Author
Kartika Rinakit Adhe(1), Suryanti Suryanti(2), Wiryanto Wiryanto(3), Wahyu Sukartiningsih(4), Hendratno Hendratno(5),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(5)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-05-11
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 529 times PDF Downloaded: 243 timesAbstract
Kecakapan literasi perlu ditanamkan sejak dini. Literasi pada anak mampu menstimulasi dalam tahapan ganda anak usia dini yaitu secara kognitif dan bonding. Literasi ini diintegrasikan dengan teknologi berbasis Augmented Reality sebagai salah satu Media Literasi Pendukung untuk anak usia untuk menghadirkan pengalaman visual yang baru agar pengalaman membaca pada anak lebih menyenangkan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sentra berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan perkembangan literasi anak TK B dengan menggunakan pendekatan kuantitatif Quasy Experimental. Sampel yang digunakan adalah anak usia 5-6 tahun atau kelompok B. Pada uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 untuk hasil di kelompok eksperimen. Dimana hasil menunjukkan <0,05 berdasarkan pedoman untuk melakukan uji hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran menggunakan AR terhadap kemampuan literasi anak. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran menggunakan AR terhadap kemampuan literasi anak.
Keywords
References
Abdinejad, M., Ferrag, C., Qorbani, H. S., & Dalili, S. (2021). Developing a Simple and Cost-Effective Markerless Augmented Reality Tool for Chemistry Education. Journal of Chemical Education, 98(5), 1783–1788. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.1c00173
Abrar, M. F., Islam, M. R., Hossain, M. S., Islam, M. M., & Kabir, M. A. (2019). Augmented Reality in Education: A Study on Preschool Children, Parents, and Teachers in Bangladesh. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 11575 LNCS, 217–229. https://doi.org/10.1007/978-3-030-21565-1_14
Asih, N. S., Sugiyo, & Suminar, T. (2022). Pembelajaran Sentra Media Looseparts Meningkatkan Kreativitas dan Kompetensi Pedagogik Guru TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4581–44590. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2561
Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/143
Chang, R. C., Chung, L. Y., & Chung, Y. M. (2016). Developing an interactive augmented reality system as a complement to plant education and comparing its effectiveness with video learning. Interactive Learning Environments, 24(6), 1245–1264. https://doi.org/10.1080/10494820.2014.982131
Elfeky, A. I. M., & Elbyaly, M. Y. H. (2021). Developing Skills Of Fashion Design By Augmented Reality Technology In Higher Education. Interactive Learning Environments, 29(1), 17–23. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1558259
Fitri, A. N., Hutasoit, C. S., & Afifah, S. (2022). Mengenal Model Paud Beyond Centre and Circle Time (BCCT) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal AUDHI: Anak Usia Dini Holistik Integratif, 4(2), 72–78. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.944
Flavián, C., Ibáñez-Sánchez, S., & Orús, C. (2019). The Impact Of Virtual, Augmented And Mixed Reality Technologies On The Customer Experience. Journal of Business Research, 100, 547–560. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.050
Garzón, J., Pavón, J., & Baldiris, S. (2019). Systematic Review And Meta-Analysis Of Augmented Reality In Educational Settings. Virtual Reality, 23(4), 447–459. https://doi.org/10.1007/s10055-019-00379-9
Hasanah, R., & Latif, M. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Times) dan Model Pembelajaran Konsiderasi di TK Khalifah Baciro Kota Yogyakarta. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 184–199. https://doi.org/10.23971/mdr.v2i2.1538
Javornik, A. (2016). Augmented Reality: Research Agenda For Studying The Impact Of Its Media Characteristics On Consumer Behaviour. Journal of Retailing and Consumer Services, 30, 252–261. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.02.004
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963
Kesim, M., & Ozarslan, Y. (2012). Augmented Reality in Education: Current Technologies and the Potential for Education. Procedia Sosial and Behavioral Sciences, 47(222), 297–302. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.654
Macariu, C., Iftene, A., & Gîfu, D. (2020). Learn chemistry with augmented reality. Procedia Computer Science, 176, 2133–2142. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.250
Marques, D., & Costello, R. (2018). Concerns and Challenges Developing Mobile Augmented Reality Experiences for Museum Exhibitions. The Museum Journal, 61(4), 541–558. https://doi.org/10.1111/cura.12279
Murdy, K., & Wilyanita, N. (2023). Media Interaktif Augmented Reality untuk Peningkatan Kemampuan Financial Literacy Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 211–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3795
Ningsih, K. A., Prasetyo, I., & Hasanah, D. F. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sentra Bahan Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1093–1104. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1172
Nursih, Pranoto, Y. K. S., & Suminar, T. (2021). Readiness Center Learning with Audio-Visual Media to Enhance the Competence of Early Childhood Education Teachers in Ringinarum Kendal. Journal of Primary Educcation, 10(1), 75–82. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/34029
Pan, Z., López, M. F., Li, C., & Liu, M. (2021). Introducing augmented reality in early childhood literacy learning. Research in Learning Technology, 29(February), 1–21. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2539
Rahmayanti, H., Oktaviani, V., & Syani, Y. (2020). Development of sorting waste game android based for early childhood in environmental education. Journal of Physics: Conference Series, 1431(1), 012–029. https://doi.org/10.1088/1742-6596 /1434/1/012029
Rasalingam, R.-R., Muniandy, B., & Rasalingam, R. R. (2014). Exploring the Application of Augmented Reality Technology in Early Childhood Classroom in Malaysia. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 4(5), 33–40. https://doi.org/10.9790/7388-04543340
Rohita, & Asnawiyah, D. (2021). Pelaksanaan Prinsip Pembelajaran di Masa Belajar dari Rumah: Studi Kasus pada Model Sentra. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 769–785. https://doi.org/10.31004/obsesi.7i1.2861
Romini. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Beyond Center And Circle Time ( BCCT ) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 219–234. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.66
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Rajawali Pers.
Santín, M. F., & Torruella, M. F. (2017). Reggio Emilia: An Essential Tool to Develop Critical Thinking in Early Childhood. Journal of New Approaches in Educational Research, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.7821/NAER.2017.1.207
Saputri, D. S. C. (2017). Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Dan Hasil Belajar. Justisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(1), 1311–1448. http://dx.doi.org/10.35889/jutisi.v6i1.230
Sari, R. C., Aisyah, M. N., Ilyana, S., & Hermawan, H. D. (2022). Developing a Financial Literacy Storybook for Early Childhood in an Augmented Reality Context. Contemporary Educational Technology, 14(2). https://doi.org/10.30935/cedtech/11734
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,. In R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sumiyati, Masruri, S., & Maemonah. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada Lembaga Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1261–1268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.814
Ubaidillah, K. (2018). Pembelajaran Sentra BAC (Bahan Alam Cair) untuk Mengembangkan Kreativitas Anak; Studi Kasus RA Ar-Rasyid. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161–176. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-04
Watini, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110–123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current Status, Opportunities And Challenges Of Augmented Reality In Education. Computers and Education, 62, 41–49. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.024
Refbacks
- There are currently no refbacks.