Pendekatan Behavioristik untuk Anak Disabilitas Intelektual Sedang

Author


Rahmi Lubis(1), Nellinda Syafitri(2Mail), Risky Nurlita Maylinda(3), Nurin Nadhira Alyani(4), Riski Anda(5), Novi Zulfiyanti(6), Ozi Zulfani Surbakti(7),
Psikologi, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia(1)
Psikologi, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia(2)
Psikologi, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia(3)
Psikologi, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia(4)
Psikologi, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia(5)
Psikologi, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia(6)
Psikologi, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia(7)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 439KB]

Published : 2023-03-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2800 times PDF Downloaded: 2228 times

Abstract


Taraf kecerdasan menentukan kapasitas anak dalam menyesuaikan diri di lingkungan. Namun, tidak semua anak memiliki potensi intelektual yang cukup. Hal ini menimbulkan berbagai kesulitan dalam memenuhi tugas-tugas perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan intervensi pada anak disabilitas intelektual sedang yang berada pada usia 7 tahun dalam proses adaptasi dan perkembangan kognitif. Penelitian ini dilakukan kepada satu orang anak laki-laki dengan IQ 50 dan usia mental 3 tahun 10 bulan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil pengumpulan data diperoleh bahwa intervensi yang dilakukan pada subjek dalam meningkatkan proses belajar, kemandirian dan penyesuaian diri di lingkungan menggunakan pendekatan behavioristik dengan cara: modelling, terapi bermain, reinforcment positif dan remedial teaching. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak usia sekolah dasar dengan disabilitas intelektual membutuhkan intervensi khusus dalam proses perkembangannya. Dengan intervensi yang tepat, anak dapat mengalami kemajuan yang mendukung penyesuaian akademiknya.


Keywords


anak disabilitas intelektual; behavioristik; intervensi; penyesuaian diri

References


Anggadewi, B. E. T. (2017). Scaffolding: How it works for students with learning difficulties. The 2017 International Conference on Research in Education, 210–218. https://usd.ac.id/seminar/icre/wp-content/uploads/2018/07/ICRE-2017-Proceedings.pdf

APA. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5TM, 5th ed. In Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5TM, 5th ed. American Psychiatric Publishing, Inc. https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425596

Baihaqi, M. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif. Refika Aditama. https://pustaka.unm.ac.id/opac/detail-opac?id=42917

Caesaria, et. al. (2019). Gambaran Umum Pola Asuh pada Anak Retardasi Mental di RSUD Dr. Soetomo. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.20473/pnj.v1i2.15807

Christiana, I., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Terapi Bermain terhadap Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 8(1), 37–52. https://doi.org/10.55500/jikr.v8i1.132

Desriyani, Y., Nurhidayah, I., & Adistie, F. (2019). Burden of Parents in Children with Disability at Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. NurseLine Journal, 4(1), 21. https://doi.org/10.19184/nlj.v4i1.8696

Dewi, G. A. N. T. (2020). The Effectiveness of Play Therapy and Positive Reinforcement to Reduce Gadgets Addiction in Children. Proceedings of The ICECRS, 8, 5–9. https://doi.org/10.21070/icecrs2020419

Diyantari, P. A., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2016). Terapi Remedial Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menyimak Pada Anak Dengan Disabilitas Intelektual. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 64–74. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i01.p07

Juniaris, A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Mewujudkan Kemandirian. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4860–4874. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2812

Kasih, R. C. (2019). Modelling Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Anak Dengan Intellectual Disability. Jurnal Diversita, 5(1), 51–57. https://doi.org/10.31289/diversita.v5i1.2372

Kazdin, A. E. (2013). Behavior Modification in Applied Settings: Seventh Edition (7th ed.). Waveland Press.

Kliegman R. Stanton B. Behrman R. E. St Geme J. W. Schor N. F. & Nelson W. E. (2016). Nelson textbook of pediatrics (Edition 20). Elsevier. https://ia903408.us.archive.org/20/items/nelson-textbook-of-pediatrics-19th-edition/Nelson Textbook of Pediatrics. Volume 1%2C 20edition.pdf

Kusmiyati, K. (2021). Pendekatan Psikososial, Intervensi Fisik, Dan Perilaku Kognitif Dalam Desain Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Anak Dengan Retardasi Mental. Movement And Education, 2(1), 74–84. https://doi.org/10.37150/mae.v2i1.1426

Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia, IX(1), 15–26. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26158

Martin, Garry ; Pear, J. ; Y. S. (2015). Modifikasi Perilaku : Makna Dan Penerapannya (C. 1 (ed.)). Pustaka Belajar. https://pustakapelajar.co.id/buku/modifikasi-perilaku-makna-dan-penerapannya

