Pengaruh Loose Part terhadap Kemampuan Berbicara melalui Metode Bercerita di Fase Pondasi

Author


Fatkur Alam(1Mail), Diah Kurniati(2),
KB Bunga Dahlia Wotan Sukolilo Pati, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 387KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 326 times PDF Downloaded: 209 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memilihat pengaruh loose part terhadap kemampuan berbicara melalui metode bercerita di fase pondasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi penelitian ini di KB Bunga Dahlia dengan sampel anak usia 4-5 tahun pada kelompok Mawar dan Kelompok Dahlia, Kelas kelompok Mawar sebagai kelas kontrol dan Kelompok kelas Dahlia sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh yang sigifikan dalam penggunaan loose part berpengaruh terhadap kemampuan berbicara melalui metode bercerita anak di fase pondasi di KB Bunga Dahlia Pati. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan berbicara anak fase pondasi di KB Bunga Dahlia yang diajar dengan menggunakan dan tanpa menggunakan media loose part melalui metode bercerita?. Penelitian ini di harapkan dapat memberikan kontribusi kepada lembaga agar dapat menggunakan media loose part sebagai alternatif media pembelajaran dalam peningkatan perkembangan bahasa anak. Dan untuk peneliti dapat digunakan sebagai referensi penelitian selanjutnya.


Keywords


Loose part; Kemampuan berbicara; Metode cerita; Fase Pondasi.

References


Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224

Annisa, M. A. P. C. W., & Febriastuti, R. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Steam Berbahan Loose Parts Dalam Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Pada Anak Usia Dini. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118–130. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/4484

Azizah, S. N., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pemdidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57–71. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/5745

Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Gull, C., Bogunovich, J., Goldstein, S. L., & Rosengarten, T. (2019). Definitions of loose parts in early childhood outdoor classrooms : A scoping review. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6(3), 37–52. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1225658.pdf

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155

Rapiatunnisa, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 17–26. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.423

Retnowati. (2021). Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Anak Mengaplikasikan Alat Peraga Edukatif Menggunakan Metode Loose Parts. Ejournal.Unma.Ac.Id, 7(2), 465–470. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1095

Rudini, R. (2017). Peranan Statistika Dalam Penelitian Sosial Kuantitatif. Jurnal SAINTEKOM, 6(2), 53. https://doi.org/10.33020/saintekom.v6i2.13

Safikri Taufiqurrahman, S. (2018). Analisis Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dasar Dalam Proses Pembelajaran. 160–168. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Susanto, A.(2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Akasa

Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1197–1211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751

Wahyu, C., Purwaningsih, W., & Triharnanto, J. (2022). Penggunaan Media Loose Part Berbasis STEAM Dalam Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional 100 Tahun Tamansiswa, 31–35. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/SemNasTamansiswa/article/view/63

Wondal, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Metode Karya Wisata (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelompok B TK Charis, Kota Ternate Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.01


Refbacks

  • There are currently no refbacks.