- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4311Keywords:
diklat dasar, kompetensi professional, guru paudAbstract
Penelitian ini tentang Efektivitas pendidikan dan latihan (Diklat) berjenjang tingkat dasar, masalahnya belum maksimalnya hasil Diklat dan keikutsertaan guru PAUD di Kota Jambi. Tujuannya menganalisis hasil Diklat untuk meningkatkan kompetensi profesional guru TK dan RA, sebagai guru pendamping. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu peserta Diklat, alumni peserta di 5 satuan PAUD, Lembaga Penyelenggara Diklat HIMPAUDI dan Pemateri (PPM,PPTM). Teknik pengumpulan datanya wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data, uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif dan memberchek. Hasilnya 1) Pelaksanaan Sesuai pedoman, kompetensi profesional peserta meningkat 2) faktor penghambat diantaranya tidak meratanya kesempatan mengikuti program, kurangnya waktu, kurang koordinasi antara pihak yang berwenang; Â 3) persepsi peserta mendukung program ini; 4) Efektivitas, secara tatap muka belum efektiv, indikatornya tahap perencanaan, proses dan evaluasi. Harapannya semua guru disatuan PAUD dikutsertakan.
Downloads
References
Ahmadi, R. (2018). Profesi Keguruan, Konsep dan Strategi Mengembangkan Profesi dan Karier Guru (Nurhidayah (ed.); 1st ed.). Ar-Ruzz Media.
Alkornia, S. (2016). Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik Dan Profesionalisme Guru Paud Dharma Wanita Binaan Skb Situbondo. Jurnal Pancaran, 5(4), 143–158. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3775
Arlina, Hatimah, I., Abdulhak, I., Ardiwinata, J. S., & L, D. Y. (2020). The Efectivity Of Blended Learning In Education And Training For Teachers of Young Children Program. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 6(24), 9460–9473. https://doi.org/10.37200/V24I6/21709
Asmani, J. M. (2009). 7 Kompetensi Guru yang Menyenangkan dan Profesional. Powerbooks.
Basri, H., & HA.Rusdiana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Latihan (Beni Ahmad Saebani (ed.); cet. 1). Pustaka Setia.
Chung, F. M. Y. (2021). The Impact of Music Pedagogy Education on Early Childhood Teachers’ Self-Efficacy in Teaching Music: The Study of a Music Teacher Education Program in Hong Kong. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 15(2), 63–86. https://doi.org/10.17206/apjrece.2021.15.2.63
Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440
Eliza, D., Sardi, M., Amalia, W., & Karmila, D. (2022). Jenis-Jenis Pelatihan Peningkatan Profesional Guru PAUD di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6836–6843. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3055
Gintings, A. universitas I. N. ). (2011). Esensi Praktis: Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (1st ed.). Humaniora.
Hidayati, A. N. (2022). Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/29897/0
Imam Machali, A. H. (2014). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. In Kencana, Jakarta. Edisi Kedua (1st ed.). Kencana.
Kemdikbud, T. (2020). Modul 8 Komunikasi dalam Pengasuhan Pendidikan Anak Usia Dini (8th ed.). Direktorat guru dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini direktorat jendral guru dan tenaga kependidikan kementerian pendidikan dan kebudayaan RI.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014a). Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014b). Permendikbud no 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD.
Meitaningrum, D. A., Hardjanto, I., & Siswidiyanto. (2013). Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai ( Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang ). Administrasi Publik, 1(3), 192–199. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/117
Moleong, L. J. (2013). Penelitian Kualitataif. Remaja Rosdakarya.
Nasruddin, Krismiyati, Purba, S. H., & Irawan, D. (2022). Pedoman Umum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar, Lanjut dan Mahir Moda Luring Tersistem dan Moda Daring Kombinasi Bagi Guru Paud. Direktorat Guru Pendidikan Anak Usia dini dan Pendidikan MasyarakatDirjen GTK Kemdikbud Riset dan Teknologi RI. https://gurupauddikmas.kemdikbud.go.id/uploads/file/posts/e96aa6479efb52b65d0dc20b9dca0222.pdf
Prabowo, A., Suryadi, D., & Dasari, D. (2021). Analysis of mathematical didactic situation constructed by prospective teachers based on learning trajectory. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042051. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042051
Riza, E. (2014). Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD. Pendidikan Anak Usia Dini UNJ, 8(1), 2.
Rosalina, I. (2012). Masyarakat, Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Mantren, Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir Di Desa Kec Karangrejo Kabupaten Madetaan. Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/7675
Rosydiana, E., Dewi, H. I., & Winata, W. (2020). Efektifitas Program Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Bagi Guru Paud Dalam Jaringan Di Kota Depok. Instruksional, 2(1), 47. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.47-55
Rusman, A., Risnita, R., & Musa, M. (2020). Kompetensi Profesional dan kompetensi Paedagogi Guru dengan Pencapaian Perkembanagn Motorik Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal (RA) Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 4(2), 137. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i2.148
Sari, L. S. (2018). Peningkatan Mutu Pengajar dan tenaga Kependidikan PAUDNI (1st ed.). Pusat Penelitian dan Kebijakan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud.
Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping Paud Dalam Memenuhi Standar Layanan Paud Non Formal Di Kabupaten Tasikmalaya. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 63. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.4848
Sudrajat, A. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD Melalui Diklat Berjenjang. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Dan R & D (Revisi). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Sumitra, A., Nuraeni, L., & Nafiqoh, H. (2018). Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Terhadap Peningkatan Kompetensi Sosial Pendidik PAUD (Studi Deskriptif pada Pendidik PAUD di Kota Cimahi). P2M STKIP Siliwangi, 5(1), 11. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i1p11-20.785
Tedjawati, J. (2011). Peran HIMPAUDI Dalam Pengembangan PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(1), 123–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.12
Wadel, C. C., & Knaben, Å. dagmar. (2022). Untapped Potential for Professional Learning and Development: Kindergarten as a Learning Organization. International Journal of Early Childhood, 54(2), 261–276. https://doi.org/10.1007/s13158-021-00303-w
Wardan, K. (2019). Guru Sebagai Profesi. deepublish.
Winata, W., Suryadi, A., Lestari, M. R. D. W., Khasanah, I., & Munawar, I. (2022). Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Moda Daring Kombinasi untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4930–4941. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2367
Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258
Yamin, M. (2007). Paradigma Baru Pembelajaran. Referensi.
Yuslam, Y., Setiani, R. E., & Sari, A. K. (2017). Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifikasi Akademik Sarjana PG-PAUD Dan NonPG-PAUD di PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-04
Yusutria, Y. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828