Analisis Buku Cerita Bergambar Bilingual Kumpulan Dongeng Karakter Baik untuk Anak sebagai Sumber Belajar Bahasa Inggris

Authors

  • Faradina Ilma Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-6110-5047
  • Sri Sularti Dewanti Handayani Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4000

Keywords:

Buku Cerita Bergambar Bilingual, Sumber Belajar Bahasa Inggris, Nilai Karakter, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidik harus mempunyai kemampuan untuk memberikan pengetahuan kepada anak didiknya, diantaranya adalah pengetahuan mengenai bahasa dan karakter. Pendidik dan orangtua memiliki peran penting untuk menstimulasi tumbuh kembang anak dengan baik. Kemampuan anak dalam berkomunikasi dan keterampilannya dapat didukung melalui adanya buku ajar yang dipilih sebagai sumber belajar. Maka penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara mendalam dan rinci mengenai unsur linguistik berupa kosakata dan mengidentifikasi nilai karakter yang terkandung dalam setiap cerita yang terdapat pada buku cerita bergambar bilingual dengan judul Kumpulan Dongeng Karakter Baik Untuk Anak yang memiliki 10 cerita dongeng. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa content analysis. Dari penelitian ini memberikan simpulan bahwa buku cerita bergambar bilingual ini layak serta dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa sebagai sumber belajar bahasa Inggris bagi anak usia dini karena mampu meningkatkan keterampilan linguistik pada anak berupa penambahan kosakata baru serta dapat menambah pengetahuan tentang nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. Y. (2017). Introducing Numbers of Early Children by Using Number Cards in PAUD Negeri 2 Band Aceh. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. https://doi.org/10.15294/ijeces.v6i2.20210

Alsairi, M. A. (2018). Earlier is Better: Learning English in Saudi Arabia. English Language Teaching, 11(1). https://doi.org/10.5539/elt.v11n1p141

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575

Adrianindita, S. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Metode Bercerita. BELIA: Early Childhood Education Papers. https://doi.org/10.15294/belia.v4i2.7499

Byers-Heinlein, K., & Lew-Williams, C. (2013). Bilingualism in the Early Years: What the Science Says. Learning Landscapes, 7(1), 95–112. https://doi.org/10.36510/learnland.v7i1.632

Christianti, M. (2017). Children's Knowledge of the Letter as the Beginning of Literacy in Yogyakarta. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. https://doi.org/10.15294/ijeces.v6i1.15784

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Halim, D., & Parhehean Munthe, A. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Hanifah, T. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun. BELIA: Early Childhood Education Papers. https://doi.org/10.15294/belia.v3i2.3727

Hashemi, M., & Azizinezhad, M. (2011). Teaching English to children: A unique, challenging experience for teachers, effective teaching ideas. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 2083–2087. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.405

Hsiao, C. Y., & Shih, P. Y. (2015). The impact of using picture books with preschool students in Taiwan on the teaching of environmental concepts. International Education Studies, 8(3), 14–23. https://doi.org/10.5539/ies.v8n3p14

Indarni, N. (2012). Efektivitas Cerita Bergambar Terhadap Pemahaman Peran Gender Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies. https://doi.org/10.15294/ijeces.v1i1.9196

Juwita, T. T. (2015). Bead Board Letter Effectiveness for the Introduction of Reading Concept Among Children Aged 5-6. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. https://doi.org/10.15294/ijeces.v4i1.9453

Karyani, R. R. (2021). Analisis Pada Buku Dongeng Karakter Utama Anak Usia Dini Setia dan Jujur. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 169. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40689

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi Vo. 01 No 02, 82-89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Kurniasih, E. (2014). Teacher Strategies in Character Education Development in Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. https://doi.org/10.15294/ijeces.v3i2.9481

Mart, C. T. (2012). Encouraging young learners to learn English through stories. English Language Teaching, 5(5), 101–106. https://doi.org/https://doi.org/10.5539/elt.v5n5p101

