
Author
Istikomah Azizah(1

Pendidikan Anak Usia Dini,, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2023-03-24
Copyright (c) 2023 Istikomah Azizah, Cepi Safruddin Abd Jabar
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 451 times
PDF Downloaded: 194 times
Abstract
Keterampilan menulis dan manipulasi objek memiliki dampak yang signifikan terhadap keterampilan literasi dan numerasi siswa kelas dua. Lebih lanjut, semua kegiatan KMH (keterampilan motorik halus) mendorong anak untuk berperilaku mandiri dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan KMH. Informasi kejelasan bagaimana metode demonstrasi digunakan dan kegiatan yang dapat mendukung pelaksanaannya akan diulas dalam artikel ini. Data yang dikumpulkan berasal dari artikel yang sudah dipilih berdasarkan topik pembahasan yang relevanMetode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dengan teknik analisis tema. Hasilnya, tiga tema yang muncul berdasarkan hasil analisis data yaitu strategi penggunaan metode demonstrasi, kegiatan yang didukung oleh penggunaan metode demonstrasi, dan kelemahan metode demonstrasi. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan untuk guru PAUD ketika mengimplementasikan metode demonstrasi di kelas
Keywords
References
Ana Sari, I. O., & ’Aziz, H. (2019). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 191–204. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-05
Angginingsih, N. N. N., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menggunting Pada Anak Usia Dini Melalui Media Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 277. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36621
Asmara, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting di Kelompok A Tk Khadijah Surabaya. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 11–23. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.16163
Astini, B. N., & Nurhasanah, D. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15678
Bahfen, M., Khaerunnisa, Hadi, M. S., Madyawati, L., & Sulistyaningtyas, R. E. (2020). Improving Number Ability Through Demonstration Method in Children Aged 4–5 Years. Improving Number Ability Through Demonstration Method in Children Aged 4-5 Years, 436, 1099–1101. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.230
Basheer, A., Hugerat, M., Kortam, N., & Hofstein, A. (2017). The effectiveness of teachers’ use of demonstrations for enhancing students’ understanding of and attitudes to learning the oxidation-reduction concept. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 555–570. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00632a
Bhatia, P., Davis, A., & Shamas-Brandt, E. (2015). Educational Gymnastics: The Effectiveness of Montessori Practical Life Activities in Developing Fine Motor Skills in Kindergartners. Early Education and Development, 26(4), 594–607. https://doi.org/10.1080/10409289.2015.995454
Carlson, A. G., Rowe, E., & Curby, T. W. (2012). Disentangling Fine Motor Skills ’ Relations to Academic Achievement : The Relative Contributions of Visual-Spatial Integration and Visual-Motor Coordination. The Journal of Genetic Psychology : Research and Theory on Human Development, February 2015, 37–41. https://doi.org/10.1080/00221325.2012.717122
Crowley, K. (2014). Child Development: A Practical Introduction. Sage.
Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327
Dinehart, L., & Manfra, L. (2013). Early Education and Development Associations Between Low-Income Children ’ s Fine Motor Skills in Preschool and Academic Performance in Second Grade Associations Between Low-Income Children ’ s Fine Motor Skills in Preschool and Academic Performance in Se. Early Education and Development, 24(2), 138–161. https://doi.org/10.1080/10409289.2011.636729
Folounrunso, B. E. (2017). Relative Effectiveness of Guided Discovery and Demonstration Teaching Techniques on Students ’ Performance in Chemistry in Senior Secondary Schools in Ile-Ife, Nigeria. European Journal of Education Studies, 3(9), 663–678. https://doi.org/10.5281/zenodo.999983
Hamilton, M., & Liu, T. (2018). The Effects of an Intervention on the Gross and Fine Motor Skills of Hispanic Pre-K Children from Low SES Backgrounds. Early Childhood Education Journal, 46(2), 223–230. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0845-y
Hamilton, M., Liu, T., & ElGarhy, S. (2017). The Relationship Between Body Weight and Motor Skill Competence in Hispanic Low-SES Preschool Children. Early Childhood Education Journal, 45(4), 529–535. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0785-y
Hayati, T., & Tawati, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Kertas Kokoru. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 4(2), 30-42. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/12714
Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak Jilid 1 (M. M. Tjandrasa & Muslichah Zarkasih (eds.)). Erlangga.
