Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran di PAUD

Authors

  • Endang Priyanti Teknologi Pembelajaran, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Haryanto Haryanto Teknologi Pembelajaran, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4124

Keywords:

pemanfaatan teknologi, kompetensi mengelola pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasi

Abstract

Fenomena rendahnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru PAUD dalam mengembangkan kompetensi mengelola pembelajaran di PAUD secara mandiri terjadi di sebagian besar lembaga PAUD. Penyebabnya adalah kurangnya kemampuan dan motivasi guru PAUD untuk menggunakan TIK sehingga membutuhkan banyak bimbingan dan pendampingan dalam memanfaatkan TIK sebagai alat bantu mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang pembelajaran di PAUD. Subyek yang digunakan meliputi 33 kepala sekolah dan 33 guru PAUD di Kota Yogyakarta dengan sampel sebesar 15% dari 222 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dan checklist. Pengintegrasian TIK dalam pembelajaran di PAUD dipengaruhi oleh terbatasnya penguasaan guru untuk memahami dan kecakapan dalam aspek pemanfaatan personal computer serta jaringan nirkabel, terbatasnya semangat guru dalam melaksanakan transformasi yang menggabungkan penggunaan TIK terhadap pembelajaran dalam kelas, serta terbatasnya sarana dan prasarana TIK dalam mendukung pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Blackwell, C. (2014). Teachers Practices with Mobile Technology Integrating Tablet Computers into the Early Childhood Classroom. Journal of Education Research, 7(4), 1–25. https://cmhd.northwestern.edu/wp-content/uploads/2014/07/Blackwell-JEDR-Final.pdf

Cahyanto, D. D., & Rusijono, R. (2014). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran “Bermain Dengan Angka†Untuk Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan di TK Al Hidayah Krembangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Unesa, 2(3), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10132

Destiana, B., & Soenarto, S. (2014). Faktor Determinan Pemanfaatan TIK dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 285–299. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2555

Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. (2012). Removing Obstacles to the Pedagogical Changes Required by Jonassen’s Vision of Authentic Technology-Enabled Learning. Computers and Education, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.008

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657

Hartanti, N. T. (2019). Peningkatan Keterampilan Aplikasi Komputer Menggunakan Internet dan Ms. Office untuk Guru TK (IGTKI) Yogyakarta. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, November, 259–264. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2433

Hashemy, S. A., Hayati, D., & Hashemy, Z. (2012). A Survey of the Application of Information Communication Technology in Education. International Journal of Information and Education Technology, 2(1), 57–60. https://doi.org/10.7763/ijiet.2012.v2.83

Hibana, & Surahman, S. (2021). Kompetensi Digital Guru dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 607–615. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/1392

Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38

Karaca, F., Can, G., & Yildirim, S. (2013). A path model for technology integration into elementary school settings in Turkey. Computers and Education, 68, 353–365. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.05.017

Kharisma, R. S., & Istiningsih, I. (2017). Iptek bagi Masyarakat Taman Kanak-Kanak di Desa Kalitirto Kecamatan Berbah. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 1(1), 29–38. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2017.v1i1.143

Lestari, S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan TIK oleh Guru. Jurnal Kwangsan, 3(2), 121–134. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.29.

Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/jpud.142.04

Nasution, N., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme Guru Anak Usia Dini Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 666–675. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.264.

Ningrum, R. S., & Wardhani, J. D. (2022). Persepsi Guru terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5702–5713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121

Ningsih, S. Y., & Nurhafizah, N. (2019). Konsep Kompetensi Pedagogik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 694–703. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.270

Nu’man, A., Rahmawati, I., Zubaidi, A., Yatin, A., & Dewi, H. R. (2022). Improving Verbal Linguistic Intelligence in Early Childhood Through the Use of Tiktok Media. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2316–2324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2083

Nurhafizah, N., Cendana, H., Sativa, B. R., Burhikmah, Natari, R., Aprilia, S., & Pangarti, W. M. (2016). Penerapan Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 1–23

Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru PAUD dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran dan Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699

Odera, F. Y. (2011). Integrating Computer Science Education in Kenyan Secondary Schools. International Journal of Information and Communication Technology Research, 1(5), 216–220. http://esjournals.org/journaloftechnology/archive/vol1no5/vol1no5_6.pdf

Prathiwi, S., & Setyaningtyas, P. (2021). Pentingnya Keterampilan TIK Guru PAUD pada Abad 21. Pedagogika, 12(2), 194–200. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.662

Ridho, R., Markhamah, & Darsinah. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di KB “Cerdas†Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(02), 59–69. https://doi.org/10.23917/humaniora.v16i2.1857

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.121

Rohita, Haryadi, D., Fitria, N., & Bustan, R. (2019). Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidik Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September, 1–6.

Rohita, R., Fitria, N., & Haryadi, D. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (AP3) Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Bagi Guru Taman Kanak-Kanak Di Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 644–654. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10168

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 173–177. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Rusli, M., Gatc, J., Novianto, A. A., & Salim, L. H. (2021). Pengenalan Dasar Microsoft Office Excel 2007 bagi Guru-Guru PAUD Kecamatan Tambun Selatan. ABDIMAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23–26. https://doi.org/10.53008/abdimas.v2i1.130

Seta, H. B., & Theresiawati. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Aplikasi Data Pokok Pendidikan untuk Operator Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini. ABDIMAS BSI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 75–82. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8003.g4630

Shatunova, O., Anisimova, T., Sabirova, F., & Kalimullina, O. (2019). STEAM as an Innovative Educational Technology. Journal of Social Studies Education Research, 10(2), 131–144. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1220702.pdf

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543–550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Susilo, P. H., & Rohman, M. G. (2018). Peningkatan Kompetensi TIK Guru sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Seminar Nasional Sistem Informasi, 1487–1494. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/204

Taib, B., & Mahmud, N. (2022). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842

Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Bergerak sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Edcomtech, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1783

Widianto, E., Husna, A. A. I., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, S. A. I. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE/article/view/11707

Widiawati, W., Mayangsari, D., & Muhammad Busyro, K. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 10–24. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3845

Windarto, A. P., Parlina, I., & Wanto, A. (2019). PKM : Guru-Guru PAUD “ Melek †Teknologi Kabupaten Simalungun. Prosieding Seminar Nasional Kewirausahaan Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 337–343. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3610

Yani, A., & Jazariyah, J. (2021). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503

Yuniarni, D. (2022). Persepsi Guru Mengenai Pentingnya TIK dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2411–2419. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1855

Zakiya, & Nurhafizah. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2021). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491

Downloads

Additional Files

Published

25-08-2023

How to Cite

Priyanti, E., & Haryanto, H. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4585–4598. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4124

Issue

Section

Articles