- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peran Literasi dan Read Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4185Keywords:
kegiatan literasi, read aloud, keterampilan bahasaAbstract
Perkembangan bahasa anak usia dini sangat penting karena komunikasi yang berhasil dengan orang lain sangat penting untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran seseorang. Penelitian ini menggunakan sampel 17 orang dan populasi 20 peserta PAUD untuk mengkaji dampak literasi dan membaca nyaring terhadap perkembangan kemampuan berbahasa pada anak usia dini. Kuesioner dengan analisis regresi linier berganda berfungsi sebagai alat studi. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 72,6%, yang menjelaskan bagaimana literasi dan aktivitas yang melibatkan membaca nyaring berdampak pada keterampilan berbahasa. Menurut hasil uji hipotesis, membaca nyaring berdampak pada kemampuan berbahasa sedangkan kegiatan terkait literasi tidak. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memberikan anak-anak buku yang menarik untuk dibaca, orang tua dapat didorong untuk membantu anak-anak mereka melatih kemampuan bahasa mereka. Selain itu, orang tua atau guru di sekolah dapat mendorong anak untuk membaca dengan suara keras sehingga mereka dapat mempertahankan informasi yang dibaca serta membangun kepercayaan diri mereka sehingga mereka dapat menyampaikan pikiran dan perasaan mereka saat berbicara kepada orang lain.
Downloads
References
Agustini. (2019). Meningkatkan Pemahaman Berbahasa melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2526
Anjani, Nyoman, & Gde. (2019). Pengaruh Implementasi Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2869
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/646
Bendezú, J. J., Tan, P. Z., Armstrong, L. M., B.Reitz, E., & M.Wolf, R. (2019). Child Language and Parenting Antecedents and Externalizing Outcomes of Emotion Regulation Pathways across Early Childhood: A Person-Centered Approach. Physiology & Behavior, 176(3), 139–148. https://doi.org/10.1017/s0954579417001675
Bleses, D., Dale, P. S., Justice, L., Højen, A., Vind, B. D., & Jiang, H. (2021). Sustained effects of an early childhood language and literacy intervention through second grade: Longitudinal findings of the SPELL trial in Denmark. PLoS ONE, 16(10 October), 1–23. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0258287
Bruchhage, M. M. K., Ngo, G. C., Schneider, N., D’Sa, V., & Deoni, S. C. L. (2020). Functional connectivity correlates of infant and early childhood cognitive development. Brain Structure and Function, 225(2), 669–681. https://doi.org/10.1007/s00429-020-02027-4
Davies, C., Hendry, A., Gibson, S. P., Gliga, T., McGillion, M., & Gonzalez-Gomez, N. (2021). Early childhood education and care (ECEC) during COVID-19 boosts growth in language and executive function. Infant and Child Development, 30(4), 1–15. https://doi.org/10.1002/icd.2241
Dwi, F., & Utami, T. (2022). Penerapan Metode Read Aloud untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 03(01). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/23793
Faradina. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhamadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280
Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108–114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870
Gatot, & Muhammad. (2018). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak melalui Metode Read Aloud. Jurnal Obor Penmas, 1(1), 56–66. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/OBORPENMAS/article/view/1482
Gilkerson, J., Richards, J. A., Warren, S. F., Oller, D. K., & Rosemary Russo. (2019). Language Experience in the Second Year of Life Predicts Language Outcomes in Late Childhood. Physiology & Behavior, 176(3), 139–148. https://doi.org/10.1542/peds.2017-4276
Hardianto. (2018). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Teks dengan Menggunakan Metode Reading Aloud di Kelas III SDN. No. 028/XI Tanjung Tahun 2017/2018. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 368–373. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/634/552
Herawati, N., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411
Ismaya, I., Elihami, E., & Galib, A. A. C. (2022). Pendidikan Literasi Komunikasi: Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Komunikasi yang Efektif. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1148–1153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3578
Kharizmi. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jupendas, 2(2). http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233
Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015
Kusuma, Siti, & Munif. (2016). Efektivitas Metode Read Aloud terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 506 Tahun. Jurnal FKIP UNS., 6(1), 1–8. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8517
Lecheile, B. M., Spinrad, T. L., Xu, X., Lopez, J., & Eisenberg, N. (2020). Longitudinal relations among household Chaos, SES, and effortful control in the prediction of language skills in early childhood. Developmental Psychology, 56(4), 727–738. https://doi.org/10.1037/dev0000896
Lubis, K., & Nirmalasari, S. (2023). Gambaran Literasi Media Sosial pada Guru RA di Kota Medan. Jurnal Obsesi, 7(2), 1587–1597. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4116
Mulyani, D., Inten, D. N., & Aziz, H. (2022). Bercerita Seraya Berkarya untuk Menumbuhkan Multiliterasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(6), 6450–6461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2976
Priyantini, L. D. E. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi dan Read Aloud terhadap Keterampilan Bahsa Reseptif Anak Usia Dini. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/40920
Reynolds, J. E., Long, X., Grohs, M. N., Dewey, D., & Lebel, C. (2019). Structural and functional asymmetry of the language network emerge in early childhood. Developmental Cognitive Neuroscience, 39(March), 100682. https://doi.org/10.1016/j.dcn.2019.100682
Riza, B., Hutasuhut, S., & Eliza, D. (2023). Pengembangan E-Modul Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 7(2), 1564–1574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4037
Safitri, Aji, & Santhy. (2019). Pengaruh Membaca 15 Menit Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://dmi-journals.org/deiktis/article/view/228
Schwarzer, C., Grafe, N., Hiemisch, A., Kiess, W., & Poulain, T. (2022). Associations of media use and early childhood development: cross-sectional findings from the LIFE Child study. Pediatric Research, 91(1), 247–253. https://doi.org/10.1038/s41390-021-01433-6
Tonra, K., Bone, K., & Permata, S. (2022). Pembinaan Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Komunikasi Pada Siswa di Desa Padatuo. Madaniya, 3(3), 567–572. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/article/view/248
Wahyuni, R. (2022). Pengaruh Pemberian Metode Reading Aloud Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Pada Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Islam Al-Hananni Kelurhan Kenali Asam Bawah Kecamatan Kota Baru. UIN Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/14271
Wartomo. (2017). Membangun Budaya Literasi Sebagai Upaya Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 1–17. http://repository.upy.ac.id/1815
Yumnah. (2017). Membudayakan Membaca dengan Metode Read Aloud. Pancawahana. 12(1), 84–90. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/2907