- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Media Flashcard Berbasis Digital terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4152Keywords:
anak usia 5-6, flashcard berbasis digital, kemampuan membaca awalAbstract
Aspek bahasa sebagai salah satu luaran dalam layanan pendidikan di satuan PAUD menjadi penting diperhatikan untuk mengawal tumbuh kembang anak. Kenyataannya, aspek ini masih minim tersentuh khususnya untuk kemampuan membaca awal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard berbasis digital terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil yang ditemukan bahwa pada kelas eksperimen persentasenya lebih tinggi dari yang kelas kontrol. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media flashcard berbasis digital terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun kelompok B. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata skor penilaian kemampuan membaca awal anak antara kelas yang menggunakan media flashcard berbasis digital dan kelas yang menggunakan media konvensional. Hal utama meningkatnya kemampuan membaca awal anak karena sajian pembelajaran dengan menggunakan media flashcard berbasis digital dapat menarik semangat anak untuk belajar
Downloads
References
Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V0I1.479
Anderson, C. M., & Martin, M. M. (1995). The Effects of Communication Motives, Interaction Involvement, and Loneliness on Satisfaction: A Model of Small Groups. Small Group Research, 26(1), 118–137. https://doi.org/10.1177/1046496495261007
Ash-Sholeha, A., Adjie, N., & Putri, S. U. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kids Flashcard Digital Dalam Mengenalkan Angka Untuk Anak Usia 4-5 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1).
Ashcroft, R. J., Cvitkovic, R., & Praver, M. (2018). Digital flashcard L2 Vocabulary learning out-performs traditional flashcards at lower proficiency levels: A mixed-methods study of 139 Japanese university students. The EuroCALL Review, 26(1), 14. https://doi.org/10.4995/eurocall.2018.7881
Ayani, R., & Ferdianasari, P. (2020). Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Prancis. PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis), 3(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PRANALA/article/view/21840
Chandra, R. D. A. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal A, I, U, E, O pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 62–71. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71
Chen, R. W., & Chan, K. K. (2019). Using Augmented Reality Flashcards to Learn Vocabulary in Early Childhood Education. Journal of Educational Computing Research, 57(7), 1812–1831. https://doi.org/10.1177/0735633119854028
Fitri, N. D., & Syafiqoh, N. (2020). Pengembangan Media Buku Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 471–485. https://doi.org/10.36841/PGSDUNARS.V8I2.850
Handayani, N. W. P., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Model Bruner, Budaya Lokal, dan Scaffolding untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 221. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3235
Harisanty, D., Srirahayu, D., Kusumaningtiyas, T., Anugrah, E., & Permata, I. (2020). The Utilization of Flashcards in Children Information Literacy Development. Library Philosophy and Practice, 2020, 1–12.
Harpiani, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Melalui Media Kartu Huruf. Shautut Tarbiyah, 27(2), 260. https://doi.org/10.31332/str.v27i2.3209
Indrawan, D., Marvida, T., Islam, U., Sunan, N., Islam, U., & Sunan, N. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Model Pembelajaran Simulasi Berbasis TIK. 1(1), 1–7. https://publikasi.abidan.org/index.php/educative/article/view/6
Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862
Lengari, M. P. E., & Agustika, G. N. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flash Card terhadap Kompetensi Pegetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 65. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25032
Li, J. T., & Tong, F. (2019). Multimedia-assisted self-learning materials: the benefits of E-flashcards for vocabulary learning in Chinese as a foreign language. Reading and Writing, 32(5), 1175–1195. https://doi.org/10.1007/s11145-018-9906-x
Maemunah, D., & Wahidin, W. (2022). Pengaruh Experiental Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa SD Berdasarkan Teori Bruner. Jurnal Basicedu, 6(4), 5632–5637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3041
Mayasari, L. I., & Kemal, I. (2020). The Role of Teachers in Implementing Distance Learning in the Middle of the Covid-19 Plague. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(12), 1553–1557.
Nafisah, A. D., Antika, D. H. W., Latiana, L., Formen, A., & Maronta, Y. (2022). Principal’s Leadership on “Sekolah Penggerak†Effectiveness in Improving the Quality of Education. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/456
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Pan, S. C., Zung, I., Imundo, M. N., Zhang, X., & Qiu, Y. (2022). User-Generated Digital Flashcards Yield Better Learning Than Premade Flashcards. Journal of Applied Research in Memory and Cognition. https://doi.org/10.1037/mac0000083
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
Putra, I. N. A., Jampel, I. N., & Sudhata, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak di Tk Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 30–39. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20260
Putu, L., Budyawati, I., & Hartanto, W. (2017). Implementasi Metode Bermain Peran untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 24–32. https://doi.org/10.19184/JPE.V11I2.6331
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409
Rifqiawan, R. A. (2017). Pembuatan Flash Card Digital untuk Pembelajaran 80% Kosa Kata Al-Qur’an. At-Taqaddum, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.21580/AT.V8I1.1162
Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332
Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. In Japanese Journal of Anesthesiology (Vol. 24, Issue 1). OECD.
Serfaty, J., & Serrano, R. (2020). Examining the potential of digital flashcards to facilitate independent grammar learning. System, 94, 102342. https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102342
Shofatur, N., Pendidikan, R., Biasa, L., & Pendidikan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Digital Untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Tunarungu Di Tingkat Tklb. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(1), 1–11. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/36461
Sholihah, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat. Tarling : Journal of Language Education, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.24090/tarling.v1i1.1122
Supriyanto, S., & Fariha Sari, E. (2021). Pengembangan Media Permainan Tradisional Dakon Berbasis Teori Bruner. Joyful Learning Journal, 10(2), 61–65. https://doi.org/10.15294/JLJ.V10I2.51266
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606
Trimuliana, I. (2022). Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Yüksel, H. G., Mercanoğlu, H. G., & Yılmaz, M. B. (2022). Digital flashcards vs. wordlists for learning technical vocabulary. Computer Assisted Language Learning, 35(8), 2001–2017. https://doi.org/10.1080/09588221.2020.1854312