Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Anak Prasekolah oleh Ibu Millennial yang Kecanduan Internet

Authors

  • Fadila Arifatul Fardah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Ikhrom Ikhrom Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Agus Sutiyono Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4119

Keywords:

anak prasekolah, ibu millennial, internet addiction, penanaman nilai-nilai agama islam

Abstract

Riset tentang ibu milenial kebanyakan dikaitkan dengan kecanduan internet, medsos, dan belanja online, tidak  banyak yang membicarakan bagaimana mereka menggunakan gadget untuk mengenalkan agama pada anak. Artikel ini bertujuan mengungkap penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak-anak mereka oleh para ibu milenial menggunakan gadgetnya.Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologik ini bersandar pada data wawancara dan observasi kepada 9 ibu milenial dan 9 anak prasekolah. Hasil penelitian menunjukkan ibu milenial secara intensif mengenalkan nilai-nilai agama Islam pada anak, mayoritas memanfaatkan chanel youtube. Konten youtube yang digunakan meliputi: serial animasi Malaysia Omar Hana, rico the series, kisah nabi, lagu anak Islami, dan animasi binatang. Perbedaan penggunaan konten youtube dipicu oleh faktor pendidikan, pekerjaan dan ekonomi keluarga. Selain itu, penggunaan konten youtube berimplikasi pada kualitas dan kuantitas pemahaman nilai agama anak prasekolah. Hasil riset merekomendasikan pengfungsian gadget sebagai faktor determinan bagi ibu milenial dalam mengenalkan nilai keagamaan kepada anak prasekolah di masa kini dan mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, T. (2002). Ensiklopedi Tematis Dunia Islam jilid III. Ochyiar Baru Van Hoeve.

Adu, L., Rijal, M., & Rahawarin, Z. A. (2021). The Inculcation of Islamic Values in Preschool Children. In Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI) (Vol. 12, Issue 4). https://orcid.org/0000-0002-5555-7645

Afni, M. N., & Taja, N. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Film Omar dan Hana. Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI), 2(1), 57–64. https://doi.org/0.29313/jrpai.v2i1.986

Aqila, F., & Ardina, M. (2021). YouTube Approach Sebagai Media Pembelajaran Komunikasi Digital Preschool di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Audiens, 2(2), 166–173. https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11863

Asmawati, L. (2020). Peran Orangtua Dalam Penggunaan Film Animasi Islami Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 216–223.

Bastami, B., & Fitriyah, R. (2021). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Lagu-lagu Islami. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 29. https://doi.org/10.28944/fakta.v1i1.209

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Pustaka Belajar.

Dradjat, Z. (1995). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: YPI Ruhama, Cet. ke-2 (p. 35). Ruhama.

Fathiyah, K. N. (2007). Problem, dampak, dan solusi transformasi nilai-nilai agama pada anak prasekolah. Dinamika Pendidikan, 14(1), 102–117. https://eprints.uny.ac.id/4875

Gunawan, A., & Muchardie, B. G. (2015). Pola Perilaku Pembelian Produk Apparel untuk Balita oleh Millennial Moms dan Implikasinya untuk Pemasar Kids Apparel. Binus Business Review, 6(1), 142. https://doi.org/10.21512/bbr.v6i1.997

Idayanti, R. (2020). Model Konsumsi Peduli Maslahah Ibu-Ibu Milenial. ILTIZAM Journal of Shariah Economic Research, 4(1), 136. https://doi.org/10.30631/iltizam.v4i1.579

Jati, W. D. P. (2021). Literasi Digital Ibu Generasi Milenial terhadap Isu Kesehatan Anak dan Keluarga. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 1–23. https://doi.org/10.24815/jkg.v10i1.20091

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Latipah, E., Adi Kistoro, H. C., Hasanah, F. F., & Putranta, H. (2020). Elaborating motive and psychological impact of sharenting in millennial parents. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4807–4817. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081052

Lindo, J. M. (2011). Parental job loss and infant health. Journal of Health Economics, 30(5), 869–879. https://doi.org/10.1016/j.jhealeco.2011.06.008

Muda, I., & Sosial, M. (2021). Ibu Milenial Dan Sharenting Lifestyle di Ibu Kota. Jurnal Kajian Psikologi Dan Konseling, 18(1), 888–897. https://doi.org/10.24114/konseling.v18i1.27831

Noer Rohmah. (2020). Psikologi Agama (Amatul Jadidah (Ed.)). CV.Jakad Media Publishing.

