- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Bermain Pohon Angka Berbasis Power Point untuk Meningkatkan Konsep Bilangan pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4327Keywords:
pohon angka, konsep bilangan, anak usia diniAbstract
Awal pengalaman matematika seorang anak dapat menghasilkan pondasi belajar matematika pada tahapan selanjutnya. Konsep bilangan merupakan sebagian materi dari matematika yang harus dikenalkan sejak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk melihat bermain pohon angka berbasis power point dalam meningkatkan konsep bilangan pada anak. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peningkatan rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui permainan pohon angka berbasis power point pra siklus diperoleh rata-rata 36,11%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 50,18%, dan pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 76,1%. Kesimpulannya adalah pohon angka berbasis power point secara efektif dapat meningkatkan persentase hasil belajar pada anak usia dini.
Downloads
References
Afsari, Y., & Aina, A. M. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Pohon Angka Di RA Muslim Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Journal on Education, 1(4), 666.
Amaris, D. Ulfa., Rakimahwati., & S., M. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Universitas Negeri Padang Jurnal Usia Din, 4, 10. https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12099
Amirdyasari, S. H. (2017). eningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Melalui Bermain Media Pohon Hitung Di TK Taman Indria Kecamatan Bangorejo. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82484
Arikunto, S. (2014). Prosedur PenelitianNo Title (p. 242). Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. In Suryani (Ed.), Penelitian Tindakan Kelas (p. 95). PT.bumi Aksara.
Budiartini, Putu, D., Jampel, I. N., & Asril., N. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3529
Fyfe, E. R., McNeil, N. M., Son, J. Y., & Goldstone, R. L. (2014). Concreteness fading in mathematics and science instruction: A systematic review. Educational Psychology Review, 26, 9–25. https://doi.org/10.1007/s10648-014-9249-3
Holmes, S., & Hallam, S. (2017). The impact of participation in music on learning mathematics. London Review of Education. https://doi.org/https://doi.org/10.18546/LRE.15.3.07
Hornburg, C. B., Schmitt, S. A., & Purpura, D. J. (2018). Relations between preschoolers’ mathematical language understanding and specific numeracy skills. Journal of Experimental Child Psychology. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2018.07.005
Kesicioğlu, O. S. (2021). Investigation of Counting Skills of Pre-School Children. Journal of Progressive Education, 17(4), 262–281. https://doi.org/10.29329/ijpe.2021.366.16
Lee, J., & Md-Yunus, S. (2016). Investigating Children’s Abilities to Count and Make Quantitative Comparisons. Early Childhood Education Journal, 44(3), 255–262. https://doi.org/10.1007/s10643-015-0707-4
Marfuah, F., & S., H. H. (2017). paya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Pohon Angka Di Kelompok B TK Pelangi Aisyiyah Jumantoro. Jurnal AUDI, 2(1), 8. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/1679
Ma’Rifah, N., & Widada, W. (2019). Pembelajaran TAI dengan Open Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Curup. Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7523
Noge, M.D., M. M., & E., N. (2019). Pengembangan Media Pohon Angka Untuk Aspek Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TKK Negeri Bunga Bangsa Tude Kecamatan Jerebu Kabupaten Ngada. Urnal Edukasi Anak Usia Din, 5(2), 71. https://doi.org/10.18592/jea.v5i2.3373
Nurrahmadani, Ahmad, A., & Y. (2017). emperkenalkan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pohon Angka Di TK Darurrahman Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(86). https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/5798
Özçakır, B., Konca, A. S., & Arıkan, N. (2019). Children’s Geometric Understanding through Digital Activities : The Case of Basic Geometric Shapes. In International Journal of Progressive Education, 15(3). https://doi.org/10.29329/ijpe.2019.193.8
Rahayu, & Made Ayu Nadi, L. P. I. C. I. M. (2019). Implementasi Alat Permainan Edukatif Pohon Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal dan Lambang Bilangan. Media Edukasi, 3(1), 29. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/730
Ranelli, S., Smith, A., & Straker, L. (2015). The association of music experience, pattern of practice and performance anxiety with playing-related musculoskeletal problems (PRMP) in children learning instrumental music. International Journal of Music Education. https://doi.org/10.1177/0255761415597151
Sholihah, M., & Afifulloh. M., L. Y. F. (2019). enerapan Metode Bermain Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompom B Di RA Amin Pakis Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1, 66. ttps://doi.org/10.21154/wisdom.v1i2.2372
Sriningsih, N. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Pustaka Sebelas.
Svalina, V., & Vukelić, J. (2020). Connecting Mathematics and Music in Preschool Educationle. Svalina, Vesna Vukelić, Josipa, 161(3–4), 411–430. https://hrcak.srce.hr/clanak/363284
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 22, 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Thiel, O., & Perry, B. (2018). Innovative approaches in early childhood mathematics. European Early Childhood Education Research Journal, 26(4), 463-468. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1489173
Wulansuci, & G kurniati, E. (2019). Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Dengan Terjadinya stress akademik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1272