Permainan My City Cleaning Waste Recycle untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Usia Dini

Authors

  • Halida Halida Bimbingan dan Konseling, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Desni Yuniarni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Indri Astuti Teknologi Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Ayu Aprilia Pangestu Putri Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Henny Sanulita Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Windaniati Windaniati Taman Kanak-Kanak Alkautsar, Kubu Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4325

Keywords:

anak usia dini, karakter peduli lingkungan, my city cleaning waste recycle

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi, ditemukan rendahnya karakter peduli lingkungan pada anak. Hal  tersebut dikarenakan kurang bervariasinya metode pembelajaran yang diberikan terkait peduli lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan  meningkatkan karakter peduli  lingkungan melalui permainan my city cleaning waste recycle  pada anak. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan one group pretes posttes design. Subyek penelitian ini anak umur 5-6 tahun. Teknik  pengumpulan data yaitu teknik observasi, analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan. Data diolah menggunakan IBM SPSS statistik versi 25. Hasil penelitian mengungkap bahwa pembelajaran yang  menyenangkan dengan menggunakan teknologi membuat anak anak-anak berminat dan tertarik untuk belajar. Permainan  kebersihan lingkungan  dengan  my city cleaning waste recycle mampu mengubah mindset dan memberikan pengetahuan  pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan  membiasakan membuang sampah pada tempatnya, sehingga anak menjadi betah dan nyaman saat proses pembelajaran berlangsung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., Akbar, Z., & Nurani, Y. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Adventure Cooking untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1501–1513. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1697

Bandura, A. (2001). Social Cognitive Theory of Mass Communication. Media Psychology, 3(3), 265–299. https://doi.org/10.1207/S1532785XMEP0303_03

Bandura, A. (2002). Social cognitive theory in cultural context. Applied Psychology, 51(2), 269–290. https://doi.org/10.1111/1464-0597.00092

Bandura, A. (2018). Toward a Psychology of Human Agency: Pathways and Reflections. Perspectives on Psychological Science, 13(2), 130–136. https://doi.org/10.1177/1745691617699280

Chen, F., Luo, Z., Yang, Y., Liu, G. J., & Ma, J. (2018). Enhancing municipal solid waste recycling through reorganizing waste pickers: A case study in Nanjing, China. Waste Management and Research, 36(9), 767–778. https://doi.org/10.1177/0734242X18766216

Creswell, J. W. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (Christina Robb (ed.); Fourth Edi). Pearson.

Diyan Nurvika Kusuma Wardani. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6

Efendi, N., Barkara, R. S., & Fitria, Y. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460

Halida, Mappiare-at, A., Ramli, M., Jagad, A., Dewantara, A., & Fitriyah, F. K. (2022). Is Symbolic Modeling Videos Containing Malay Values Effective to Improve Student’s Social Harmony? Pegegog, 12(3), 144–153. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.16

Halida, Putri, A., & Yuline. (2022). Pengembangan Video Modeling Simbolis Bermuatan Kesenian Tundang untuk Meningkatkan Harmoni Sosial Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahim, 6(1), 55–61. https://doi.org/10.31602/jbkr.v8i2.8667

Heleni Fitri. dkk. (2020). Media Pembelajaran Bernilai Ekonomis Berbasis Recycle System untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 813–819. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.296

Hendarwati, E., Nurlaela, L., Bachri, B. S., & Sa’ida, N. (2021). Collaborative Problem Based Learning Integrated with Online Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(13), 29–39. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i13.24159

Hoogerheide, V., Loyens, S. M. M., & van Gog, T. (2016). Learning from video modeling examples: does gender matter? Instructional Science, 44(1), 69–86. https://doi.org/10.1007/s11251-015-9360-y

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Johnson, B., & Christensen, L. (2016). Educational Research, Quantitative, Qualitative and Mixed Approaches. Sixt Edition (Sixt). SAGE Publications Inc.

Kröninger-Jungaberle, H., Nagy, E., Von Heyden, M., Dubois, F., Ullrich, J., Wippermann, C., Pospiech, B., Gordon, V., Haubold, L., Breitner, S., Lieneweg, S., Hochadel, S., & Brommond, M. (2015). Rebound: A media-based life skills and risk education programme. Health Education Journal, 74(6), 705–719. https://doi.org/10.1177/0017896914557097

Ma, H., & Li, J. (2021). An Innovative Method for Digital Media Education Based on Mobile Internet Technology. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(13), 68–81. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i13.24037

Mappiare-AT, A., Hidayah, N., Muslihati, & Fauzan, L. (2020). Revitalization of the Ideal Value of Archipelago’s Culture through KIPAS Model Counseling. Atlantis Press. Advance Is Social Science, Education and Humanities Research. 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 508, 167–172. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.231

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Masruroh, M. (2018). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 18(2), 130. https://doi.org/10.17509/gea.v18i2.13461

Meyer, J. M. (2015). Counseling Self-Efficacy: On-Campus and Distance Education Students. Rehabilitation Counseling Bulletin, 58(3), 165–172. https://doi.org/10.1177/0034355214537385

Syahri, M., Widodo, M., & Sofwani. A. (2021). Environmental Awareness of Character Building for Students throungh the Waste Bank Education. Journal of Southwest Jiatong University, 56(6), 626–636. https://www.jsju.org/index.php/journal/article/view/1111

Nazier, M. (2016). Metode Penelitian. In Ghalia Bogor.

Novitasari, Y., Prastyo, D., Iftitah, S. L., Reswari, A., & Fauziddin, M. (2021). Media Daur Ulang (Recycle System) dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1323–1330. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1209

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Prasetiyo, W. H., Kamarudin, K. R., & Dewantara, J. A. (2019). Surabaya green and clean: Protecting urban environment through civic engagement community. Journal of Human Behavior in the Social Environment, 29(8), 997–1014. https://doi.org/10.1080/10911359.2019.1642821

Purnawati, S., Ariyanto, F. L. T., & Nazarullail, F. (2022). Pemanfaat Ape Wire Game Sebagai Alat Bantu Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 102–112. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3755

Sari, S. A., & Fauziyah, P. Y. (2022). Pengaruh Permainan Konstruktif dan Percobaan Sains terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2453–2461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1977

Suri, D. (2021). Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Lagu Anak-anak Daerah Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1659

Wetherick, D. (2014). Music therapy and children with a language impairment: Some examples of musical communication in action. Psychology of Music, 42(6), 864–868. https://doi.org/10.1177/0305735614547716

Yuniarni, D., Linarsih, A., Miranda, D., Halida, H., & Seli, S. (2023). Persepsi Guru TK terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Pontianak. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 629–636. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3615

Downloads

Additional Files

Published

04-04-2023

How to Cite

Halida, H., Yuniarni, D., Astuti, I., Putri, A. A. P., Sanulita, H., & Windaniati, W. (2023). Permainan My City Cleaning Waste Recycle untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1961–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4325

Issue

Section

Articles