Konsep Tujuan Pendidikan Islam pada Anak Usia Dini Berbasis Pendekatan Holistik Integratif

Author


Akbar Aisya Billah(1Mail), Achmad Nasrul Chaq(2), Iyoh Mastiyah(3), Basuki Basuki(4),
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia(1)
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia(2)
Badan Riset Inovasi Nasional,
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 300KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 580 times PDF Downloaded: 322 times

Abstract


Pemahaman akan tujuan pendidikan merupakan inti dari suksesnya sebuah pendidikan. Seorang pendidik jika melaksanakan proses mengajar dengan hanya sekedar menyampaikan pelajaran tanpa menekankan dan merencanakan tujuan dari pembelajaran tersebut, akan menimbulkan sebuah bahaya yang sangat jelas bagi anak didik, karena pendidikan tanpa tujuan merupakan sebuah proses yang tidak akan mencapai hasil yang maksimal dan hanya berjalan sebagai rutinitas saja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil penerapan tujuan pendidikan Islam berbasis pendekatan holistik integratif pada anak usia dini dengan melihat berbagai fenomena penurunan kulaitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan sumber utama buku Ahdaf At-Tarbiyah Al-Islamiyah karya Dr. Majid Irsan Al-Kailaniy dan buku Ushul At-Tarbiyah wa At-Ta’lim yang mencakup tentang konsep pendidikan Islam. Penelitian ini menghasilkan: (1) Pentingnya peran tujuan dalam proses pendidikan (2)Krisis pendidikan zaman sekarang terhadap tujuan pendidikan (3) Definisi “Amal Shaleh”dalam pendidikan Islam (4) Pendidikan akal (At-tarbiyah Al-‘aqliyah) berbasis pendekatan holistik integratif (5) Pendidikan akhlaq (At-tarbiyah Al-khuluqiyah) berbasis pendekatan holistik integratif (6) Pendidikan jasmani (At-tarbiyah Al-jismiyah) berbasis pendekatan holistik integratif


Keywords


pendidikan islam; holistik integratif; anak usia dini

References


Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480

Akromah, J., & Rohmah, L. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kognitif Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-05

Al-Attas, S. M. N. (1981). Islam dan Sekularisme. Pustaka.

Al-Kailaniy, D. M. I. (1988). ahdaf al-tarbiyah al-islamiyah. Maktabah Daar at-turats.

Al-Nahlawi, A. (1979). Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibiha. Dar al-Fikr.

Al Manaanu, Y., Halim, F., Fadillah, N. H., & Jiatrahman, F. (2021). Pendidikan Jiwa Prespektif Ibn Qayyim Al Jauziyyah: Kritik Terhadap Pendidikan Jiwa di Barat. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(1), 165–182. https://doi.org/10.24042/ajsk.v21i1.8283

Atin Risnawati, & Dian Eka Priyantoro. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran | As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i1.2928

Ayu, P. E. S. (2019). Pentingnya Pemahaman Bahasa Tubuh Bagi Para Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 29–36. https://doi.org/10.55115/purwadita.v3i2.359

Bahroni, M. (2018). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Taisirul Khalaq Karya Syaikh Khafidh Hasan Al-Mas’udi. Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(3), 343–356. https://doi.org/10.33367/intelektual.v8i3.728

Cahyani, A. D., Yulianingsih, W., & Roesminingsih, M. (2021). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1054–1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1130

Dalimunthe, L. A. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Kajian Gender dan Anak, 04(2), 113–122. https://doi.org/10.24952/gender.v5i2.4554

Evanirosa, Christina Bagenda, Hasnawati, Fauzana Annova, Khisna Azizah, Nuraeni, Maisarah, R., & Ali, Muwafiqus Shobri, M. A. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Media Sains Indonesia.

Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500

Gaol, N. T. L. (2020). Sejarah Dan Konsep Manajemen Pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(1), 79–88. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i1

Hera, T., & Nurdin, N. (2019). Kontribusi Motivasi Mahasiswa Dalam Proses Kreatif Penciptaan Tari Pada Mata Kuliah Koreografi. Jurnal Sitakara, 4(1). https://doi.org/10.31851/sitakara.v4i1.2558

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Izzati, H. (2021). Potensi Pembelajaran Manusia : Perspektif Neurosains Dan Islam. Journal Of Alifbata: Journal of Basic Education (JBE), 1(1), 64–77. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.89

Jannah, M. (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

Jayanti, G. D., Setiawan, F., Azhari, R., & Putri Siregar, N. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i1.618

Jumiatin, D., Windarsih, C. A., & Sumitra, A. (2020). Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Purwakarta. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p%25p.1715

Kholisoh Nur Aini, A. M. (2022). Efektifitas Gamemarbel Muslim Kidspada Mata Pelajaran Pai Untuk Meningkatkan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Paramurobi, 5(8.5.2017), 2003–2005. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v5i1.2382

Luviadi, A. (2019). Urgensi Penerapan Nilai nilai Keimanan untuk Meningkatkan Akhlak Mulia pada Anak. Jurnal Ta’lim, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.36269/ta’lim.v0i0.84

Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. PT. Al-ma’arif.

Mawikere, M. C. S., & Hura, S. (2021). Kajian Mengenai Konteks dan Strategi Pembelajaran yang Relevan bagi Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kalasey Satu, Minahasa. Tumou Tou Jurnal Ilmiah, 8(2), 82–103. https://doi.org/10.51667/tt.v8i2.513

Mira, Marisa, S. an N. (2021). Kepemimpinan Transformasional, Trend Kepemimpinan Pendidikan di Era Global. Sosioedukasi, 10(2), 257–270. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v10i2.1553

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049

Nudin, B. (2020). Konsep pendidikan Islam pada remaja. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), XI(1), 63–74. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).63-74

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang –Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 3(2), 79–92. https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.123

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221–239. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.948

Rasyid, I. (2019). Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan , Kurikulum , Metode Pembelajaran, dan Guru Ibn Sina’s Educational Concept of Educational Objectives, Curriculum, Learning Methods , and Teachers. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18, 18(1), 779–790. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.368

Roesli, M., Syafi, A., & Amalia, A. (2018). Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, IX(2), 2549–4171. https://doi.org/10.30739/darussalam.v9i2.234

Rosadi, A., & Erihadiana, M. (2021). Reorientasi Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era Disrupsi Teknologi. Quality, 9(2), 231. https://doi.org/10.21043/quality.v9i2.12024

Rosidi, R. (2019). Konsep Pendidikan Anak Prasekolah Dalam Perspektif Ibn Qayyim Al-Jawziyyah. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i1.869

Rusydi, A. H. (2019). Arah Kurikulum Pendidikan Pesantren Dalam Ekologi Zaman Kontemporer. Islamic Akademika : Jurnal Pendidikan & Keislaman, 6(2), 1–22. https://doi.org/10.230303/staiattaqwa.v6i2.86

Salabi, A. S. (2020). Efektivitas dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Journal of Science and Research, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177

Salati, S. (2020). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Islam. Tarbiyah Islamiyah. https://doi.org/10.18592/jtipai.v2i1.1868

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74–81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10

Sutrisno Ahmad, Ali Syarqowi, Rif’at Husnul Ma’afi, Agus Budiman, A. H. Z. (2011). Ushul At tarbiyah wa At ta ’ lim. Darussalam Press.

Tafsir, A. (2000). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam ,. Remaja Rosdakarya.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Umam, K. (2019). Membaca Pendidikan Islam di Era Disrupsi: Perspektif Strukturalisme Transendental. Journal of Islamic Education Research, 1(01), 51–64. https://jier.iain-jember.ac.id/index.php/jier/article/view/15

Unjunan, O. P., & Budiartati, E. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Sekar Nagari Unnes. E-Plus, 5(2), 174–189. https://doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9258

Wiwiek Afifah, D. Z. (2019). Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory dan Hermeneutika Dalam Penelitian (R. Damayanti (ed.)). Pt Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.