Martyana, R., & Diana. (2018). The Effectiveness of the application of batik jumputan skill to improve fine motor skill of mild intellectually disabled children in special schools throughout Semarang city. Early Childhood Education Papers, 7(2), 120–126. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/28535

Marwa, M. (2018). Efek Pelatihan Pemahaman Emosi Pada Anak Retardasi Mental Ringan di SLBN Pembina Yogyakarta. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(2), 208–226. https://doi.org/10.33367/psi.v3i2.627

Mayasari, N. (2019). YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak Layanan Pendidikan bagi Anak Tunagrahita dengan Tipe Down Syndrome. trisomi 21, 111–134. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2847

Mihmidaty, G. (2022). Reinforcement Positive Untuk Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Retardasi Mental. 4(8.5.2017). https://doi.org/ 10.36418/syntax-idea.v4i2.1780

Ni’matuzahroh, Yuliani, S. R., & Mein-Woei, S. (2021). Psikologi Dan Intervensi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. In Universitas Muhammadiyah Malang (Cetakan Pe). UMM Press.

Nycyk, M. (2018). Education Support for Adults With an Intellectual Disability: A Tutor’s Reflection. Adult Learning, 29, 104515951878398. https://doi.org/10.1177/1045159518783981

Padila, J, H., Andrianto, M. B., Sartika, A., & Ningrum, D. S. (2021). Pengalaman Orang Tua Dalam Merawat Anak Retardasi Mental. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 9–16. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKA/article/view/2163

Panzilion, P., Padila, P., & Andri, J. (2021). Intervention of Numbers Puzzle Against Short Memory Mental Retardated Children. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.31539/josing.v1i2.2332

Patel, D. R., Cabral, M. D., Ho, A., & Merrick, J. (2020). A clinical primer on intellectual disability. Translational Pediatrics, 9, S23–S35. https://doi.org/10.21037/TP.2020.02.02

Puspasari, K. D. (2018). Teknik modelling simbolik dan reinforcement positif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada Anak Intellectual Disability. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 6(2), 46–53. https://doi.org/10.22219/procedia.v6i2.12641

Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. In Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. https://doi.org/10.12688/f1000research.46544.1

Safari, G, Nafitri, H, Suntari, A. K. (2021). Pengaruh Permainan Puzzel pada Anak Tunagrahita Terhadap Perkembangan Sosial di Sekolah Luar Biasa-G Ganjar. Healthy Journal, 10(1). https://doi.org/10.55222/healthyjournal.v10i1.512

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745

Sari, G. D. (2016). Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Perilaku Rutin Minum Obat pada Pasien Skizofrenia. Psychology & Humanity, 19–20. https://mpsi.umm.ac.id/files/file/165-169 Galuh Dwinta Sari.pdf

Schalock, R., Luckasson, R., & Tassé, M. (2021). Twenty questions and answers regarding the 12th edition of the AAIDD manual: Intellectual disability: definition, diagnosis, classification, and systems of supports. American Association on Intellectual and Developmental Disabilities., June, 1–5. https://www.aaidd.org/publications/bookstore-home/product-listing/intellectual-disability-definition-diagnosis-classification-and-systems-of-supports-12th-edition

Setiawati, D. N. A. E. (2019). Teknik penguatan positif untuk anak dengan keterbatasan intelektual. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.22219/procedia.v7i1.12976

Sudarji, S. (2011). Peranan remedial teaching dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak dengan mild intellectual disability. Psibernetika, 2000, 19–33. https://journal.ubm.ac.id/index.php/psibernetika/article/view/555

Susilowati, L, Susanti, D, Lutfiyati, A, Hutasoit, M. (2022). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di Tk Islam Sunan Gunung Jati. Journal of Innovation in Community Empowerment, 4(1), 64–70. https://doi.org/https://doi.org/10.30989/jice.v4i1.697

Widiasari, Y., & Pujiati, D. (2016). Modifikasi Perilaku Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Implementasi Teknik Modeling Dan Toke Ekonomi Dalam Proses Perubahan Tingkah Laku Pada Anak Usia Dini). Psycho Idea, 1, 1–11. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/view/1571

Yucesoy-Ozkan, S., Gulboy, E., & Kaya, F. (2018). Teaching children with intellectual disabilities through video prompting: Smartphone vs. tablet. International Journal of Early Childhood Special Education, 10(1), 32–48. https://doi.org/10.20489/intjecse.454433

Yuniar, M & Sari, C. A. (2021). Pengaruh Teknik Modelling Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kauman. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 21(01), 1–21. https://doi.org/10.21274/dinamika.2021.21.01.1-21


Refbacks

  • There are currently no refbacks.