
Author
Nindia Lu'luil Maknun(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Published : 2023-02-17
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 736 times
PDF Downloaded: 399 times
Abstract
Aktivitas di dunia pendidikan berangsur-angsur kembali normal. Kesiapan lembaga PAUD untuk pembelajaran tatap muka mensyaratkan kepatuhan pada protokol Kesehatan. Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai cara dalam membimbing, memotivasi dan membimbing semua elemen pada suatu kelompok untuk memperoleh tujuan yang diharapkan serta memungkinkan kinerja guru dapat berjalan secara maksimum. Tujuan riset ini untuk mengetahui pengaruh peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru masa era new normal di PAUD Kabupaten Kudus. Riset ini menggunakan penelitian kuantitatif non-eksperimental, dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada riset ini guru PAUD Kabupaten Kudus sebanyak 254 orang. Hasil riset menunjukkan kinerja guru masa era new normal dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dapat diterima kebenarannya dengan model hubungan linier. Sehingga hasil riset ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi kepala sekolah, guru, dan dinas pendidikan untuk dapat meningkatkan kinerja guru melalui kepemimpinan kepala sekolah.
Keywords
References
Adhikary, S. (2021). Exploring School Principle’s Practices In Developing Teacher Leaders In Their School. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100189. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100189
Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 83-88. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2521
Arifah Prima Satrianingrum, I. P. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Behbahani, A. (2011). Educational Leaders And Role Of Education On The Efficiency Of Schools Principals. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 9-11. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.040
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465
Diwiyani, D., & Sarino, A. (2018). Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Sebagai Determinan Kinerja Guru. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 17(1), 83-94. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9763
Fatimah, S. (2020). Pembelajaran Di Era New Normal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.
Haeruman, A., Fakhruddin, F., & Arbarini, M. (2021). The Role of Principal Leadership in Improving the Quality of Islamic Elementary School. Educational Management, 10(1), 8-14. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/40676
Hamdana, H. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Journal of Management Science (JMS), 1(2), 281-300. https://doi.org/10.52103/jms.v1i2.291
Hamsah, H. (2019). Pengaruh Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Aliyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 237-244. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10264
Haq, N., Tholkhah, I., & Primarni, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Efikasi Diri Guru terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada Guru di Gugus IV Gunung Sari Kecamatan Pamijahan). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(2), 181-196. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108
Hayati, R. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460-466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381
Indrawan, D., & Marvida, T. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Model Pembelajaran Simulasi Berbasis TIK. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.37985/educative.v1i1.6
Janah, R., Akbar, Z., & Yetti, E. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru PAUD di Kota Depok. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 224-229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.236
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138
Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public health, 179, A1. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001
Librianty, N. (2019). Studi Tentang Peran Kepemimpinan PAUD. Journal on Early Childhood, 2(1), 9-17. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i1.11
Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78-86. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghallia Indonesia.
Ng, Q. X., De Deyn, M. L. Z. Q., Lim, D. Y., Chan, H. W., & Yeo, W. S. (2020). The wounded healer: A narrative review of the mental health effects of the COVID-19 pandemic on healthcare workers. Asian journal of psychiatry, 54, 102258. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2020.102258
Pohan, M. M. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dan Pemimpin Pendidikan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 2(1), 82-91. https://doi.org/10.30821/ansiru.v2i1.1632
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128-137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Untuk Psikologi dan Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putrawan, I. M. (2020). Kepemimpinan Guru dalam Perilaku Organisasi Beberapa Konsep dan Langkah-Langkah Pengukurannya. Bandung: CV. Alfabeta.
Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158-2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139
Sauri, A. S., Widyasari, W., & Sesrita, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Tadbir Muwahhid, 2(1), 73-86. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1160
Setiyati, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206. http://dx.doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8931
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234-2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915
Ulya, W. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2), 1-7. https://doi.org/10.31219/osf.io/zsxm2
Zuldesiah, Z., Gistituati, N., & Sabandi, A. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 663-671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.791
Refbacks
- There are currently no refbacks.