- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Model Pembelajaran Bermain Outdoor Lempar Tangkap Bola untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4249Keywords:
bermain outdoor, lempar tangkap bola, motorik kasar, anakAbstract
Perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun saat ini belum optimal. Permasalahan tersebut disebabkan oleh pembelajaran fisik motorik yang diterapkan di TK belum sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran, belum adanya panduan yang baku dan terstruktur pada saat Pandemi Covid 19 diterapkan secara daring, jarang bergerak di luar ruangan dan anak lebih banyak duduk di depan laptop atau smartphone. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran bermain outdoor lempar tangkap bola untuk mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R & D) model Borg and Gall. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak TK Pedagogia, Kota Yogyakarta berjumlah 26. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar observasi ceklis dan wawancara. Pengembangan model ini di validasi oleh 2 ahli materi dan 6 ahli model, setelah itu di uji coba kelayakan serta efektifitasnya pada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil penelitian dan pengembangan model bermain outdoor lempar tangkap bola menunjukkan memiliki kelayakan untuk membantu mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun.
Downloads
References
Amador, J. M., Keehr, J., Wallin, A., & Chilton, C. (2020). Video complexity: Describing videos used for teacher learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(4), 1–22. https://doi.org/10.29333/ejmste/113288
Arif, M., & Sukriyadi, S. (2021). Model Belajar Lempar Tangkap Bola Untuk Anak Disabilitas Grahita Ringan. Journal Sport Coaching and Education, 5(2), 63–73. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/20557
Berberoglu, E. O. (2021). Some effects of unstructured outdoor plays on a child: A case study from New Zealand. International Electronic Journal of Environmental Education, 11(1), 58–78. https://doi.org/10.18497/iejeegreen.772763
Cordiano, T. S., Lee, A., Wilt, J., Elszasz, A., Damour, L. K., & Russ, S. W. (2019). Nature-based education and kindergarten readiness: Nature-based and traditional preschoolers are equally prepared for kindergarten. The International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6(3), 18. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1225659.pdf
Djuanda, I., & Adpura, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini melalui Bermain Lempar Tangkap Bola. Kordinat, 29(2), 265–274. https://doi.org/DOI: 10.15408/kordinat.v19i2.18854
Fajrin, A. L. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Anak di Masa Pandemi Covid-19 : Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6890–6898. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2043
Harahap, M. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Bermain Lempar Tangkap Bola Di Ra Assyifa. Jurnal Ansiru, 4(1), 100–107. https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.118
Hilman, A. M. (2022). Parenting: 7 Tahun Pertama yang Begitu Berharga. Kiblat Pengusaha Indonesia.
Hunter, J., Syversen, K. B., Graves, C., & Bodensteiner, A. (2020). Balancing Outdoor Learning and Play: Adult Perspectives of Teacher Roles and Practice in an Outdoor Classroom. The International Journal of Early Childhood Environmental Education, 7(2), 34–50. https://doi.org/files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1254849.pdf
Junaedah, J., Thalib, S. B., & Ahmad, M. A. (2020). The Outdoor Learning Modules Based on Traditional Games in Improving Prosocial Behaviour of Early Childhood. International Education Studies, 13(10), 88. https://doi.org/10.5539/ies.v13n10p88
Justicia, R. (2017). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717
Laely, K., Madyawati, L., Hermahayu, H., Fatkhia, S., Rizki, R., & Chomisah, C. (2023). Implementation outdoor learning activities ( OLA ) to develop early childhood language skills. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 787–795. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3980
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034
Lestari, N. A., & Waluyo, E. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pemenuhan Hak Bermain dan Hak Rekreasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1119–1132. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1180
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301
Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati anak usia dini: Pengaruh penggunaan video animasi dan big book di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881
McKibbin, W. J., & Fernando, R. (2020). The Global Macroeconomic Impacts of COVID-19: Seven Scenarios (CAMA Working Paper 19/2020). Australian National University. Crawford School of Public Policy., February, 1–55. https://doi.org/10.1162/asep_a_00796
Mendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Nomor 7. Kemendikbudristek RI.
Morales-Artacho, A. J., Lacourpaille, L., & Guilhem, G. (2017). Effects of warm-up on hamstring muscles stiffness: Cycling vs foam rolling. Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports, 27(12), 1959–1969. https://doi.org/10.1111/sms.12832
Murphy, C. (2022). Vygotsky and Science Education. Springer International Publishing.
Ne’matullah, K. F., Talib, N. A., Mee, R. W. M., Pek, L. S., Amiruddin, S., & Ismail, M. R. (2022). The impact of outdoor play on children’s well-being: A scoping review. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 35(3), 282–296. https://doi.org/10.20473/mkp.v35i32022.282-296
Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
Nugroho, I. H., Sukmana, A. A., Lestariningrum, A., Ismail, N., Septiano, S., & Rizqi, A. B. (2021). Efektifitas Pengembangan Model Permainan Bola Keranjang Aspek Motorik Kasar Anak 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2127–2137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1974
Nurdin, N. (2022). Pengaruh Bermain Outdoor terhadap Perkembangan Fisik Motorik dan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5819–5826. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3226
Nurhayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/6985
Purwanto, D., & Baan, A. B. (2022). Pengaruh Aktivitas Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5669–5678. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3158
Rengganis, A., Haruna, N. H., Sari, A. C., & Sitopu, J. W. (2022). Penelitian dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.
Rohmadi, R. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Gerak Motorik Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1), 37–50. https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40705
Sari, & Nofriyanti, Y. (2020). Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan menganyam dengan origami. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 146–151. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.247
Siregar, J. B., Damaiwaty, R., & Lubis, M. S. (2020). Pengaruh Bermain Lempar Tangkap Bola Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melbourn. Jurnal Usia Dini, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.24114/jud.v6i1.19159
Stevens, Z., Grimwood, B. S. R., Babcock, S., & Meissner, C. (2020). Shifting Culture Towards Endorsement and Advocacy of Outdoor Play and Learning: A Collaborative Case Study with KidActive. Canadian Journal of Environmental Education, 23(2), 106–124. https://cjee.lakeheadu.ca/article/view/1622
Sudaryanti. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Bermain “Outdoor“ untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Taman Kanak-Kanak. Universitas Negeri Yogyakarta.
Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.322
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Yang, H. W., Ostrosky, M. M., Favazza, P. C., Stalega, M. V., & Block, M. E. (2019). Embedding Motor Activities Into Inclusive Preschools. Young Exceptional Children, 22(4), 177–186. https://doi.org/10.1177/1096250618783994
Zhang, J., Clark, M. R., & Hsueh, Y. (2022). Free Play and “Loving Careâ€: A Qualitative Inquiry of Chinese Kindergarten Teachers’ Professional Ethics. ECNU Review of Education, 5(4), 664–682. https://doi.org/10.1177/20965311221121677
Zulbahri, Z., Astuti, Y., Sasmitha, W., Pitnawati, P., Erianti, E., Damrah, D., & Rosmawati, R. (2022). Effectiveness of Developing Gymnastics Learning Media With the Application of Teileren and Global (Ganze) a Method Based on Lectora Digital. Linguistics and Culture Review, 6(3), 248–263. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns3.2133