
Author
Susilawati Susilawati(1

Administrasi Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia(1)
Administrasi Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2023-05-12
Copyright (c) 2023 Susilawati Susilawati, Ade Iriani
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 98 times
PDF Downloaded: 29 times
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program parenting di PAUD dengan menggunakan model goal free evaluation. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap satu orang pengelola PAUD, satu orang tutor dan satu orang ketua parents support group (PSG), observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program parenting telah sesuai dengan pedoman PAUD berbasis keluarga tahun 2012. Dampak positif yang muncul yaitu orang tua dapat mendampingi proses belajar anak, mengarahkan anak untuk melakukan pembiasaan positif, memasak makanan sehat untuk anak berkebutuhan khusus dan merangsang aspek sensori anak, sedangkan dampak sampingan positif yaitu sesama orang tua menjalin pertemanan dan saling menguatkan, namun disisi lain dampak negatif yang menjadi kendala yaitu orang tua tidak punya cukup waktu mendampingi proses belajar anak karena bekerja, tidak konsisten dan tidak sabar serta belum memahami tentang sensori integrasi. Adapun faktor yang mendorong munculnya dampak tersebut adalah pola asuh orang tua.
Keywords
References
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Candra, S. (2018). Pelaksanaan Parenting Bagi Orang Tua Sibuk Dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 267. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3475
Dewi, N. K. (2017). Peran Orang Tua Pada Paud Inklusi. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 30–48. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp30-48
Dewi, P. S. D., Ujianti, P. R., & Magta, M. (2020). Penerapan Pendidikan Inklusif pada Pembelajaran Taman Kanak-kanak (Studi Kasus pada TK Rare Bali Shool). Jurnal Pendidikan, Vol. 8, No. 2, Tahun 2020 ISSN: 2337-7607 e-ISSN: 2337-7593. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/441
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2012). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga Tahun 2012. Dirjen PAUD Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan Nasional.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2018). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif (Issue 21). Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fatchurrohman. (2016). Communicating And Parenting. Mengembangkan Komunikasi dengan Orang tua siswa dalam mengasuh Anak. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/2105
Febyaningsih, E., & Nurfadilah. (2019). Pelaksanaan Program Parenting Di Raudhatul Athfal Permata Assholihin. Jurnal AUDHI, 1(2). https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/download/569/435
Fitroh, S. F., & Oktavianingsih, E. (2020). Peran Parenting dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu terhadap Stunting di Bangkalan Madura. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 610. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.415
Hidayah, N., Suyadi, Akbar, S. A., Yudana, A., Dewi, I., Puspitasari, I., Rohmadheny, P. S., Fakhruddiana, F., Wahyudi, & Wati, D. E. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus.. Samudra Biru. http://eprints.uad.ac.id/15746/1/BUKU LUARAN.pdf
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Iskandar, J., & Gandarum, D. N. (2019). Pendekatan Participatory Planning pada Perencanaan Ruang Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 155. https://doi.org/10.17977/um050v2i3p155-163
Jannah, E. H. (2020). Pelaksanaan Program Home Visit Di Ra Ulul Albab Jember Tahun Pelajaran 2019-2020. Repository.Unmuhjember.Ac.Id. http://repository.unmuhjember.ac.id/4976/11/K. ARTIKEL.pdf
Karmiyanti, R., D S, A. C., & Purwadi, P. (2019). Analisis Home Visit Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba 28 Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 163–172. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4045
Khodiyah. (2022). Implementasi Program Parenting Sebagai Pendidikan. Bunga Rampai Usia Emas (BRUE), 8(1), 2301–9409. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.35288
Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064
Ningsih, F. D., Nasirun, M., & Yulidesni. (2018). Pelaksanaan Program Parenting Di Lembaga PAUD Kecamatan Basa Ampek. Jurnal Ilmiah Potensia, 2018, Vol. 3 (2), 44-49, 3(2), 44–49. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/1759
Nirmala, B., & Annuar, H. (2021). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716
Nooraeni. (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 31–41. https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/8750
Novianti, R., Febrialismanto, & Satria, D. (2020). Pelatihan terapi sensori integrasi bagi orang tua dan guru PAUD. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 181–188. http://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/517
Oktavianingsih, E. (2018). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1–15. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231
Permendiknas Republik Indonesia Nomor 70 Tahun. (2009). Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan Dan Memiliki Potensi Kecerdasan Dan/Atau Bakat Istimewa. Jakarta. Menteri Pendidikan Nasional.
Pursitasari, I., & Allenidekania. (2019). Literature Review: Kemampuan Anak Berkebutuhan Khusus Melakukan Kebersihan Diri. Jurnal Kesehatan, 10(2), 305. https://doi.org/10.26630/jk.v10i2.1317
Rani, K., Rafikayati, A., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1636
Rasyid, M., Suhesty, A., Nugroho, H., & Rizqi Aulia, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Pengasuhan Positif Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Pelatihan Helping Parents with Challenging Children. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(2), 128–138. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2969
Rohimin, I. (2021). Implementasi Terapi Sensori Integrasi Untuk Anak Hiperaktif Di Ra Sabilul Huda Kendalsari Tahun 2018-2019. Al-Atfal, 1, 59–77. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/al-athfal/article/view/382
Rosiyanah, R., Yufiarti, Y., & Meilani, S. M. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941–956. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.758
Sanjaya, G. A. (2019). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Dengan Disabilitas Di Unit Pelayanan Disabilitas Kota Tangerang Selatan. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/47298/1/GITA ABYANTI SANJAYA-FDK.pdf
Sari, N. P., & Juniarti, Y. (2019). Evaluasi Peserta Didik Menggunakan Kunjungan Rumah/Home Visit. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 107–113. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.838
Siron, Y., Muslihah, L., Sari, N., & Dina, A. E. S. (2020). Diet Untuk Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD): Tantangan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 161. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25701
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Bandung. Alfabeta.
Syintianah. (2022). Usaha Orang Tua Dalam Upaya Mengembangkan Bina Diri Anak Down Syndrome Usia 5-6 Tahun Di Yayasan Potads. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62134
Tjahyaningsih, R., Handini, M., & Sumantri, Ms. (2018). Parenting Program Evaluation (Evaluation Study At Taman Pengasuhan Makara (Tpam) Indonesia University of Depok). International Journal of Advanced Research, 6(5), 66–71. https://doi.org/10.21474/ijar01/7008
Wardani, K., & Dwiningrum, S. I. (2021). Studi Kasus: Peran Orang Tua dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah dasar Seruma. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5, No 1, M, 69–75. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.6409
Wartini, S. (2018). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Karakter Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Ceria, 1(2), 2614–4107. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p21-27
Wirawan. (2016). Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.