Gambaran Literasi Media Sosial pada Guru RA di Kota Medan

Authors

  • Khairuddin Lubis Pendidikan Agama Islam, Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Susanti Nirmalasari Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Alwashliyah Meda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4116

Keywords:

literasi media sosial, pendidikan anak usia dini, digitalisasi

Abstract

Urgensi pendidik dalam meningkatkan kualitas pengajarannya dalam upaya untuk memperkenalkan digitalisasi kepada anak didiknya merupakan tantangan yang besar bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran literasi media pada guru RA di Kota Medan. Subjek penelitian adalah 30 guru RA di Kota Medan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan November 2022 sampai dengan Minggu kedua Januari 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan wawancara dan menyebarkan angket pada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru RA menggunakan internet tidak hanya sebagai sarana mencari informasi namun juga digunakan sebagai salah satu akternatif mepembelajaran. Adapun konten media yang sering diakses adalah konten pendidikan dan inspirasi sebagai media literasi dalam mendapatkan informasi. Adapun jenis konten media yang banyak dilihat adalah konten pendidikan dan inspirasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L. (2020). Viralitas Konten Di Media Sosial. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149–160.

Darmastuti, R., Winarso, S., Edi, M., & Christianto, E. (2018). Model literasi media dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal masyarakat Salatiga. ASPIKOM, 3(4), 635–649. http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i4.220

Darmawan, C., & Sugandi, M. S. (2018). Media literacy education for youth in Bandung city. Advances in Social Science, Education and Humanities Research: 3rd International Conference on Transformation in Communication (ICoTiC 2017) Media, 150(ICoTiC 2017), 142–148.

Demetriou, A., & Spanoudis, G. (2017). From cognitive development to intelligence: translating developmental mental milestones into intellect. Journal of Intelligence, 5(3), 1–8. https://doi.org/10.3390/jintelligence5030030

Demillah, A. (2019). Peran Film Animasi Nussa dan Rara Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i2.3349

Djafar, E. K. A. M., Law, F., Law, F., Law, F., Syahwiah, A., & Law, F. (2020). Social Media Literation in Treating the Spread of Fake News : Ite Law Perspective. Awang Long Law Review, 3(1), 18–21. https://ejournal.stih-awanglong.ac.id/index.php/awl/article/view/98

Djusar, S., Fajrizal, & Asril, E. (2022). Pengembangan Konten Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kota Pekanbaru. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i1.7742

Gafar, A. (2008). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.8 No. 2 Juli 2008. Penggunaan Internet Sebagai Media Baru Dalam Pembelajaran, 8(2), 36–43.

Gani, A. G. (2014). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 2(2). https://doi.org/10.35968/jsi.v2i2.49

Hayati, M., Albantani, A. M., & Faridah, I. (2022). Nilai-Nilai Moral dalam Film Animasi Nusa dan Rara. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 37–48. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.693

Iskandar, D., & Isnaeni, M. (2019). Penggunaan Internet Di Kalangan Remaja Di Jakarta. Communicare : Journal of Communication Studies, 6(1), 57. https://doi.org/10.37535/101006120194

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Yrama Widya.

Kristina, E. (2015). Pola Penggunaan Internet Oleh Kalangan Remaja Di Kabupaten Semarang. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 4(2), 319–350. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/50

Kurniali, S. (2011). Peran Media Sosial di Internet pada Penerapan Proses Knowledge Management. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2(1), 167. https://doi.org/10.21512/comtech.v2i1.2729

Lau, J. (2006). Guidelines on Information Literacy for Lifelong Learning. Retrieved October, 60.

