
Author
Mukhibat Mukhibat(1

Managemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia(1)

Article Analytic |
Published : 2020-01-17
Copyright (c) 2020 Mukhibat Mukhibat
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 415 times
PDF Downloaded: 261 times
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan mutu pendidikan di Kelompok Kerja (POKJA) RA Poncol Magetan melalui program sedekah sampah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pesrpektif ethnoscience, dengan berusaha memahami perspektif lokal tentang pengelolaan sampah dengan menerapkan interview etnografi untuk memperoleh sejumlah taksonomi pengetahuan lokal. Sedekah sampah telah menjadi salah satu solusi persoalan sumber pembiayaan dan lemahnya literasi keuangan, sehingga RA yang tergabung dalam POKJA RA Poncol Magetan memiliki kesiapan yang optimal dalam pelaksanaan program-program pendidikannya pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Selain itu POKJA RA Poncol Magetan memiliki keberdayaan yang baik melalui keterampilan dalam menyusun arus kas yang benar dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajarnnya melalui sedekah sampah, dimana sedekah sampah merupakan alternatif pemecahan masalah sampah yang memadukan unsur edukasi dan pemberdayaan yang berkelanjutan
Keywords
References
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1931. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
EMIS | Dashboard | Pendis Kemenag. (n.d.). Retrieved January 17, 2020, from http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=data-statistik
Firdaus, R., & Ariyanti, M. (2004). Manajemen Perkreditan Bank umum (Teori, Masalah, Kebijakan dan Aplikasinya Lengkap dengan Analisa Kredit). Bandung: Alfa Beta.
Herliyati, C. P., & Suparmini, S. (2018). Perilaku Peduli Lingkungan Siswa dan Pelaksanaan Program Sedekah Sampah di Smpit Ar Raihan Bantul. Social Studies, 7(5), 497506.
Indonesia, R. (2003). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Komara, R., Widyastuti, A., & Layyinaturrobaniyah, L. (2018). Kemandirian Aparatur Sipil Negara (ASN) Melalui Literasi Keuangan. Proceeding of Community Development, 1, 1. https://doi.org/10.30874/comdev.2017.1
Magetan, K. A. Data. , (2019).
Maya, S., Haryono, S., & Kholisya, U. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Menjadi Nilai Ekonomis dan Pembentukan Bank Sampah di Kelurahan Tanjung Barat. Proceeding of Community Development, 1, 157. https://doi.org/10.30874/comdev.2017.21
Muhaimin. (2005). Mutu di Universitas Islam Malang. Malang: Kantor Jaminan Mutu UIN Malang.
Muhaimin. (2015). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group.
Mukhibat. (2013). Manajemen Berbasis Madrasah, Praktik dan Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Mulasari, S. A., Husodo, A. H., & Muhadjir, N. (2016). Analisis Situasi Permasalahan Sampah Kota Yogyakarta dan Kebijakan Penanggulangannya. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(2), 259. https://doi.org/10.15294/kemas.v11i2.3989
Rindaningsih, I. (2012). Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond center and circle Time) BCCT Pada PAUD. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 213. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.42
Rosyidah, A. N., Sudarmin, S. S., & Siadi, K. K. (2013). Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif dalam Bahan Makanan untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal, 2(1).
Sallis, E. (2006). Total Quality Management in Education. Jogjakarta: IRCiSoD.
Sonedi, S., Jamalie, Z., & Majeri, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat. FENOMENA, 9(1), 25. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.702
Triwardani, R. (2013). Pembudayaan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Bank Sampah Di Desa Duwet Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(1), 470484.
Refbacks
- There are currently no refbacks.