- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Kantong Buah Pintar
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4120Keywords:
anak usia dini, kantong buah pintar, lambang bilanganAbstract
Perkembangan kognitif yakni bagian krusial dalam memupuk gaya berpikir anak, salah satunya yakni pemahaman lambang bilangan. Keahlian mengenal lambang bilangan bisa mendominasi kemauan anak untuk meneruskan pendidikan ke kadar berikutnya. Tujuan dari riset ini adalah menganalisis kapabilitas anak usia 4-5 tahun ketika mendalami lambang bilangan lewat kantong buah pintar. Riset ini termasuk riset deskriptif kualitatif. Riset ini dikerjakan via observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam prosedur pengumpulan data. Metode analisis data pada riset ini memakai triangulasi model interaktif yang memadukan reduksi data, penyajian dan penarikan ketetapan. Riset ini dilakukan pemeriksaan terhadap 10 anak usia 4 sampai 5 tahun. Hasil riset ini adalah 5 anak dapat berhitung angka dari 1 sampai 10, 3 anak dapat menunjukkan lambang bilangan dengan kantong buah pintar dan 2 anak kurang mampu dalam mencocokkan angka dengan gambar buah. Hal ini membuktikan bahwa media kantong buah pintar merupakan media pembelajaran yang efektif untuk merangsang kemampuan pengenalan lambang bilangan pada anakDownloads
References
Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2020). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Cacah pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 336. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.338
Ambarwati, D., & Karim, A. (2022). Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka Bergambar. Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.35719/preschool.v3i1.40
Anisa, P., & Sjamsir, H. (2021). Mengembangkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Model Talking Stick dan Media Kantong Pintar Pada Anak Kelompok B TK Putera 1 Banjarbaru. BEduManageRs Journal Borneo Educational Management and Research Journal, 2(2). https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bedu/article/view/1609
Delfia, E., & Mayar, F. (2019). Penanaman Konsep Berhitung Anak melalui Permainan Pencocokkan Kepingan Buah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 350. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.350
Dhear A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 170–179. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070
Gandana, G., Haki Pranata, O., & Danti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk At-Toyyibah. 1(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/7160
Hanifah, W., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh Permainan Lompat Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Rambipuji Jember. JECIE, 2(2), 64–73. ttps://doi.org/10.20414/iek.v2i1.2270
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 04(1), 30–41. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2018
Indrawati, R., & Darmawani, E. (2021). Penerapan Metode Pemberian Tugas terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.8736
Irawan A. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Penggunaan Media Buah Puzzle Angka pada Kelompok A di Raudlatul Athfal Babussalam, Krian, Sidoarjo. Journal of Early Childhood Education and Development. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.503
Isnawanti, Y., & Marlina, S. (2018). Improvement of Ability To Know The Concept of Number Through The Smart Game Bag in Al-Hikmah Kindergarten Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5(2). https://doi.org/10.24036/103716
Laily, A., Jalal, F., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214
Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2020). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311
Norita, E., & Hadiyanto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia di TK Negeri Pembina Padang. Jurnal Basicedu, 5(2), 561–570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.783
Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812
Sandyprihati, D., Rasmani, U. E. E., & Hafidah, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 69–74. https://doi.org/10.21009/jiv.1601.7
Sari, N., & Fauziddin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Kelompok A1 TK Bina Kasih. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22-31. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/500
Setyaningtyas, P., & Harun, H. (2020). Brain Based Learning Efektif Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Konsep Bilangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1021. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.479
Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2022). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910
Suciati. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan dan Berhitung Permulaan melalui Permainan Media Kartu Angka pada Kelompok B di TK Pertiwi Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(2), 16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.41
Sumardi, Rahman, T., & Syifa Gustini, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia 1(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/9359
Susanti F, & Ismet S. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan melalui Permainan Bowling Modifikasi di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhsan Pasaman. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. https://doi.org/10.24036/103717
Syukron Al Mubarok, A. A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221
Udiani N, & Kristianti R. (2021). Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Berbasis Teori Brunner untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 202–210. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/34445
Umaternate, W., Haryati, & Mahmud, N. (2020). Penerapan Media Gelas Angka dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Lambang Bilangan 1-10. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2). https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1954
Weni, R. P. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Metode Proyek dengan Media Kartu Pintar Siswa TK Pertiwi Banteran Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 147–163. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1363
Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 78–89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91