Nur ‘Afiatus Sa’adah, Tamsik Udin, & Aceng Jaelani. (2022). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Serial Animasi Riko The Series. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 15–25. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1705

Putri, N. R., Harkan, A. A., Khairunnisa, A. A., Nurintan, F., & Ahdiyat, M. A. (2021). Construction of “Sharenting†Reality for Mothers Who Shares Children’s Photos and Videos on Instagram. Proceedings of the Asia-Pacific Research in Social Sciences and Humanities Universitas Indonesia Conference (APRISH 2019), 558(Aprish 2019), 782–788. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210531.099

Radar Surabaya. (2020). Ibu Sibuk Main Gadget, Anak Terbengkalai, Pernikahan di Ujung Cerai. https://radarsurabaya.jawapos.com

Rafiki, A., & Wahab, K. A. (2014). Islamic Values and Principles in the Organization: A Review of Literature. Asian Social Science, 10(9). https://doi.org/10.5539/ass.v10n9p1

Ramadhani, E., Agustini, F., & Amanah, D. (2022). Pola Perilaku Ibu Rumah Tangga Sebagai Pengguna Media Sosial Di Kota Medan. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 06(1), 17–28. https://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender/article/view/5523

Republika Online. (2013). Pecandu Internet Ternyata Ibu-Ibu. https://news.republika.co.id/berita/mmtn6l/pecandu-internet-ternyata-ibuibu

Ridhwan, D. S. (2020). Konsep Dasar Pendidikan Islam. Raja Grafindo Persada.

Samy, M., Abdelmalak, R., Ahmed, A., & Kelada, M. (2020). Social media as a source of medical information during COVID-19. Medical Education Online, 25(1), 2–4. https://doi.org/10.1080/10872981.2020.1791467

Setiawan, R. (2021). Digital Mums Survey 2021: Para Ibu Habiskan 5 Jam Sehari di Dunia Maya.

Sherber, N. S. (2018). The millennial mindset. Journal of Drugs in Dermatology, 17(12), 1340–1342.

Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.

Taufik, M. (2021). Malaikat Itu Bernama Ibu (Ulfa Nur Halizah (Ed.)). Yayasan Cendekia Muslim Press.

Utari, S. A., Dwi, W., & Zebua, A. (2016). the Using of Digital Pregnancy Applications As an. Proceeding International Conference On Social Sciences, November, 138. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ICSS/article/view/6436

Weinstein, A., & Lejoyeux, M. (2010). Internet addiction or excessive internet use. American Journal of Drug and Alcohol Abuse, 36(5), 277–283. https://doi.org/10.3109/00952990.2010.491880

Wenerda, I. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Wadah Komunikasi Ibu-Ibu di Era Digital. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 23(1), 43–53. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v23i1.105

Young, Ki. S., & Rogers, R. C. (1998). The relationship between depression and internet addiction. Cyberpsychology and Behavior, 1(1), 25–28. https://doi.org/10.1089/cpb.1998.1.25

Yusron Masduki dan Idi Warsah. (2020). Psikologi Agama. Tunas Gemilang.

Zakiah Darajat. (1995). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Ruhama.

Downloads

Published

08-12-2023

How to Cite

Fardah, F. A., Ikhrom, I., & Sutiyono, A. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Anak Prasekolah oleh Ibu Millennial yang Kecanduan Internet. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6787–6797. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4119

Issue

Section

Articles