- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Efektivitas Penggunaan Media Permainan Engklek Maritim untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Maritim Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4183Keywords:
engklek maritim, kesadaran lingkungan, anak usia dini.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya anak usia dini untuk melestarikan lingkungan maritim agar lingkungan tidak rusak. Tujuan penelitian adalah mengembangan media permainan engklek maritim untuk meningkatkan kesadaran lingkungan anak usia dini. Studi ini menggunakan model ADDIE dengan metode pre eksperimen dengan one group pretest – posttest design dengan responden sebanyak 20 anak. Hasil penelitian berupa media permainan engklek maritim yang dapat digunakan guru maupun anak. Hasil uji efektivitas menggunakan SPSS 16 diketahui bahwa t hitung sebesar 35.606 > dati t tabel 2.09 dengan nilai signifikansi 0.000 sehingga nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan engklek maritim efektif digunakan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan maritim anak usia dini, yang dimana anak terlihat dapat dengan mudah memainkan media permaianan engklek maritim bersama teman – temannya, serta pengetahuan anak terhadap kerusakan lingkungan maritim lebih meningkat.
Downloads
References
Adhani, D. N., & Nazarullail, F. (2020). Penerapan Permainan Tradisional Berbahan Dasar Alam Di RA ( Raudatul Athfal ) Di Bangkalan Madura. Jurnal Golden Age, 04(2), 369–378. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2625
Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran ips di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. Pedagogia Jurnal Pendidikan, 2(1), 98–108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50
Arninda, D., & Gravitiani, E. (2021). Menilai Pelestarian Lingkungan Pantai, Studi Literatur Dengan Pendekatan Circular Economy dan Choice Modelling. 19(3), 511–516. https://doi.org/10.14710/jil.19.3.511-516
Binta, Deliana, S. M., & Narendra, A. (2019). E-Darlink Guru Aud (Upaya Meningkatkan Perilaku Kesadaran Lingkungan Pada Anak Usia Dini). Institusi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(3), 245–257. https://doi.org/10.15294/intuisi.v11i3.23665
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Charlesworth, R., & Lind, K. K. (2010). Math & Science For Young Children (Sixth Edit). Wadsworth/Cengage Learning.
Christian, A. J. (2017). Perancangan Media Board Game untuk Meningkatkan Kepedulian Anak-Anak Terhadap Kondisi Laut Indonesia. Publication of Petra University. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/5476
Easman, E. S., Abernethy, K. E., & Godley, B. J. (2018). Assessing public awareness of marine environmental threats and conservation e ff orts. Marine Policy, 87(October 2017), 234–240. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2017.10.030
Fatma, Z., & Maulidiyah, E. C. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Pemahaman Pendidikan Seks Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 08, 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/29856
Fuad, M. A. Z., & Musa, M. (2017). Pengenalan Bidang Kemaritiman Sejak Usia Dini melalui Pembelajaran Tematik Kelautan pada Siswa Taman Kanak Kanak. Jurnal Pendidikan Geografi, 22(2), 93–104. https://doi.org/10.17977/um017v22i22017p093
Hapidin, & Yenina. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 10, 201–212. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.01
Hariyani, I. T. i; F., & Diana, N. (2020). Pengaruh Permainan Engklek Variasi Pada Perkembanganmotorik Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 7(1), 20–28. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i1.936
Hasbi, M., Gunarti, L. dwi, Wujiati, Zukhairina, Ritayanti, U., & Amnah, L. (2019). Pedoman Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD. Direktorat Pembinaan Pendidikan anak usia dini direktorat Jenderal Pendidikan anak usia dini dan Pendidikan masyarakat kementerian Pendidikan dan kebudayaan. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/images/upload/images/2020/Pedoman_Pendidikan_Kemaritiman_di_Satuan_PAUD.pdf
Hazriyanti, & Nasriah. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Perwanis Medan. Jurnal Usia Dini, 5(2), 20–24. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/16202
Horunisa, P. S., & Cahyati, N. (2020). Media Permainan Sunda Manda Robot Bercahaya Untuk Kemampuan Keseimbangan Anak. Jurnal Golden Age, 4(01), 1–11. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1668
Iskandar, Z. (2016). Materi Kelautan Terbatas. Lembaga Lmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). http://lipi.go.id/lipimedia/materikelautan-terbatas/16606
Kencanasari, R. A. V., Surahman, U., & Permana, A. Y. (2019). The Instrumental Framework to Measuring Environmental Awareness. Innovation of Vocational Technology Education (INVOTEC), 15(2), 101–109. https://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/19638
Laely, K., & Yudi, D. (2018). The Impact of Hopscotch Game towards the Growth of Kinesthetic Intelligence on 3-4 Year Old Children. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.23917/ecrj.v1i1.6581
Munasti, Kholida, Fakhriah, S. (2020). Pengembangan Bag Book sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(2), 87–97. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/15375
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19
Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata Di Dki Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16 No. 2, 110–126. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015
Neolaka, A. (2008). Kesadaran Lingkungan. Rineka Cipta.
Nickerson, R. S. (2002). Psychology and Environmental Change (I). Lawrence Erlbaum Associates.
Nopiana, Nurfarida, I., & Suryadi. (2018). Peningkatan Spatial Visual Intelligence Melalui Kegiatan Bermain Engklek. Jurnal Tunas Cendikia, 3(1), 139–150. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/tunascendekia/article/view/1293
Purwani, A., & Fridani, L. (2019). Pengembangan Media Grafis Untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55–67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142
Purwanto, N. (2018). Perilaku Sadar Lingkungan Pemukim Bantaran Sungai Jelai, Kabupaten Sukamara. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota, 14(1), 41–50. https://doi.org/10.14710/pwk.v14i1.17348
Safira, A. R., & Wati, I. (2020). Pentingnya pendidikan lingkungan sejak usia dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), Vol 1 No., 21–25. https://doi.org/10.30587/jieec.v1i1.1592.
Siregar, M., Meilanie, S. M., & Purwanto, A. (2020). Pengenalan Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 719. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.700
Stapp, W. B. (1969). The Concept of Environmental Education. Environmental Education, 1(1), 30–31. https://doi.org/10.1080/00139254.1969.10801479
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. 26). Alfabeta.
Suharti, Hapidin, & Ufiarti. (2020). Marine Science Literacy in Early Childhood. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 51–62. https://doi.org/10.9790/7388-0701035162
Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231–240. https://doi.org/10.21009/jpud.122.04
Utami, F., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933
Victor, B.-N., & Nantwi, W. K. (2020). The State Of Folk Games And Their Educational Implications On Children’s Academic Achievement. African - British Journals, 3(4), 53–64. https://abjournals.org/ajsshr/papers/volume-3/issue-4/the-state-of-folk-games-and-their-educational-implications-on-childrens-academic-achievement
Wang, Y., Bian, Y., Song, Y., Huang, R., Gai, W., Liu, J., Gai, W., & Liu, J. (2020). Exer-Learning: A New Genre Combines Learning, Exercise and Fun for Children. Procedia Computer Science, 174(2019), 735–745. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.06.150
Wardani, C., Sa, N., & Abidin, R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Tematik Kelautan Terhadap Penanaman Karakter Kebaharian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Hang Tuah 12 Surabaya. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 67–72. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/3619
Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektiffan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2810
Wulan, S. (2015). Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. CV Arya Duta.