Pengaruh Media Flashcard Berbasis Digital terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Yusuf Maronta Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Joko Sutarto Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Barokah Isdaryanti Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4152

Keywords:

anak usia 5-6, flashcard berbasis digital, kemampuan membaca awal

Abstract

Aspek bahasa sebagai salah satu luaran dalam layanan pendidikan di satuan PAUD menjadi penting diperhatikan untuk mengawal tumbuh kembang anak. Kenyataannya, aspek ini masih minim tersentuh khususnya untuk kemampuan membaca awal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard berbasis digital terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil yang ditemukan bahwa pada kelas eksperimen persentasenya lebih tinggi dari yang kelas kontrol. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media flashcard berbasis digital terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun kelompok B. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata skor penilaian kemampuan membaca awal anak antara kelas yang menggunakan media flashcard berbasis digital dan kelas yang menggunakan media konvensional. Hal utama meningkatnya kemampuan membaca awal anak karena sajian pembelajaran dengan menggunakan media flashcard berbasis digital dapat menarik semangat anak untuk belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V0I1.479

Anderson, C. M., & Martin, M. M. (1995). The Effects of Communication Motives, Interaction Involvement, and Loneliness on Satisfaction: A Model of Small Groups. Small Group Research, 26(1), 118–137. https://doi.org/10.1177/1046496495261007

Ash-Sholeha, A., Adjie, N., & Putri, S. U. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kids Flashcard Digital Dalam Mengenalkan Angka Untuk Anak Usia 4-5 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1).

Ashcroft, R. J., Cvitkovic, R., & Praver, M. (2018). Digital flashcard L2 Vocabulary learning out-performs traditional flashcards at lower proficiency levels: A mixed-methods study of 139 Japanese university students. The EuroCALL Review, 26(1), 14. https://doi.org/10.4995/eurocall.2018.7881

Ayani, R., & Ferdianasari, P. (2020). Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Prancis. PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis), 3(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PRANALA/article/view/21840

Chandra, R. D. A. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal A, I, U, E, O pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 62–71. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71

Chen, R. W., & Chan, K. K. (2019). Using Augmented Reality Flashcards to Learn Vocabulary in Early Childhood Education. Journal of Educational Computing Research, 57(7), 1812–1831. https://doi.org/10.1177/0735633119854028

Fitri, N. D., & Syafiqoh, N. (2020). Pengembangan Media Buku Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 471–485. https://doi.org/10.36841/PGSDUNARS.V8I2.850

Handayani, N. W. P., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Model Bruner, Budaya Lokal, dan Scaffolding untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 221. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3235

Harisanty, D., Srirahayu, D., Kusumaningtiyas, T., Anugrah, E., & Permata, I. (2020). The Utilization of Flashcards in Children Information Literacy Development. Library Philosophy and Practice, 2020, 1–12.

Harpiani, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Melalui Media Kartu Huruf. Shautut Tarbiyah, 27(2), 260. https://doi.org/10.31332/str.v27i2.3209

Indrawan, D., Marvida, T., Islam, U., Sunan, N., Islam, U., & Sunan, N. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Model Pembelajaran Simulasi Berbasis TIK. 1(1), 1–7. https://publikasi.abidan.org/index.php/educative/article/view/6

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Lengari, M. P. E., & Agustika, G. N. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flash Card terhadap Kompetensi Pegetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 65. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25032

Li, J. T., & Tong, F. (2019). Multimedia-assisted self-learning materials: the benefits of E-flashcards for vocabulary learning in Chinese as a foreign language. Reading and Writing, 32(5), 1175–1195. https://doi.org/10.1007/s11145-018-9906-x

Maemunah, D., & Wahidin, W. (2022). Pengaruh Experiental Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa SD Berdasarkan Teori Bruner. Jurnal Basicedu, 6(4), 5632–5637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3041

Mayasari, L. I., & Kemal, I. (2020). The Role of Teachers in Implementing Distance Learning in the Middle of the Covid-19 Plague. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(12), 1553–1557.

Nafisah, A. D., Antika, D. H. W., Latiana, L., Formen, A., & Maronta, Y. (2022). Principal’s Leadership on “Sekolah Penggerak†Effectiveness in Improving the Quality of Education. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/456

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Pan, S. C., Zung, I., Imundo, M. N., Zhang, X., & Qiu, Y. (2022). User-Generated Digital Flashcards Yield Better Learning Than Premade Flashcards. Journal of Applied Research in Memory and Cognition. https://doi.org/10.1037/mac0000083

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418

Putra, I. N. A., Jampel, I. N., & Sudhata, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak di Tk Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 30–39. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20260

Putu, L., Budyawati, I., & Hartanto, W. (2017). Implementasi Metode Bermain Peran untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 24–32. https://doi.org/10.19184/JPE.V11I2.6331

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409

Rifqiawan, R. A. (2017). Pembuatan Flash Card Digital untuk Pembelajaran 80% Kosa Kata Al-Qur’an. At-Taqaddum, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.21580/AT.V8I1.1162

Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. In Japanese Journal of Anesthesiology (Vol. 24, Issue 1). OECD.

Serfaty, J., & Serrano, R. (2020). Examining the potential of digital flashcards to facilitate independent grammar learning. System, 94, 102342. https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102342

Shofatur, N., Pendidikan, R., Biasa, L., & Pendidikan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Digital Untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Tunarungu Di Tingkat Tklb. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(1), 1–11. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/36461

Sholihah, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat. Tarling : Journal of Language Education, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.24090/tarling.v1i1.1122

Supriyanto, S., & Fariha Sari, E. (2021). Pengembangan Media Permainan Tradisional Dakon Berbasis Teori Bruner. Joyful Learning Journal, 10(2), 61–65. https://doi.org/10.15294/JLJ.V10I2.51266

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606

Trimuliana, I. (2022). Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Yüksel, H. G., Mercanoğlu, H. G., & Yılmaz, M. B. (2022). Digital flashcards vs. wordlists for learning technical vocabulary. Computer Assisted Language Learning, 35(8), 2001–2017. https://doi.org/10.1080/09588221.2020.1854312

Downloads

Published

21-02-2023

How to Cite

Maronta, Y., Sutarto, J., & Isdaryanti, B. (2023). Pengaruh Media Flashcard Berbasis Digital terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1142–1161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4152

Issue

Section

Articles