- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4124Keywords:
pemanfaatan teknologi, kompetensi mengelola pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasiAbstract
Fenomena rendahnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru PAUD dalam mengembangkan kompetensi mengelola pembelajaran di PAUD secara mandiri terjadi di sebagian besar lembaga PAUD. Penyebabnya adalah kurangnya kemampuan dan motivasi guru PAUD untuk menggunakan TIK sehingga membutuhkan banyak bimbingan dan pendampingan dalam memanfaatkan TIK sebagai alat bantu mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang pembelajaran di PAUD. Subyek yang digunakan meliputi 33 kepala sekolah dan 33 guru PAUD di Kota Yogyakarta dengan sampel sebesar 15% dari 222 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dan checklist. Pengintegrasian TIK dalam pembelajaran di PAUD dipengaruhi oleh terbatasnya penguasaan guru untuk memahami dan kecakapan dalam aspek pemanfaatan personal computer serta jaringan nirkabel, terbatasnya semangat guru dalam melaksanakan transformasi yang menggabungkan penggunaan TIK terhadap pembelajaran dalam kelas, serta terbatasnya sarana dan prasarana TIK dalam mendukung pembelajaran.
Downloads
References
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Blackwell, C. (2014). Teachers Practices with Mobile Technology Integrating Tablet Computers into the Early Childhood Classroom. Journal of Education Research, 7(4), 1–25. https://cmhd.northwestern.edu/wp-content/uploads/2014/07/Blackwell-JEDR-Final.pdf
Cahyanto, D. D., & Rusijono, R. (2014). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran “Bermain Dengan Angka†Untuk Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan di TK Al Hidayah Krembangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Unesa, 2(3), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10132
Destiana, B., & Soenarto, S. (2014). Faktor Determinan Pemanfaatan TIK dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 285–299. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2555
Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. (2012). Removing Obstacles to the Pedagogical Changes Required by Jonassen’s Vision of Authentic Technology-Enabled Learning. Computers and Education, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.008
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657
Hartanti, N. T. (2019). Peningkatan Keterampilan Aplikasi Komputer Menggunakan Internet dan Ms. Office untuk Guru TK (IGTKI) Yogyakarta. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, November, 259–264. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2433
Hashemy, S. A., Hayati, D., & Hashemy, Z. (2012). A Survey of the Application of Information Communication Technology in Education. International Journal of Information and Education Technology, 2(1), 57–60. https://doi.org/10.7763/ijiet.2012.v2.83
Hibana, & Surahman, S. (2021). Kompetensi Digital Guru dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 607–615. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/1392
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38
Karaca, F., Can, G., & Yildirim, S. (2013). A path model for technology integration into elementary school settings in Turkey. Computers and Education, 68, 353–365. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.05.017
Kharisma, R. S., & Istiningsih, I. (2017). Iptek bagi Masyarakat Taman Kanak-Kanak di Desa Kalitirto Kecamatan Berbah. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 1(1), 29–38. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2017.v1i1.143
Lestari, S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan TIK oleh Guru. Jurnal Kwangsan, 3(2), 121–134. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.29.
Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/jpud.142.04
Nasution, N., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme Guru Anak Usia Dini Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 666–675. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.264.
Ningrum, R. S., & Wardhani, J. D. (2022). Persepsi Guru terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5702–5713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121
Ningsih, S. Y., & Nurhafizah, N. (2019). Konsep Kompetensi Pedagogik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 694–703. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.270
Nu’man, A., Rahmawati, I., Zubaidi, A., Yatin, A., & Dewi, H. R. (2022). Improving Verbal Linguistic Intelligence in Early Childhood Through the Use of Tiktok Media. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2316–2324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2083
Nurhafizah, N., Cendana, H., Sativa, B. R., Burhikmah, Natari, R., Aprilia, S., & Pangarti, W. M. (2016). Penerapan Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 1–23
Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru PAUD dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran dan Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699
Odera, F. Y. (2011). Integrating Computer Science Education in Kenyan Secondary Schools. International Journal of Information and Communication Technology Research, 1(5), 216–220. http://esjournals.org/journaloftechnology/archive/vol1no5/vol1no5_6.pdf
Prathiwi, S., & Setyaningtyas, P. (2021). Pentingnya Keterampilan TIK Guru PAUD pada Abad 21. Pedagogika, 12(2), 194–200. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.662
Ridho, R., Markhamah, & Darsinah. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di KB “Cerdas†Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(02), 59–69. https://doi.org/10.23917/humaniora.v16i2.1857
Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.121
Rohita, Haryadi, D., Fitria, N., & Bustan, R. (2019). Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidik Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September, 1–6.
Rohita, R., Fitria, N., & Haryadi, D. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (AP3) Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Bagi Guru Taman Kanak-Kanak Di Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 644–654. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10168
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 173–177. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
Rusli, M., Gatc, J., Novianto, A. A., & Salim, L. H. (2021). Pengenalan Dasar Microsoft Office Excel 2007 bagi Guru-Guru PAUD Kecamatan Tambun Selatan. ABDIMAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23–26. https://doi.org/10.53008/abdimas.v2i1.130
Seta, H. B., & Theresiawati. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Aplikasi Data Pokok Pendidikan untuk Operator Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini. ABDIMAS BSI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 75–82. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8003.g4630
Shatunova, O., Anisimova, T., Sabirova, F., & Kalimullina, O. (2019). STEAM as an Innovative Educational Technology. Journal of Social Studies Education Research, 10(2), 131–144. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1220702.pdf
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543–550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Susilo, P. H., & Rohman, M. G. (2018). Peningkatan Kompetensi TIK Guru sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Seminar Nasional Sistem Informasi, 1487–1494. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/204
Taib, B., & Mahmud, N. (2022). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842
Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Bergerak sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Edcomtech, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1783
Widianto, E., Husna, A. A. I., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, S. A. I. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE/article/view/11707
Widiawati, W., Mayangsari, D., & Muhammad Busyro, K. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 10–24. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3845
Windarto, A. P., Parlina, I., & Wanto, A. (2019). PKM : Guru-Guru PAUD “ Melek †Teknologi Kabupaten Simalungun. Prosieding Seminar Nasional Kewirausahaan Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 337–343. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3610
Yani, A., & Jazariyah, J. (2021). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503
Yuniarni, D. (2022). Persepsi Guru Mengenai Pentingnya TIK dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2411–2419. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1855
Zakiya, & Nurhafizah. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2021). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491