Lee, A., Chuh, A., & Wong, W. (2006). The association of early infections and atopic dermatitis. A retrospective case-control study in Chinese children in primary care in Hong Kong. European Journal of Pediatric Dermatology, 16(2), 101–104. https://doi.org/10.1111/j.0022-202x.2005.23877_3.x

Liang, W. (2020). Teachers’ responses to human rights education policies and practices in a Chinese secondary school. Journal of Moral Education, 49(4), 529–544. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1667756

Masse, M. R. (2017). Internet Dan Penggunaannya (Survei di kalangan masyarakat Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(1), 13. https://doi.org/10.31445/jskm.2017.210102

Mazaya, V. (2021). Strategi Viralisasi Konten Dakwah di Kanal Youtube. Jurnal Komunikasi Islam, 11(2), 290–323. https://doi.org/10.15642/jki.2021.11.2.290-323

Muktiarni, M., Widiaty, I., Abdullah, A. G., Ana, A., & Yulia, C. (2019). Digitalisation trend in education during industry 4.0. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077070

Munandar, A., & Sobari, T. (2020). Penerapan Literasi Media Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia| 615 Penerapan Literasi Media Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(4), 615–621. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/5223

Nursyifa, A., Rahmadi, I. F., & Hayati, E. (2020). TPACK Capability Preservice Teachers Civic Education in the Era of Industrial Revolution 4.0. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 15. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17982

Pasrah, R., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2020). Nilai-Nilai Karakter yang Terdapat dalam Film Animasi Upin dan Ipin Episode “Jembatan Ilmu.†PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 152–164. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.28665

Pers, J. D. (2011). Era Media Online , New Media Antara Kemerdekaan Berekspresi dan Etika. Jurnal Dewan Pers, 4, 1–75.

Pratiwi Agustini. (2023). Indeks Literasi Digital Indonesia Kembali Meningkat Tahun 2022. KOMINFO.

Purnomosari, E., Indrawati, I., & Pirunika, S. (2022). Penerapan Literasi pada Anak Usia 5-6 Tahun Sebagai Upaya Persiapan Masuk Ke Jenjang SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3381–3390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2348

Romadhoni, B. A. (2019). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Teknologi Informasi. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 10(1). https://doi.org/10.34001/an.v10i1.741

Rumata, V. M. (2017). Digitalisasi Dan Eksistensi Media Cetak ( Studi Kualitatif Majalah Go Girl Dan Harian Suara Pembaharuan ). Komunikologi, 15(2), 128–136. https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/200

Savitri, S. (2015). Peranan Internet Sebagai Sumber Informasi. Website Litbang Pertanian, 30, 1–6.

Silalahi, R. R., Mardani, P. B., & W, R. N. (2020). Optimalisasi Pemanfaatan Internet Sebagai Media Hiburan Dan Edukasi Bagi Remaja Di Tengah Wabah Covid-19. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 24 (3), 301–311. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/1244

Suárez-Ãlvarez, R., Vázquez-Barrio, T., & de Frutos-Torres, B. (2022). Parental Digital Mediation According to the Age of Minors: From Restraint and Control to Active Mediation. Social Sciences, 11(4). https://doi.org/10.3390/socsci11040178

Suparyanto & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Media Yogyakarta.

Tobing, S. M. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.31932/jpk.v4i1.376

Warpindyastuti, L. D., & Sulistyawati, M. E. S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Internet Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Promosi Pada MIN 18 Jakarta. Widya Cipta, 2(1), 91–95. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/2971

Wibawa, A. P., Swandi, I. W., Agus, I. G., & Sadguna, J. (2020). Media Literation As a Means To Reduce the Negative Impact of Media Due To Covid-19 Virus. Proceeding International Conference on Information Technology, Multimedia, Architecture, Design, and E-Business, 1, 452-459. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/imade/article/view/461

Wilantika, N., Nurmalasari, M., & Wibisono, S. B. (2019). Edukasi Penggunaan Internet Sehat, Aman dan Produktif Melalui Kelompok Majelis Taklim. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 19(2), 189–199. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v19i2.3823

Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of physical activity on motor skills and cognitive development in early childhood: A systematic review. BioMed Research International, 2017. https://doi.org/10.1155/2017/2760716

ZR, Z., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896

Downloads

Published

16-03-2023

How to Cite

Lubis, K., & Nirmalasari, S. (2023). Gambaran Literasi Media Sosial pada Guru RA di Kota Medan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1587–1597. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4116

Issue

Section

Articles