- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Soft Book sebagai Media Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4233Keywords:
huruf hijaiyah, media soft book, anak usia diniAbstract
Media merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran. Namun, saat ini ketersediaan media pembelajaran dalam mengenalkan huruf hijaiyah bagi anak usia dini khususnya usia 2 sampai 4 tahun masih terbatas, disebabkan karena media pembelajaran belum banyak dikhususkan untuk anak usia dibawah 5 tahun dan bahkan masih sedikit  penelitian terkait media pembelajaran yang sesuai atau cocok untuk anak usia 2 sampai 4 tahun, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pengembangan media soft book. Penelitian  ini  merupakan  jenis  penelitian  pengembangan  (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa media soft book untuk pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini. Hasil penelitian terhadap media pembelajaran soft book yang valid adalah media yang sesuai dengan kurikulum, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran PAUD, dapat mendorong aktifitas dan kreativitas anak, bahan pembuatan media soft book tidak berbahaya bagi anak, proporsional atau kemenarikan layout cover/ sampul depan, cetakan dan jilid dilakukan dengan rapi, kesesuaian ukuran, warna media bagi anak dan keterkaitan materi dengan proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk media soft book untuk pengenalan huruf hijaiyah sudah valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini dalam mengenalkan huruf hijaiyah.
Downloads
References
Cahyadi, C., Djaelani, & Ruli, H. (2016). Hubungan antara konsentrasi belajar dengan kemampuan menghafal Al-Quran pada kelompok B di PAUD palma, banjarsari surakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–7. http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/771
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: Teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).
Ismawati, C. (2016). Upaya meningkatkan daya ingat anak melalui metode one day one ayat Pada anak kelompok B1 di TK masyithoh al-iman bandung jetis pendowoharjo sewon bantul. Jurnal Pendidikan Guru PAUD, 1(3), 337–348. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/1264
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 146 tentang kurikulum 2013 PAUD. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Laely, K., & Ma’arif, K. (2019). Pemanfaatan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah (Penelitian pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Tempurejo I, Kabupaten Magelang). Elementary School, 4(1), 83–89. http://upy.ac.id/ojs/index.php/ES/article/view/1140
Latifaturrohmah, U. (2018) Korelasi Kemampuan Tahfidz Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Mi Al Ma’arif Karangsari Tanggamus Tahun Ajaran 2018/2019 (Studi pada Peserta Didik Kelas IV Semester Ganjil Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Al Ma’arif Karangsari Tanggamus ). UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/991
Marhena, D. (2015). Perancangan Buku Bantal Sebagai Media Pengenalan Permainan Tradisional Untuk Anak Di Paud Dewantara Pratama Boyolali. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/21722
Polapa, I. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Andragogis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar. Irfani, 11(1).
Sarah, P. (2018). Upaya Meningkatkan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk/Ra As-Sa’adah Jalan Medan Area Selatan Gg. Usman Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/4958
Sartika, D., Amiroh, & Nisrokha. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku bergambar dalam mengenalkan huruf hijaiyah di RA bani fuad syihabuddin. Jurnal Al-Miskawaih, 2(2), 119–140. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/al-miskawaih/article/view/363
Siwanti, D. (2012). Meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode vakt dengan media plastisin bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(September), 122–133. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/767
Soekatri, & Moesijanti. (2020). Normalkah pertumbuhan dan perkembangan si buah hati ? Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://fikes.upnvj.ac.id/uploads/files/2020/Juni/Gizi/Pemateri_1_UPN_PERT UMBUHAN_DAN_PERKEMBANGAN_ANAK_FINAL1.pdf
Wulandari, R. P. (2020). Pengaruh Media Softbook Waterproof Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Cilacap. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/38626