jea.v5i2.3373

Nurrahmadani, Ahmad, A., & Y. (2017). emperkenalkan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pohon Angka Di TK Darurrahman Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(86). https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/5798

Özçakır, B., Konca, A. S., & Arıkan, N. (2019). Children’s Geometric Understanding through Digital Activities : The Case of Basic Geometric Shapes. In International Journal of Progressive Education, 15(3). https://doi.org/10.29329/ijpe.2019.193.8

Rahayu, & Made Ayu Nadi, L. P. I. C. I. M. (2019). Implementasi Alat Permainan Edukatif Pohon Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal dan Lambang Bilangan. Media Edukasi, 3(1), 29. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/730

Ranelli, S., Smith, A., & Straker, L. (2015). The association of music experience, pattern of practice and performance anxiety with playing-related musculoskeletal problems (PRMP) in children learning instrumental music. International Journal of Music Education. https://doi.org/10.1177/0255761415597151

Sholihah, M., & Afifulloh. M., L. Y. F. (2019). enerapan Metode Bermain Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompom B Di RA Amin Pakis Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1, 66. ttps://doi.org/10.21154/wisdom.v1i2.2372

Sriningsih, N. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Pustaka Sebelas.

Svalina, V., & Vukelić, J. (2020). Connecting Mathematics and Music in Preschool Educationle. Svalina, Vesna Vukelić, Josipa, 161(3–4), 411–430. https://hrcak.srce.hr/clanak/363284

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 22, 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Thiel, O., & Perry, B. (2018). Innovative approaches in early childhood mathematics. European Early Childhood Education Research Journal, 26(4), 463-468. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1489173

Wulansuci, & G kurniati, E. (2019). Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Dengan Terjadinya stress akademik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1272

Downloads

Published

16-05-2023

How to Cite

Arkas, N., & Rakimahwati, R. (2023). Bermain Pohon Angka Berbasis Power Point untuk Meningkatkan Konsep Bilangan pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2650–2658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4327

Issue

Section

Articles