- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4056Keywords:
permainan tradisional, sosial emosional, anak usia diniAbstract
Permainan tradisional yaitu permainan yang mampu diintegrasikan untuk meningkatkan aspek pertumbuhan dan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis peran permainan tradisional dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini mempergunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur atau kepustakaan. Pemanfaatan search engine dapat memudahkan peneliti dalam mengidentifikasi dan mencari informasi dengan tepat sehingga digunakan untuk kepustakaan digital dalam mendeskripsikan masalah penelitian. Data yang didapatkan bersumber dari hasil penelitian, buku, dan data yang sudah ada, selanjutnya literatur dan hasil tersebut dideskripsikan atau dianalisis kembali. Adapun jumlah literatur yang digunakan yaitu 16. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwasanya permainan tradisional yang ada di setiap daerah berperan penting dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini. Keterkaitan permainan tradisional  terhadap sosial emosional anak usia dini terlihat berdasarkan peningkatan kemampuan interaksi dengan teman sebaya, keterampilan membangun hubungan, keterampilan memecahkan masalah, bersosialisasi, kooperatif menunjukkan rasa percaya diri, membantu teman, dan bekerja sama dengan kelompok.
Downloads
References
Afrianti, N. (2018). Permainan Tradisional, Alternatif Media Pengembangan Kompetensi Sosial-Emosi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10405
Al Ningsih, Y. R. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Bola Bekel terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 69–76. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v8i1.11570https://doi.org/10.30870/jpppaud.v8i1.11570
Arace, A., Prino, L. E., & Scarzello, D. (2021). Emotional Competence Of Early Childhood Educators And Child Socio-Emotional Wellbeing. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(14), 1–17. https://doi.org/10.3390/ijerph18147633
Astuti, B., & Fatiamaningrum, A. S. (2016). Pengembangan Panduan Permainan untuk Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12363
Blewitt, C., Fuller-Tyszkiewicz, M., Nolan, A., Bergmeier, H., Vicary, D., Huang, T., McCabe, P., McKay, T., & Skouteris, H. (2018). Social and Emotional Learning Associated With Universal Curriculum-Based Interventions in Early Childhood Education and Care Centers: A Systematic Review and Meta-analysis. JAMA Network Open, 1(8), e185727. https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2018.5727
Darminiasih, N. N., Marhaeni, A. A. I. N., & Sutama, M. (2014). Penggunaan Metode Bermain Permainan Tradisional Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Sosial Emosional Anak Kelompok B Tk Sebana Sariâ€. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4,
Decety, J., Steinbeis, N., & Cowell, J. M. (2021). The Neurodevelopment Of Social Preferences In Early Childhood. Current Opinion in Neurobiology, 68, 23–28. https://doi.org/10.1016/j.conb.2020.12.009
Desmariani, E., Kusuma, T. C., & Yanti, F. M. (2021). Permainan Tradisional Sonlah/Engklek untuk Peningkatan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3(No.1), 16–25. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/43
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Dwi, N. A., & Inmas, T. H. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional Ular-Ularan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(2), 137–146. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3561
GarcÃa, J. L., & Heckman, J. J. (2021). Early Childhood Education and Life-Cycle Health. Health Economics (United Kingdom), 30(S1), 119–141. https://doi.org/10.1002/hec.4148
Hery Yuli Setiawan, M. (2016). Improving Early Childhood Social Skills Through Traditional Games. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.52
Justicia, R. (2017). Jurnal Pendidikan : Early Childhood. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717
Karim, A. A., & Muqowim. (2020). Implementasi Permainan Tradisional Jamuran Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 32–41. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
Khaironi, M. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Kusumawati, E., & Ambarsari, R. Y. (2021). Implementasi Permainan Tradisional Untuk Mengontrol Sosial Emosional Selama Proses Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Dini BERNAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 524–529. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.923
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/3301https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/3301
Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978
Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. PRESCHOOL Jurnal Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–28. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172
Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133–147. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013
Nurjannah. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05
Pati, D., & Lorusso, L. N. (2018). How to Write a Systematic Review of the Literature. Health Environments Research and Design Journal, 11(1), 15–30. https://doi.org/10.1177/1937586717747384
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Ramdani, Z., Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Bakiak Ular Tangga Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Golden Age, 5(2), 1–14. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/43
Sujadi, E. (2019). Penerapan Play Therapy Dengan Menggunakan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosio Emosional. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 14. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i1.892
Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150
Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Walsh, D., & Downe, S. (2020). Meta-Synthesis Method for Qualitative Research: A Literature Review. Journal of Advanced Nursing, 50(2), 204–211. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2005.03380.x
Wariyanti, W. (2022). Perkembangan Aspek Sosial Emosional dan Sains Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. Jurnal Basicedu, 6(3), 5351–5361. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2848
Widiastuti, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing Di Kelompok Bermain. Satya Widya, 34, 80. https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/1570
Wijayanti, R. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496