Pengaruh Pretend Play dan Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Anak Usia 5-6 Tahun

Astri Chintya Astana(1Mail), Rien Syafrina(2), Karnadi Karnadi(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Astri Chintya Astana

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.417

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-01-07
Published : 2020-01-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data secara empiris tentang pengaruh pretend play dan jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir divergen anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan factorial 2x2, dengan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir divergen anak sedangkan variabel bebasnya pretend play dengan variabel atribut adalah yang terdiri dari 2 (dua) taraf yaitu jenis kelamin yang terdiri dari perempuan dan laki - laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak kelas TK B orange dan apple di Taman Kanak-Kanak Kristen Cahaya Bangsa tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 39 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pretend play dan jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir divergen.


Keywords


kreativitas, berpikir divergen; bermain pura – pura; jenis kelamin

References


Artola, T. (2015). Boys and Girls Creativity: Qualitative Differences in Divergent Thinking., (April). https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4857.2966

Boehm. (2017). https://www.timeshighereducation.com/news/martin-boehm-preparing-students-for-jobs-that-dont-exist-yet.

Campbell, D. (2012). Membangkan Kreativitas. (A. M. Mangunhardjana, Ed.). Yogyakarta: Kanisius.

Cramond, B., Matthews-morgan, J., Bandalos, D., & Zuo, L. (2005). A Report on the 40-Year Follow-Up of the Torrance Tests of Creative Thinking. https://doi.org/10.1177/001698620504900402

Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fehr, K. K., Russ, S. W., & Russ, S. W. ". (2016). Pretend Play and Creativity in Preschool-Aged Children: Associations and Brief Intervention Recommended Citation. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 10(3), 296–308. https://doi.org/10.1037/aca0000054

Florida, R., Mellander, C., & King, K. (2015). The Global Creativity Index 2015. Martin Prosperity Institute, 68. Retrieved from http://martinprosperity.org/media/Global-Creativity-Index-2015.pdf

Hoffmann, J., & Russ, S. (2012). Pretend play, creativity, and emotion regulation in children. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 6(2), 175–184. https://doi.org/10.1037/a0026299

Lee, K. H. (2005). The relationship between creative thinking ability and creative personality of preschoolers. International Education Journal, 6(2), 194–199. https://doi.org/10.1093/nar/26.3.721

Levin-Goldberg, J. (2012). Teaching Generation TechX with the 4Cs: Using Technology to Integrate 21st Century Skills. Journal of Instructional Research, 1, 59–66. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1127608&site=ehost-live

Masnipal. (2013). Siap Menjadi guru dan pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Michalopoulou, A. (2014). Creativity Expressed through Drawings in Early Childhood Education. International Journal of Education, 6(2), 69. https://doi.org/10.5296/ije.v6i2.5328

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rudienė, R., Volkovickienė, V., & Butvilas, T. (2016). Fostering Creativity in Early Child ’ S Education, 3137, 145–155. https://doi.org/10.15181/tbb.v73i1.1270.

Runco, M. A., & Acar, S. (2012). Divergent Thinking as an Indicator of Creative Potential. Creativity Research Journal, 24(1), 66–75. https://doi.org/10.1080/10400419.2012.652929

Russ, S. W., & Wallace, C. E. (2013). Pretend Play and Creative Processes. American Journal of Play, 6(1), 136–148. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e318262db2f

Sansanwal, S. (2014). Pretend Play Enhances Creativity and Imagination. Journal of Arts and Humanities, 3(1), 70–83.


Article Metrics

 Abstract Views : 76 times
 PDF Downloaded : 16 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.