Perbedaan Hasil Belajar Matematika Anak Usia 6-7 Tahun ditinjau dari Pemahaman Guru pada Pembelajaran Transisi dan Regulasi Diri

Author


Rizki Winitri(1Mail), Hapidin Hapidin(2), Yuliani Nurani(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 538KB]

Published : 2020-01-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1417 times PDF Downloaded: 604 times

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan pemahaman guru pada pembelajaran transisi dan regulasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 1 SD di daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ex post facto dengan desain faktorial 2x2. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dirancang dalam bentuk skala likert dan skala gutmen. Analisis data menggunakan anava dua arah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika anak yang diajarkan oleh guru dengan pemahaman guru pada pembelajaran transisi tinggi dan pemahaman guru pada pembelajaran transisi rendah, terdapat perbedaan hasil belajar matematika anak yang memiliki regulasi diri tinggi dan regulasi diri rendah, ada pengaruh interaksi pemahaman guru pada pembelajaran transisi dan regulasi diri terhadap hasil belajar matematika.


Keywords


hasil belajar matematika; pemahaman pembelajaran transisi; regulasi diri

References


Ahtola, A., Silinskas, G., Poikonen, P. L., Kontoniemi, M., Niemi, P., & Nurmi, J. E. (2011). Transition to formal schooling: Do transition practices matter for academic performance? Early Childhood Research Quarterly, 26(3), 295302. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2010.12.002

Arsal, Z. (2010). The impact of self-regulation instruction on mathematics achievements and attitudes of elementary school students z Dzenleme ?retiminin ?lk?retim ?rencilerinin Matematik Ba?ar?s?na ve Tutumuna Etkisi. E?itim Bilimleri Dergisi, 34(152), 112.

Badarne, Z., & Carolina Platon. (2013). Transition From Kindegarden To School. 5, 97101.

Bassok, D. (2016). Is Kindergarten the New First Grade ? (Vol. 1). https://doi.org/10.1177/2332858415616358

Bjrklund, C. (2015). Pre- primary school teachers approaches to mathematics education in Finland. Journal of Early Childhood Education Research, 4(2), 6991.

Cadima, J., Sarah Doumen, Karine Verschueren, & Buyse, E. (2015). Child engagement in the transition to school: Contributions of self-regulation, teacherchild relationships and classroom climate. Early Childhood Research Quarterly, 112. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.01.008

Cockburn, A., & Haylock, D. (2016). Mathematics and transition to school: international perspectives. Research in Mathematics Education, 18(1), 8488. https://doi.org/10.1080/14794802.2015.1132254

Curby, T. W., Elizabeth Berke, Alfonso, V. C., Jamilia J Blake, Darlene Demarie, George J Dupaul, Rena F Subotnik. (2018). Transition Practices into Kindergarten and the Barriers Teachers Encounter. Springer International Publishing AG. https://doi.org/10.1007/978-3-319-90200-5

DeFlorio, L., Klein, A., Starkey, P., Swank, P. R., Taylor, H. B., Halliday, S. E., Mulcahy, C. (2019). A study of the developing relations between self-regulation and mathematical knowledge in the context of an early math intervention. Early Childhood Research Quarterly, 46, 3348. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.06.008

Elyana, L. (2017). Peran self regulated learning dalam pembelajaran PAUD. Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 5964.

Gewati, M. (2018, March). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Memprihatinkan, Solusinya? Kompas.ComM.

Hakim, A. L. (2011). Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar di Kabupaten dan Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.11.

Jihad, A., & Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jzsa, K., & Karen Caplovitz Barrett. (2018). Early Childhood Research Quarterly Affective and Social Mastery Motivation in Preschool as Predictors of Early School Success : A Longitudinal Study. Early Childhood Research Quarterly, 45, 8192. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.05.007

Kiuru, N., Brett Laursen, Kaisa Aunola, Xiao Zhang, & Marja-Kristiina Lerkkanen, Esko Leskinen, Asko Tolvanen, and J.-E. N. (2016). Positive Teacher Affect and Maternal Support Facilitate Adjustment After the Transition to First Grade. Merrill-Palmer Quarterly, 62(2), 158178. https://doi.org/10.13110/merrpalmquar1982.62.2.0158.

Latipah, E. (2015). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi (Yogyakarta), 37(1), 110129. https://doi.org/10.22146/jpsi.7696

Mcclelland, M. M., & Claire E Cameron. (2011). Self-Regulation in Early Childhood : Improving Conceptual Clarity and Developing Ecologically Valid Measures. 0(0), 17. https://doi.org/10.1111/j.1750-8606.2011.00191.x

NAEYC. (2010). National Association for the Education of Young Children. National Association for the Education of Young Children (NAEYC).

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Keenambela). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

TIMSS. (2017, November). Peringkat Berapakah Indonesia di TIMSS? Bernas.Id.

Widarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto.

Yeni Solfiah. (2012). Pengaruh Konsep Diri Akademik Dan Sikap Terhadap Mata Pelajaran Matematika terhadap Hasl Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD. Universitas Negeri Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.