Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Guru Taman Kanak-kanak

Authors

  • Wiwik Lestari Suwondo Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-1825-0097
  • Sugiyo Sugiyo Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Semarang,
  • Joko Sutarto Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang,

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4213

Keywords:

supervisi akademik, kinerja guru, motivasi guru.

Abstract

Kualitas kinerja guru dalam pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam proses pendidikan di sekolah, karena guru merupakan ujung tombak dalam pendidikan. Kualitas kinerja guru dalam pembelajaran meliputi kemampuan guru dalam merancang, melaksanakan, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Namun, tidak semua guru memiliki kinerja yang optimal karena berbagai kendala. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui motivasi guru Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode survey korelasional. Sampel penelitian ini melibatkan guru dan kepala sekolah Taman Kanak-kanak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan uji analisis jalur (pathway analysis). Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Sedangkan hasil analisis jalur menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh motivasi guru terhadap pengaruh supervisi akademik pada kinerja guru. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru tidak dimediasi oleh motivasi guru. Kegiatan supervisi akademik perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. (2018). Pengaruh Supervisi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Yang Di Mediasi Variabel Motivasi Kerja Guru Sma Negeri 1 Maumere. Manajemen Bisnis, 7(2), 129–138. https://doi.org/10.22219/jmb.v7i2.7007

Andriani, D. (2019). Pengaruh Pembinaan, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Paud Kec. Talang Kelapa. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 38. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2628

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11

Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Menigkatkan Kompetensi Guru Di Sd Laboratorium Uksw. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465

Doko, R. T., Niha, S. S., & Manafe, H. A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik melalui Disiplin Kerja sebagai Mediasi terhadap Kinerja Guru ( Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan ). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 106–116. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1163

Fahik, Y. S., Wahyono, & Amin, Y. (2016). Peran Mediasi Motivasi Kerja dan Stress Kerja atas Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Educational Management, 5(2), 163–175. https://doi.org/10.4324/9780203463383

Farida, S., & Jamilah, F. (2020). Pengaruh Kompetensi Supervisor Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Di Mi Nurul Hidayah Jrengik Sampang Tahun Pelajaran 2018/2019. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan …, 07(01), 28–50. https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.20

Hadiati, E. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru MTS Muhamadiyah Sukarame Bandar Lampung. Komunika, 1(2), 192–209. https://doi.org/10.24042/komunika.v1i2.4749

Hardiasyah, & Nashruddin, M. (2019). Faktor-faktor Motivasi yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dinas Sosial Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 30–42. https://doi.org/10.31328/jim.v5i1.933

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Hasanah, U. (2014). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(2), 123–135. https://doi.org/10.17509/jap.v21i2.6685

Kagema, J., & Irungu, C. (2018). an Analysis of Teacher Performance Appraisals and Their Influence on Teacher Performance in Secondary Schools in Kenya. International Journal of Education, 11(1), 93. https://doi.org/10.17509/ije.v11i1.11148

Karsiyem, K., & Wangid, M. N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus Iii Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 201–212. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337

Karwati, W. (2019). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SDN Santaka Kecamatan Cimanggung Dalam Melaksanakan Standar Proses Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 6(1), 41–97. https://doi.org/10.17509/jppd.v6i1.21522

Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi Dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269

Listriana, Manisah, & Yusreo, H. (2022). Pengaruh Pengawasan dan Budaya Kerja terhadap Motivasi Kerja serta Dampaknya pada Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Palembang. MOTIVASI: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.32502/mti.v7i2.5231

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Rismawan, E. (2015). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXII(1), 114–132. https://doi.org/10.17509/jap.v22i1.5925

Sampurno, D., & A, W. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru di SMK Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.21009/JPEB

Sibarani, M. (2020). Kinerja Pendidik Yang Maximal Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.47457/phr.v2i1.32

Siregar, M. D. (2015). Kinerja Guru Dalam Mengelola Proses Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa. Jurnal Education, 10(2), 233–247. https://doi.org/10.29408/edc.v10i2.171

Syiriadi, S., Wahyudi, W., & Suib, H. M. (2016). Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 5(10), 1–13. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i10.16907

Trie Wulandari, Fadillah, S. L. (2015). Analisis Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 4(11), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12221

Usman, I. (2022). Meneliti Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai. Jesya, 5(2), 1178–1192. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.717

Wibowo, D. B., Qasim, A., & Hidayat, T. (2020). Peranan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2019-2020. WIDYA BALINA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.107

Wiyono, D., Dwiyono, G., Permana, T. E., Setiadi, H., & Bastian, Z. (2022). Analisis Peran Motivasi dalam Memediasi Hubungan antara Supervisi dan Lingkungan Kerja dengan Efektivitas Kerja Karyawan ( Studi Kasus di Yayasan Pendidikan Ariyanti ). Cakrawala: Management Business Journal, 5(2), 198–216. https://doi.org/10.30862/cm-bj.v5i2.199

Yawan, R. (2016). Pengaruh motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan Kepsek terhadap kinerja guru SD Biak Numfor, Papua. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12949

Zulkifli. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai: Kepemimpinan, Motivasi Dan Kepuasan Kerja (Studi Literature Review Msdm). Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 414–423. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Zulkifli, M., Darmawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 148–155. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.379

Downloads

Published

27-12-2023

How to Cite

Suwondo, W. L., Sugiyo, S., & Sutarto, J. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Guru Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7329–7337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4213

Issue

Section

Articles