Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program parenting di PAUD dengan menggunakan model goal free evaluation. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap satu orang pengelola PAUD, satu orang tutor dan satu orang ketua parents support group (PSG), observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program parenting telah sesuai dengan pedoman PAUD berbasis keluarga tahun 2012. Dampak positif yang muncul yaitu orang tua dapat mendampingi proses belajar anak, mengarahkan anak untuk melakukan pembiasaan positif, memasak makanan sehat untuk anak berkebutuhan khusus dan merangsang aspek sensori anak, sedangkan dampak sampingan positif yaitu sesama orang tua menjalin pertemanan dan saling menguatkan, namun disisi lain dampak negatif yang menjadi kendala yaitu orang tua tidak punya cukup waktu mendampingi proses belajar anak karena bekerja, tidak konsisten dan tidak sabar serta belum memahami tentang sensori integrasi. Adapun faktor yang mendorong munculnya dampak tersebut adalah pola asuh orang tua.