Montag, J. L., Jones, M. N., & Smith, L. B. (2015). The words children hear: Picture books and the statistics for language learning. Psychological Science, 26(9), 1489–1496. https://doi.org/10.1177/0956797615594361

Munthe, A. P. (2019, Desember). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 99. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111

Muthmainah, P. E. (2022). Koping untuk Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Negatif Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 6 Issue 5 , 4449-4460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1967

Nisfa, N. L. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Diniâ€. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nuryani, S. (2015). Studi Deskriptif Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini di Lingkungan Lokalisasi Sunan Kuning Kelurahan Kalibanteng Kulon Kota Semarang. BELIA: Early Childhood Education Papers. https://doi.org/10.15294/belia.v4i2.7546

Purandina. (2021). Implementasi Media Digital untuk Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 68. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2086

Putri, N. A. (2017). The Implementation of Storytelling Method for History Education to Develop Nasionalism Attitudes of Early Childhood in Handayani Brebes Kindergarten. BELIA: Early Childhood Education Papers. https://doi.org/10.15294/belia.v6i2.19489

Rahayuningsih, S. L. (2022). Model Pelibatan Orang Tua dalam Blended Learning untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2661

Rasmini, N. W. (2022). Analysis of the Impact of Storytelling Methods on Early Childhood Religion and Moral Development. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 Issue 3. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1719

Retnowati, G., Salim, R. M. A., & Saleh, A. Y. (2018). Effectiveness of Picture Story Books Reading to Increase Kindness in Children Aged 5-6 Years. Lingua Cultura, 12(1), 89. https://doi.org/10.21512/lc.v12i1.2095

Sangia, R. A. (2022). Emerging Word Games to Improve Young Learners' Vocabulary Skills in Ambonese Islamic School. Jo-ELT: Journal of English Language Teaching, 9(1), 72. https://dx.doi.org/10.33394/jo-elt.v9i1.5233

Shobikah, N. (2018). English Education for Early Childhood Learner. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Vol. 12 No.1, 50-62. https://doi.org/10.24260/atturats.v12i1.970

Shukurova, M. (2009). Bilingualism and bilingual education in Iceland. B.A Essay. https://doi.org/10.1515/ijsl.1992.97.37%0A

Sobarna, A. H. (2017). Managemet Character Education in Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. https://doi.org/10.15294/ijeces.v6i2.20188

Spencer, E. J., Goldstein, H., & Kaminski, R. (2012). Teaching vocabulary in storybooks. Young Exceptional Children, 15(1), 18–32. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1096250611435367

Ulwiyah, I. (2019). Pengaruh Story-Reading (Buku Bilingual) Terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. Journal of Elementary School. https://doi.org/10.31539/joes.v2i2.949

Umaroh. (2013). Upaya Meningkatan Kecerdasan Bahasa Melalui Model Cooperative Learning Pada Siswa Kelompok B Di Ra Muslimat Nu Desa Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. https://doi.org/10.15294/belia.v1i1.317

Unjunan, O. P. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di PAUD Sekar Nagari Unnes. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 178. http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9258

Utariningsih, F. H. (2016). The Language Development (Vocabulary) of Child Through teh Expression of the Image in KIndergaten Kemala Bhayangkari 90 Akpol Semarang. BELIA: Early Childhood Education Papers. https://doi.org/10.15294/belia.v5i2.16215

Van Horn, D., & Kan, P. F. (2016). Fast mapping by bilingual children: Storybooks and cartoons. Child Language Teaching and Therapy, 32(1), 65–77. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0265659015584975

Zulminiati. (2012). Knowing The Characteristics Behaviour Of Early Children. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies. https://doi.org/10.15294/ijeces.v1i2.9213

Downloads

Published

08-02-2023

How to Cite

Ilma, F., & Handayani, S. S. D. (2023). Analisis Buku Cerita Bergambar Bilingual Kumpulan Dongeng Karakter Baik untuk Anak sebagai Sumber Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 730–744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4000

Issue

Section

Articles