Pengembangan Soft Book sebagai Media Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini

Author


Cut Sarna Alfina(1Mail), Puji Yanti Fauziah(2), Dina Amalia(3), Karima Ulya Ulfah(4),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Syiah Kuala, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 554KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 101 times PDF Downloaded: 30 times

Abstract


Media merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran. Namun, saat ini ketersediaan media pembelajaran dalam mengenalkan huruf hijaiyah bagi anak usia dini khususnya usia 2 sampai 4 tahun masih terbatas, disebabkan karena media pembelajaran belum banyak dikhususkan untuk anak usia dibawah 5 tahun dan bahkan masih sedikit  penelitian terkait media pembelajaran yang sesuai atau cocok untuk anak usia 2 sampai 4 tahun, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pengembangan media soft book. Penelitian  ini  merupakan  jenis  penelitian  pengembangan  (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa media soft book untuk pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini. Hasil penelitian terhadap media pembelajaran soft book yang valid adalah media yang sesuai dengan kurikulum, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran PAUD, dapat mendorong aktifitas dan kreativitas anak, bahan pembuatan media soft book tidak berbahaya bagi anak, proporsional atau kemenarikan layout cover/ sampul depan, cetakan dan jilid dilakukan dengan rapi, kesesuaian ukuran, warna media bagi anak dan keterkaitan materi dengan proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk media soft book untuk pengenalan huruf hijaiyah sudah valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini dalam mengenalkan huruf hijaiyah.


Keywords


huruf hijaiyah; media soft book; anak usia dini

References


Cahyadi, C., Djaelani, & Ruli, H. (2016). Hubungan antara konsentrasi belajar dengan kemampuan menghafal Al-Quran pada kelompok B di PAUD palma, banjarsari surakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–7. http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/771

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: Teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).

Ismawati, C. (2016). Upaya meningkatkan daya ingat anak melalui metode one day one ayat Pada anak kelompok B1 di TK masyithoh al-iman bandung jetis pendowoharjo sewon bantul. Jurnal Pendidikan Guru PAUD, 1(3), 337–348. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/1264

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 146 tentang kurikulum 2013 PAUD. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Laely, K., & Ma’arif, K. (2019). Pemanfaatan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah (Penelitian pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Tempurejo I, Kabupaten Magelang). Elementary School, 4(1), 83–89. http://upy.ac.id/ojs/index.php/ES/article/view/1140

Latifaturrohmah, U. (2018) Korelasi Kemampuan Tahfidz Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Mi Al Ma’arif Karangsari Tanggamus Tahun Ajaran 2018/2019 (Studi pada Peserta Didik Kelas IV Semester Ganjil Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Al Ma’arif Karangsari Tanggamus ). UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/991

Marhena, D. (2015). Perancangan Buku Bantal Sebagai Media Pengenalan Permainan Tradisional Untuk Anak Di Paud Dewantara Pratama Boyolali. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/21722

Polapa, I. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Andragogis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar. Irfani, 11(1).

Sarah, P. (2018). Upaya Meningkatkan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk/Ra As-Sa’adah Jalan Medan Area Selatan Gg. Usman Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/4958

Sartika, D., Amiroh, & Nisrokha. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku bergambar dalam mengenalkan huruf hijaiyah di RA bani fuad syihabuddin. Jurnal Al-Miskawaih, 2(2), 119–140. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/al-miskawaih/article/view/363

Siwanti, D. (2012). Meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode vakt dengan media plastisin bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(September), 122–133. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/767

Soekatri, & Moesijanti. (2020). Normalkah pertumbuhan dan perkembangan si buah hati ? Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://fikes.upnvj.ac.id/uploads/files/2020/Juni/Gizi/Pemateri_1_UPN_PERT UMBUHAN_DAN_PERKEMBANGAN_ANAK_FINAL1.pdf

Wulandari, R. P. (2020). Pengaruh Media Softbook Waterproof Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Cilacap. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/38626


Refbacks

  • There are currently no refbacks.