Perkembangan Literasi dengan Pembelajaran Sentra Khusus TK B

Author


Kartika Rinakit Adhe(1Mail), Suryanti Suryanti(2), Wiryanto Wiryanto(3), Wahyu Sukartiningsih(4), Hendratno Hendratno(5),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 356KB]

Published : 2023-05-11

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 529 times PDF Downloaded: 243 times

Abstract


Kecakapan literasi perlu ditanamkan sejak dini. Literasi pada anak mampu menstimulasi dalam tahapan ganda anak usia dini yaitu secara kognitif dan bonding. Literasi ini diintegrasikan dengan teknologi berbasis Augmented Reality sebagai salah satu Media Literasi Pendukung untuk anak usia untuk menghadirkan pengalaman visual yang baru agar pengalaman membaca pada anak lebih menyenangkan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sentra berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan perkembangan literasi anak TK B dengan menggunakan pendekatan kuantitatif Quasy Experimental. Sampel yang digunakan adalah anak usia 5-6 tahun atau kelompok B. Pada uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 untuk hasil di kelompok eksperimen. Dimana hasil menunjukkan <0,05 berdasarkan pedoman untuk melakukan uji hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran menggunakan AR terhadap kemampuan literasi anak. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran menggunakan AR terhadap kemampuan literasi anak.


Keywords


model pembelajaran sentra; augmented reality; literasi anak usia dini

References


Abdinejad, M., Ferrag, C., Qorbani, H. S., & Dalili, S. (2021). Developing a Simple and Cost-Effective Markerless Augmented Reality Tool for Chemistry Education. Journal of Chemical Education, 98(5), 1783–1788. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.1c00173

Abrar, M. F., Islam, M. R., Hossain, M. S., Islam, M. M., & Kabir, M. A. (2019). Augmented Reality in Education: A Study on Preschool Children, Parents, and Teachers in Bangladesh. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 11575 LNCS, 217–229. https://doi.org/10.1007/978-3-030-21565-1_14

Asih, N. S., Sugiyo, & Suminar, T. (2022). Pembelajaran Sentra Media Looseparts Meningkatkan Kreativitas dan Kompetensi Pedagogik Guru TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4581–44590. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2561

Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/143

Chang, R. C., Chung, L. Y., & Chung, Y. M. (2016). Developing an interactive augmented reality system as a complement to plant education and comparing its effectiveness with video learning. Interactive Learning Environments, 24(6), 1245–1264. https://doi.org/10.1080/10494820.2014.982131

Elfeky, A. I. M., & Elbyaly, M. Y. H. (2021). Developing Skills Of Fashion Design By Augmented Reality Technology In Higher Education. Interactive Learning Environments, 29(1), 17–23. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1558259

Fitri, A. N., Hutasoit, C. S., & Afifah, S. (2022). Mengenal Model Paud Beyond Centre and Circle Time (BCCT) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal AUDHI: Anak Usia Dini Holistik Integratif, 4(2), 72–78. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.944

Flavián, C., Ibáñez-Sánchez, S., & Orús, C. (2019). The Impact Of Virtual, Augmented And Mixed Reality Technologies On The Customer Experience. Journal of Business Research, 100, 547–560. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.050

Garzón, J., Pavón, J., & Baldiris, S. (2019). Systematic Review And Meta-Analysis Of Augmented Reality In Educational Settings. Virtual Reality, 23(4), 447–459. https://doi.org/10.1007/s10055-019-00379-9

Hasanah, R., & Latif, M. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Times) dan Model Pembelajaran Konsiderasi di TK Khalifah Baciro Kota Yogyakarta. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 184–199. https://doi.org/10.23971/mdr.v2i2.1538

Javornik, A. (2016). Augmented Reality: Research Agenda For Studying The Impact Of Its Media Characteristics On Consumer Behaviour. Journal of Retailing and Consumer Services, 30, 252–261. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.02.004

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Kesim, M., & Ozarslan, Y. (2012). Augmented Reality in Education: Current Technologies and the Potential for Education. Procedia Sosial and Behavioral Sciences, 47(222), 297–302. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.654

Macariu, C., Iftene, A., & Gîfu, D. (2020). Learn chemistry with augmented reality. Procedia Computer Science, 176, 2133–2142. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.250

Marques, D., & Costello, R. (2018). Concerns and Challenges Developing Mobile Augmented Reality Experiences for Museum Exhibitions. The Museum Journal, 61(4), 541–558. https://doi.org/10.1111/cura.12279

Murdy, K., & Wilyanita, N. (2023). Media Interaktif Augmented Reality untuk Peningkatan Kemampuan Financial Literacy Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 211–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3795

Ningsih, K. A., Prasetyo, I., & Hasanah, D. F. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sentra Bahan Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1093–1104. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1172

Nursih, Pranoto, Y. K. S., & Suminar, T. (2021). Readiness Center Learning with Audio-Visual Media to Enhance the Competence of Early Childhood Education Teachers in Ringinarum Kendal. Journal of Primary Educcation, 10(1), 75–82. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/34029

Pan, Z., López, M. F., Li, C., & Liu, M. (2021). Introducing augmented reality in early childhood literacy learning. Research in Learning Technology, 29(February), 1–21. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2539

Rahmayanti, H., Oktaviani, V., & Syani, Y. (2020). Development of sorting waste game android based for early childhood in environmental education. Journal of Physics: Conference Series, 1431(1), 012–029. https://doi.org/10.1088/1742-6596 /1434/1/012029

Rasalingam, R.-R., Muniandy, B., & Rasalingam, R. R. (2014). Exploring the Application of Augmented Reality Technology in Early Childhood Classroom in Malaysia. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 4(5), 33–40. https://doi.org/10.9790/7388-04543340

Rohita, & Asnawiyah, D. (2021). Pelaksanaan Prinsip Pembelajaran di Masa Belajar dari Rumah: Studi Kasus pada Model Sentra. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 769–785. https://doi.org/10.31004/obsesi.7i1.2861

Romini. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Beyond Center And Circle Time ( BCCT ) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 219–234. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.66

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Rajawali Pers.

Santín, M. F., & Torruella, M. F. (2017). Reggio Emilia: An Essential Tool to Develop Critical Thinking in Early Childhood. Journal of New Approaches in Educational Research, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.7821/NAER.2017.1.207

Saputri, D. S. C. (2017). Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Dan Hasil Belajar. Justisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(1), 1311–1448. http://dx.doi.org/10.35889/jutisi.v6i1.230

Sari, R. C., Aisyah, M. N., Ilyana, S., & Hermawan, H. D. (2022). Developing a Financial Literacy Storybook for Early Childhood in an Augmented Reality Context. Contemporary Educational Technology, 14(2). https://doi.org/10.30935/cedtech/11734

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,. In R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumiyati, Masruri, S., & Maemonah. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada Lembaga Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1261–1268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.814

Ubaidillah, K. (2018). Pembelajaran Sentra BAC (Bahan Alam Cair) untuk Mengembangkan Kreativitas Anak; Studi Kasus RA Ar-Rasyid. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161–176. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-04

Watini, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110–123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current Status, Opportunities And Challenges Of Augmented Reality In Education. Computers and Education, 62, 41–49. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.024


Refbacks

  • There are currently no refbacks.