Efektivitas Penggunaan Media Permainan Engklek Maritim untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Maritim Anak Usia Dini

Authors

  • Inneke Octafia Utami Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Sri Wulan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Hapidin Hapidin Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4183

Keywords:

engklek maritim, kesadaran lingkungan, anak usia dini.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya anak usia dini untuk melestarikan lingkungan maritim agar lingkungan tidak rusak. Tujuan penelitian adalah mengembangan media permainan engklek maritim untuk meningkatkan kesadaran lingkungan anak usia dini. Studi ini menggunakan model ADDIE dengan metode pre eksperimen dengan one group pretest – posttest design dengan responden sebanyak 20 anak. Hasil penelitian berupa media permainan engklek maritim yang dapat digunakan guru maupun anak. Hasil uji efektivitas menggunakan SPSS 16 diketahui bahwa t hitung sebesar 35.606 > dati t tabel 2.09 dengan nilai signifikansi 0.000 sehingga nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan engklek maritim efektif digunakan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan maritim anak usia dini, yang dimana anak terlihat dapat dengan mudah memainkan media permaianan engklek maritim bersama teman – temannya, serta pengetahuan anak terhadap kerusakan lingkungan maritim lebih meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhani, D. N., & Nazarullail, F. (2020). Penerapan Permainan Tradisional Berbahan Dasar Alam Di RA ( Raudatul Athfal ) Di Bangkalan Madura. Jurnal Golden Age, 04(2), 369–378. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2625

Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran ips di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. Pedagogia Jurnal Pendidikan, 2(1), 98–108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50

Arninda, D., & Gravitiani, E. (2021). Menilai Pelestarian Lingkungan Pantai, Studi Literatur Dengan Pendekatan Circular Economy dan Choice Modelling. 19(3), 511–516. https://doi.org/10.14710/jil.19.3.511-516

Binta, Deliana, S. M., & Narendra, A. (2019). E-Darlink Guru Aud (Upaya Meningkatkan Perilaku Kesadaran Lingkungan Pada Anak Usia Dini). Institusi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(3), 245–257. https://doi.org/10.15294/intuisi.v11i3.23665

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Charlesworth, R., & Lind, K. K. (2010). Math & Science For Young Children (Sixth Edit). Wadsworth/Cengage Learning.

Christian, A. J. (2017). Perancangan Media Board Game untuk Meningkatkan Kepedulian Anak-Anak Terhadap Kondisi Laut Indonesia. Publication of Petra University. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/5476

Easman, E. S., Abernethy, K. E., & Godley, B. J. (2018). Assessing public awareness of marine environmental threats and conservation e ff orts. Marine Policy, 87(October 2017), 234–240. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2017.10.030

Fatma, Z., & Maulidiyah, E. C. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Pemahaman Pendidikan Seks Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 08, 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/29856

Fuad, M. A. Z., & Musa, M. (2017). Pengenalan Bidang Kemaritiman Sejak Usia Dini melalui Pembelajaran Tematik Kelautan pada Siswa Taman Kanak Kanak. Jurnal Pendidikan Geografi, 22(2), 93–104. https://doi.org/10.17977/um017v22i22017p093

Hapidin, & Yenina. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 10, 201–212. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.01

Hariyani, I. T. i; F., & Diana, N. (2020). Pengaruh Permainan Engklek Variasi Pada Perkembanganmotorik Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 7(1), 20–28. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i1.936

Hasbi, M., Gunarti, L. dwi, Wujiati, Zukhairina, Ritayanti, U., & Amnah, L. (2019). Pedoman Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD. Direktorat Pembinaan Pendidikan anak usia dini direktorat Jenderal Pendidikan anak usia dini dan Pendidikan masyarakat kementerian Pendidikan dan kebudayaan. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/images/upload/images/2020/Pedoman_Pendidikan_Kemaritiman_di_Satuan_PAUD.pdf

Hazriyanti, & Nasriah. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Perwanis Medan. Jurnal Usia Dini, 5(2), 20–24. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/16202

Horunisa, P. S., & Cahyati, N. (2020). Media Permainan Sunda Manda Robot Bercahaya Untuk Kemampuan Keseimbangan Anak. Jurnal Golden Age, 4(01), 1–11. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1668

Iskandar, Z. (2016). Materi Kelautan Terbatas. Lembaga Lmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). http://lipi.go.id/lipimedia/materikelautan-terbatas/16606

Kencanasari, R. A. V., Surahman, U., & Permana, A. Y. (2019). The Instrumental Framework to Measuring Environmental Awareness. Innovation of Vocational Technology Education (INVOTEC), 15(2), 101–109. https://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/19638

Laely, K., & Yudi, D. (2018). The Impact of Hopscotch Game towards the Growth of Kinesthetic Intelligence on 3-4 Year Old Children. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.23917/ecrj.v1i1.6581

Munasti, Kholida, Fakhriah, S. (2020). Pengembangan Bag Book sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(2), 87–97. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/15375

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata Di Dki Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16 No. 2, 110–126. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015

Neolaka, A. (2008). Kesadaran Lingkungan. Rineka Cipta.

Nickerson, R. S. (2002). Psychology and Environmental Change (I). Lawrence Erlbaum Associates.

Nopiana, Nurfarida, I., & Suryadi. (2018). Peningkatan Spatial Visual Intelligence Melalui Kegiatan Bermain Engklek. Jurnal Tunas Cendikia, 3(1), 139–150. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/tunascendekia/article/view/1293

Purwani, A., & Fridani, L. (2019). Pengembangan Media Grafis Untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55–67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142

Purwanto, N. (2018). Perilaku Sadar Lingkungan Pemukim Bantaran Sungai Jelai, Kabupaten Sukamara. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota, 14(1), 41–50. https://doi.org/10.14710/pwk.v14i1.17348

Safira, A. R., & Wati, I. (2020). Pentingnya pendidikan lingkungan sejak usia dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), Vol 1 No., 21–25. https://doi.org/10.30587/jieec.v1i1.1592.

Siregar, M., Meilanie, S. M., & Purwanto, A. (2020). Pengenalan Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 719. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.700

Stapp, W. B. (1969). The Concept of Environmental Education. Environmental Education, 1(1), 30–31. https://doi.org/10.1080/00139254.1969.10801479

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. 26). Alfabeta.

Suharti, Hapidin, & Ufiarti. (2020). Marine Science Literacy in Early Childhood. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 51–62. https://doi.org/10.9790/7388-0701035162

Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231–240. https://doi.org/10.21009/jpud.122.04

Utami, F., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933

Victor, B.-N., & Nantwi, W. K. (2020). The State Of Folk Games And Their Educational Implications On Children’s Academic Achievement. African - British Journals, 3(4), 53–64. https://abjournals.org/ajsshr/papers/volume-3/issue-4/the-state-of-folk-games-and-their-educational-implications-on-childrens-academic-achievement

Wang, Y., Bian, Y., Song, Y., Huang, R., Gai, W., Liu, J., Gai, W., & Liu, J. (2020). Exer-Learning: A New Genre Combines Learning, Exercise and Fun for Children. Procedia Computer Science, 174(2019), 735–745. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.06.150

Wardani, C., Sa, N., & Abidin, R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Tematik Kelautan Terhadap Penanaman Karakter Kebaharian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Hang Tuah 12 Surabaya. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 67–72. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/3619

Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektiffan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2810

Wulan, S. (2015). Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. CV Arya Duta.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Utami, I. O., Wulan, S., & Hapidin, H. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Engklek Maritim untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Maritim Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2400–2412. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4183

Issue

Section

Articles