- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tari Bendrong Lesung pada PAUD Terpadu Anak Bangsa Cilegon
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4146Keywords:
kreativitas guru, pembelajaran tari, tari bendrong lesung, anak usia diniAbstract
Penciptaan sebuah tarian yang erat kaitannya dengan potensi telah memicu minat penelitian Tari Bendrong Lesung Banten dan sebagian besar guru TK berlatar belakang non-seni sehingga kreativitas dalam pembuatan tari sangat minim, perlu adanya pengkajian tentang masalah tersebut. Untuk menjadi pendidik yang efektif, seorang guru harus mampu memaksimalkan pengalaman belajar yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kreatif guru PAUD dalam mengajarkan seni tari kepada anak usia dini, meliputi ide, bentuk, dan proses penciptaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan interdisiplin dan desain penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian ini, daya cipta guru PAUD bidang pendidikan tari menghasilkan sejumlah karya seni tari inventif. Hal ini dilakukan dengan mengikuti tata cara yang benar, yaitu memutakhirkan gerakan tarian dengan terlebih dahulu membuat beberapa gerakan langsung yang berhubungan dengan subjek yang ada dan kemudian menggabungkan gerakan tarian yang sudah ada, seperti alu, lesung, dan keranjang, yang berfungsi sebagai media dalam seni tari
Downloads
References
Fitri Untariana, A., Samawi, A., & Tri Wulandari, R. (2019). Pengetahuan Guru Taman Kanak-kanak tentang Pembelajaran Seni Tari Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 246–254. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/17237
Handayani, S. S. D. (2020). Students’ understanding of the scientific approach to the learning process in early childhood educational institutions. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(5), 171–183. https://www.ijicc.net/images/vol_13/Iss_5/13541_Handayani_2020_E_R.pdf
Imran, F. A., Cahyono, A., & Rohidi, T. R. (2017). Proses Kreasi Tari Alusu’ Sebagai Tari Penyambutan di Kabupaten Bone. Catharsis: Journal of Arts Education, 6(1), 65–73. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/17033
Indrawan, A. A. G. A. I., Sariada, I. K., & Arshiniwati, N. M. (2021). Bentuk Tari Renteng di Dusun Saren I, Nusa Penida, Klungkung. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(1), 46–54. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i1.1129
Kusumastuti, E., Pratiwinindya, R. A., & Lestari, W. (2022). Strategi Penanaman Literasi Budaya dan Kreativitas bagi Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Tari. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5476–5485. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2894
Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Interdisiplin: Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175–180. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/42085
Mariati, P., & Sunanto. (2020). Kreativitas Guru Paud Dalam Penciptaan Gerak dan Lagu Tematik Untuk Anak Usia Dini. Education and Human Development Journal, 5(2), 91–98. https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1783
Matien, N. N., & Putra, B. H. (2018). Kajian Koreografi Tari Lembu Sena di Desa Ngagrong Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Jurnal Seni Tari, 7(1), 42–48. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/22793
Mukarromah, M. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Tari Kreasi Di Paud Al-Jihad. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i1.4644
Musfikoh, M., Permanasari, A. T., & Lestari, D. J. (2022). Bentuk Penyajian Tari Kreasi Bendrong Lesung di Sanggar Seruni Kota Cilegon Banten. Jurnal Seni Tari, 11(1), 56–67. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/56619
Nurseto, G., Lestari, W., & Hartono. (2015). Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif dan Kreatif. Catharsis: Journal of Arts Education, 4(2), 115–122. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/10285
Rahmadhani, K., Martiara, R., & Astuti, B. (2021). Fenomena Perkembangan Tari Nirbaya Karya Setyastuti. JOGED : Jurnal Seni Tari, 18(2), 173–186. https://doi.org/10.24821/joged.v17i2.6349
Restiana, I., & Arsih, U. (2019). Proses Penciptaan Tari Patholan di Kabupaten Rembang. Jurnal Seni Tari, 8(1), 111–119. https://doi.org/10.15294/jst.v8i1.29167
Rianta, I. M., Santosa, H., & Sariada, I. K. (2019). Estetika Gerak Tari Rejang Sakral Lanang Di Desa Mayong, Seririt, Buleleng, Bali. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(3), 285–393. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.678
Santana, F. D. T., & Zahro, I. F. (2019). Model Pembelajaran Tari Nusantara : Sebuah Contoh Kreativitas Model Tari Piring Bagi Guru PAUD. Jurnal Audi, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3030
Sobariyah, L., & Zamhari, A. (2020). Bendrong Lesung In A Vortex Of Piety Movement In Banten. Al-Tahrir, 20(1), 167–184. https://doi.org/10.21154/altahrir.v20i1.2041
Sunaryo, A., Masunah, J., Narawati, T., & Nugraheni, T. (2020). Gerak Relationship Pada Permainan Anak Sunda Sebagai Sumber Penciptaan Komposisi Tari Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1076–1086. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.499
Supriyanti, & Suharto, D. (2015). Penciptaan Tari Manggala Kridha sebagai Media Pembentukan Karakter bagi Anak. Journal of Urban Society’s Art, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.24821/jousa.v2i1.1266
Surati, & Putra, B. H. (2017). Koreografi Tari Orek-Orek di Sanggar Asri Budaya Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Seni Tari, 6(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/16006
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Syahdanir, Y., Palawi, A., & Supadmi, T. (2019). Kajian Koreografi Tari Kreasi Panen Lawang di Sanggar Dance Kilometer Nol Kota Sabang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, 4(2), 229–237. https://jim.usk.ac.id/sendratasik/article/view/13148
Tjahyadi, I., & Faishal, A. (2021). Representasi Madura dalam Pertunjukan Seni Tari Sila Karya Hari Ghulur. Geter: Jurnal Seni Drama, Tari, Dan Musik, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.26740/geter.v4n1.p121-133
Wijayanti, O., Mareza, L., & Nugroho, A. (2018). IbM Penyusunan Kreatifitas Gerak dan Lagu Kupu-Kupu Bagi Guru Paud/TK Muhammadiyah Se-Karesidenan Banyumas Melalui Metode Eksplorasi Gerak. The 9th University Research Colloquium, November, 325–328. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/450
Wulandari, H., Narawati, T., Masunah, J., & Agustin, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Tari. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 102–109. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28488