Hussain, M. A. (2020). Effectiveness of Demonstration Method to Teach the Abstract Concepts to the Children Between the Age of Six to Ten. an Experimental Research. International Journal of Education (IJE), 8(2), 23–32. https://doi.org/10.5121/ije.2020.8203
Inah, E. N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Metode Demonstrasi Di Ra Annur Baruga Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 12(1), 37–55. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-izzah/article/view/530
ISFARIDA, I., Risnita, R., & Yusria, Y. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menggunting Dengan Media Origami Pada Anak Kelompok B Di Tk Negeri Pembina Singkep Barat [Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi]. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10216
Karmila, W. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Polaris di Kelompok A TK Muslimat NU Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 36–49. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no12022pp36-49
Mariyani, L. (2017). Meningkatkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Melipat Menggunakan Metode Demonstrasi Di TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Jurnal Care; CHildren Advisory Research and Education, 5(1), 11–21. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3960
Moka, S. A., Puspita, N. L. M., & Saidah, H. (2020). Pengaruh Kegiatan Menempel Gambar Teknik Mozaik Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 2(1), 24. https://doi.org/10.30737/jumakes.v2i1.1192
Nurdini, H. S., Mangkuwibawa, H., & Syamiah, S. (2018). Kemampuan Salat Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 1(1), 98–105. https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3388
Paujiah, P. (2019). Stimulasi Motorik Halus pada Kegiatan Menggunting Kelompok A di Paud Jannatul Athfal Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), 47–62. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i1.1730
Pratiwi, D. A., & Rahmah, L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Main Peran untuk Mengembangkan Motorik Halus AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 181–190. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-04
Purnama, A., Yus, A., Yus, A., & Wau, Y. (2020). The Profile of Fine Motor Development Achievement in Children of Island (5-6 Years Old) in Teulaga Tujuh Langsa Village. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 127–132. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.764
Rahayu, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Demonstrasi Teknik Showing-Doing-Telling Dengan Melipat Menggunakan Media “KACA.” AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 63–71. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no12022pp63-71
Ratcliffe, I., Franzsen, D., & Bischof, F. (2011). Development of a Scissors Skills Programme for Grade 0 Children in South Africa -- A Pilot Study. South African Journal of Occupational Therapy, 41(2), 24–32. http://www.scielo.org.za/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S2310-38332011000200006
Rejeki, S., & Willem, B. I. (2019). Upaya Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa SMA Negeri 2 Donggo. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 48. https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.858
Revormis, R., & Saridewi, S. (2022). Teacher’s Strategies in Developing 5-6 Years Old Kindergarteners’ Fine Motor Skills: A Study in Pesisir Selatan, West Sumatra, Indonesia. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.35719/gns.v3i1.81
Sola, A. O., & Ojo, O. E. (2007). Effects of project, inquiry and lecture-demonstration teaching methods on senior secondary students’ achievement in separation of mixtures practical test. Educational Research and Review, 2(6), 124–132. https://eric.ed.gov/?id=EJ900156
Sriani, A., Koesmadi, D. P., & Wijayanti, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Kolase Media Daun Ketepeng. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.2
Suggate, S., Stoeger, H., & Pufke, E. (2016). Relations between Playing Activities and Fine Motor Development. Early Child Development and Care, 4430(April), 0–14. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1167047
Tarmidi, N. A. Z. A., & Abu Bakar, K. (2022). The Use of Cutting Kit in Improving Young Children’s Scissor Skills. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 11(2), 306–320. https://doi.org/10.6007/ijarped/v11-i2/13162
Taznidaturrohmah, Y. E., Pramono, P., & Suryadi, S. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Dinoyo 01 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 20–26. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.29805
Valentina, F., Wulandari, E., & Nuraeni, L. (2019). Upaya Untuk Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Aktivitas Origami Dengan Metode Demonstrasi Pada Anak-Anak Kelompok B Di Tk Bina Nusantara. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(4), 1. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i4.p1-6
Waslimah, E., Alim, M. L., & Syahrial, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Metode Demonstrasi dalam Pemanfaatan Bahan Bekas. Journal of Education Research, 1(3), 265–275. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/31
Widayati, S., Rinakit Adhe, K., Nafisa, F., & Faiza Silvia, E. (2019). Tahapan Menggunting dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 1(2), 50–57. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1402
Wulandari, N. made A., & Pudjawan, I. K. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 290–297. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15716
Zhang, L., Sun, J., Richards, B., Davidson, K., & Rao, N. (2018). Motor Skills and Executive Function Contribute to Early Achievement in East Asia and the Pacific. Early Education and Development, 29(8), 1061–1080. https://doi.org/10.1080/10409289.2018.1510204
Refbacks
- There are currently no refbacks.