- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Guru Taman Kanak-kanak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4213Keywords:
supervisi akademik, kinerja guru, motivasi guru.Abstract
Kualitas kinerja guru dalam pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam proses pendidikan di sekolah, karena guru merupakan ujung tombak dalam pendidikan. Kualitas kinerja guru dalam pembelajaran meliputi kemampuan guru dalam merancang, melaksanakan, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Namun, tidak semua guru memiliki kinerja yang optimal karena berbagai kendala. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui motivasi guru Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode survey korelasional. Sampel penelitian ini melibatkan guru dan kepala sekolah Taman Kanak-kanak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan uji analisis jalur (pathway analysis). Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Sedangkan hasil analisis jalur menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh motivasi guru terhadap pengaruh supervisi akademik pada kinerja guru. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru tidak dimediasi oleh motivasi guru. Kegiatan supervisi akademik perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kinerja guru.
Downloads
References
Amir, M. (2018). Pengaruh Supervisi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Yang Di Mediasi Variabel Motivasi Kerja Guru Sma Negeri 1 Maumere. Manajemen Bisnis, 7(2), 129–138. https://doi.org/10.22219/jmb.v7i2.7007
Andriani, D. (2019). Pengaruh Pembinaan, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Paud Kec. Talang Kelapa. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 38. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2628
Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11
Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Menigkatkan Kompetensi Guru Di Sd Laboratorium Uksw. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465
Doko, R. T., Niha, S. S., & Manafe, H. A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik melalui Disiplin Kerja sebagai Mediasi terhadap Kinerja Guru ( Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan ). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 106–116. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1163
Fahik, Y. S., Wahyono, & Amin, Y. (2016). Peran Mediasi Motivasi Kerja dan Stress Kerja atas Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Educational Management, 5(2), 163–175. https://doi.org/10.4324/9780203463383
Farida, S., & Jamilah, F. (2020). Pengaruh Kompetensi Supervisor Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Di Mi Nurul Hidayah Jrengik Sampang Tahun Pelajaran 2018/2019. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan …, 07(01), 28–50. https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.20
Hadiati, E. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru MTS Muhamadiyah Sukarame Bandar Lampung. Komunika, 1(2), 192–209. https://doi.org/10.24042/komunika.v1i2.4749
Hardiasyah, & Nashruddin, M. (2019). Faktor-faktor Motivasi yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dinas Sosial Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 30–42. https://doi.org/10.31328/jim.v5i1.933
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159
Hasanah, U. (2014). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(2), 123–135. https://doi.org/10.17509/jap.v21i2.6685
Kagema, J., & Irungu, C. (2018). an Analysis of Teacher Performance Appraisals and Their Influence on Teacher Performance in Secondary Schools in Kenya. International Journal of Education, 11(1), 93. https://doi.org/10.17509/ije.v11i1.11148
Karsiyem, K., & Wangid, M. N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus Iii Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 201–212. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337
Karwati, W. (2019). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SDN Santaka Kecamatan Cimanggung Dalam Melaksanakan Standar Proses Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 6(1), 41–97. https://doi.org/10.17509/jppd.v6i1.21522
Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi Dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269
Listriana, Manisah, & Yusreo, H. (2022). Pengaruh Pengawasan dan Budaya Kerja terhadap Motivasi Kerja serta Dampaknya pada Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Palembang. MOTIVASI: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.32502/mti.v7i2.5231
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Rismawan, E. (2015). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXII(1), 114–132. https://doi.org/10.17509/jap.v22i1.5925
Sampurno, D., & A, W. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru di SMK Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.21009/JPEB
Sibarani, M. (2020). Kinerja Pendidik Yang Maximal Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.47457/phr.v2i1.32
Siregar, M. D. (2015). Kinerja Guru Dalam Mengelola Proses Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa. Jurnal Education, 10(2), 233–247. https://doi.org/10.29408/edc.v10i2.171
Syiriadi, S., Wahyudi, W., & Suib, H. M. (2016). Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 5(10), 1–13. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i10.16907
Trie Wulandari, Fadillah, S. L. (2015). Analisis Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 4(11), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12221
Usman, I. (2022). Meneliti Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai. Jesya, 5(2), 1178–1192. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.717
Wibowo, D. B., Qasim, A., & Hidayat, T. (2020). Peranan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2019-2020. WIDYA BALINA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.107
Wiyono, D., Dwiyono, G., Permana, T. E., Setiadi, H., & Bastian, Z. (2022). Analisis Peran Motivasi dalam Memediasi Hubungan antara Supervisi dan Lingkungan Kerja dengan Efektivitas Kerja Karyawan ( Studi Kasus di Yayasan Pendidikan Ariyanti ). Cakrawala: Management Business Journal, 5(2), 198–216. https://doi.org/10.30862/cm-bj.v5i2.199
Yawan, R. (2016). Pengaruh motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan Kepsek terhadap kinerja guru SD Biak Numfor, Papua. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12949
Zulkifli. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai: Kepemimpinan, Motivasi Dan Kepuasan Kerja (Studi Literature Review Msdm). Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 414–423. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Zulkifli, M., Darmawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 148–155. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.379