Abstract


Media merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran. Namun, saat ini ketersediaan media pembelajaran dalam mengenalkan huruf hijaiyah bagi anak usia dini khususnya usia 2 sampai 4 tahun masih terbatas, disebabkan karena media pembelajaran belum banyak dikhususkan untuk anak usia dibawah 5 tahun dan bahkan masih sedikit  penelitian terkait media pembelajaran yang sesuai atau cocok untuk anak usia 2 sampai 4 tahun, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pengembangan media soft book. Penelitian  ini  merupakan  jenis  penelitian  pengembangan  (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa media soft book untuk pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini. Hasil penelitian terhadap media pembelajaran soft book yang valid adalah media yang sesuai dengan kurikulum, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran PAUD, dapat mendorong aktifitas dan kreativitas anak, bahan pembuatan media soft book tidak berbahaya bagi anak, proporsional atau kemenarikan layout cover/ sampul depan, cetakan dan jilid dilakukan dengan rapi, kesesuaian ukuran, warna media bagi anak dan keterkaitan materi dengan proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk media soft book untuk pengenalan huruf hijaiyah sudah valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini dalam mengenalkan huruf hijaiyah.


Keywords


huruf hijaiyah; media soft book; anak usia dini