- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Kontribusi Taman Kanak-Kanak dalam Pelestarian Permainan Tradisional di Lakudo Kabupaten Buton Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4169Keywords:
taman kanak-kanak, pelestarian permainan tradisional, anak usia diniAbstract
Permainan tradisional adalah bagian penting dari masa kanak-kanak dan merupakan warisan nenek moyang yang harus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah. Pelestarian permainan tradisional di dunia bermain anak sangatlah penting karena memberikan banyak manfaat untuk perkembangan anak. Oleh karena itu, guru sebagai bagian dari pendidikan, seharusnya mengenalkan anak pada permainan tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis permainan tradisional apa yang ada di Kecamatan Lakudo dan kontribusi taman kanak-kanak dalam pelestarian permainan tradisional di Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah. Metode pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taman kanak-kanak di Kecamatan Lakudo memainkan peran penting dalam melestarikan permainan tradisional karena tempat bertemunya anak-anak untuk belajar sambil bermain dan sosialisasi. Penelitian ini juga menemukan beberapa permainan tradisional yang diperkenalkan oleh guru kepada anak-anak, sepertiDownloads
References
Adi, B. S., sudaryanti, sudaryanti, & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375
Agusti, F. A., Zafirah, A., Engkizar, E., Anwar, F., Arifin, Z., & Syafril, S. (2018). The Implantation Of Character Values Toward Students Through Congkak Game For Mathematics Instructional Media. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 132–142. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i2.13947
Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Care and Education , 1(1), 18–25. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60
Bahri, S., Ramly, M., Gani, A., Sukmawati, S., Bahri, S., Ramly, M., Gani, A., & Sukmawati, S. (2021). Organizational Commitment and Civil Servants Performance: The Contribution of Intelligence, Local Wisdom and Organizational Culture. European Journal of Business and Management Research, 6(1), 128–134. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.1.720
Charles, M. A. G., Abdullah, M. R., Musa, R. M., Kosni, N. A., & Musawi Maliki, A. B. H. (2017). The Effectiveness of Traditional Games Intervention Program in the Improvement of Form One School-Age Children’s Motor Skills Related Performance Components. Journal of Physical Education and Sport, 6(2). https://doi.org/10.15282/mohe.v6i2.142
Eliza, D., & Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Implementasi Literasi Budaya Pada Anak Usi Dini, P. (2022). Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 5 Nomor 1, Februari 2022 Perencanaan Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Implementasi Literasi Budaya Pada Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).9219
Fe, E. (2017). Buku Pintar Olahraga & Permainan Tradisional (Cet. 1). Jakarta: Laksana.
Iswantiningtyas, v., & wijaya, I. P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.181
Karwati, E. 2014. Pengembangan Pembelajaran Dengan Menekankan Budaya Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2861
KovaÄević, T., & Opić, S. (2014). Contribution of Traditional Games to the Quality of Students’ Relations and Frequency of Students’ Socialization in Primary Education. Croatian Journal of Education : Hrvatski ÄŒasopis Za Odgoj i Obrazovanje, 16(Sp.Ed.1), 95–112.
Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional & perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak : (panduan praktis bagi guru TK/PAUD, SD, serta orangtua). Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan (Cet.1, Vol. 4). Prenadamedia Group. http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._pgtk/197706112001122
Lavega, P., Prat, Q., De Ocáriz, U. S., Serna, J., & Muñoz-Arroyave, V. (2018). Reflection-on-action learning through traditional games. The case of la pelota sentada (sitting ball) / Aprendizaje basado en la reflexión sobre la acción a través de los juegos tradicionales. El caso de la pelota sentada, 30(1), 142–176. https://doi.org/10.1080/11356405.2017.1421302
Madondo, F., & Tsikira, J. (2021). Traditional Children’s Games: Their Relevance on Skills Development among Rural Zimbabwean Children Age 3–8 Years. Journal of Research in Childhood Education, 36(3), 406–420. https://doi.org/10.1080/02568543.2021.1982084
Mega, G., Baitul, S., & Arif, M. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal Of Sport Science And Education (JOSSAE), 3(2), 55–59. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/view/3392
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mulyadiprana, A., Ganda, N., & WS, R. (2017). Permainan Tradisional Kaulinan Barudak Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Diri Sendiri Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 181–189. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9358
Nasta’in, T., Nurkholis, M., Akbar, M., & Allsabah, H. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Minat Belajar Siswa se-Kecamatan Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 29–35. https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p29-35
Petrovska, S., Sivevska, D., & Cackov, O. (2013). Role of the Game in the Development of Preschool Child. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92, 880–884. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.770
Rahmawati, D. (2016). Aku Pintar Dengan Bermain (Cet. 1). Metagraf
Rifki, A., & Putri, N. (2013). Efektivitas Permainan Tradisional Jawa Dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Suruh. Belia: Early Childhood Education Papers, 2 (1) . https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/2241
Rustan, E., & Munawir, A. (2020). Generasi Digital Natives Di Luwu Raya Dan Pengintegrasiannya The Existence Of Traditional Game Among Digital Natives Generation In Luwu Raya And Its Integration Into Learning. 5, 181–196. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1639
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suwardi, S., & Rahmawati, S. (2019). Pengaruh Nilai-Nilai Kearifan Lokal Terhadap Pola Pengasuhan Anak Usia Dini (AUD). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(2), 87–92. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/347
Taroreh, B. S., & Satria, M. H. (2020). Implementasi Permainan Cba Pada Pembelajaran Atletik Sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional Di Sumatera Selatan. Jurnal Curere, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.36764/JC.V4I1.348
Ursache, M. (2015). Tourism – Significant Driver Shaping a Destinations Heritage. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 188, 130–137. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.348
Widiarti, W., Yetti, E., & Siregar, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1005
Yulia, B., Universitas, W., & Ponorogo, M. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1). https://doi.org/10.24269/jin.v2i1.437