Zahrawain: Strategi Program Hafalan Al-Qur’an Anak Usia Dini

Authors

  • Maisah Kholis Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-6274-0122
  • Zaim Elmubarok Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Deni Setiawan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3995

Keywords:

anak usia dini, hafalan al-qur’an, mertode zahrawain, strategi program

Abstract

Zahrawain merupakan salah satu metode menghafal al-Qur’an anak usia dini. Metode ini menekankan pentingnya mengoptimalkan indera audio dan visual anak saat menghafalkan al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksperimen penerapan program hafalan al-Qur’an anak usia dini menggunakan strategi Zahrawain. Metode yang digunakan adalah eksperimen model Single Subject Research dengan satu sampel dalam desain A-B-A’. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah subjek sebelum adanya perlakuan menunjukkan belum sama sekali menghafal ayat yang akan diberikan, kegiatan menghafal al-Qur’an dengan strategi Zahrawain efektif untuk meningkatkan program hafalan al-Qur’an anak usia dini; dan kondisi subjek setelah diberikan perlakuan menunjukkan pada kategori baik. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Zahrawain dalam program hafalan al-Qur’an untuk anak usia dini cukup efektif diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Shukri, N. H., M. Nasir, M. K., & Abdul Razak, K. (2020). Educational Strategies on Memorizing the Quran: A Review of Literature. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 9(2), 632–648. https://doi.org/10.6007/ijarped/v9-i2/7649

Abdul Rashid R., Zakaria M. K., Abu Mansor N. S., & A. H. R. (2020). Examining The Influence of A Cognitive Activity on Learners’ Language Proficiency and Critical Thinking Ability. Proceedings of INTED2020 Conference. ttps://doi.org/10.21125/inted.2020.1807

Ajeng Wahyuni & Akhmad Syahid. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 87. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1389

Alucyana. (2017). Pembelajaran Al-Quran untuk Anak Usia Dini dengan Metode Muyassar. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 2(16), 33–45. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/57

Aslan. (2022). Relevancy of Research Evidence with The Success of Al-Qur’an Memorising: Young Hafiz Motivational Approach. Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 1–17. https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3929

Chakimuddin, M., Amirudin, N., Man, O., & Ladamay, A. (2022). Implementasi Metode Zahrawain Dalam Pembelajaran Tahfidhul Qur ’ an Di Rumah Qur ’ an Al -Ummah Gresik Kota Baru Pendahuluan Landasan Teori. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran Lamongan, 254–266. https://doi.org/10.37286/jmp.v1i2.173

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489

Dzulkifli, M. A., & Solihu, A. K. H. (2018). Methods of Qur’anic memorisation (Hifz): Implications for learning performance. Intellectual Discourse, 26(2), 931–947. https://journals.iium.edu.my/intdiscourse/index.php/id/article/view/1238

Elhadj, Y. O. M. (2010). E-Halagat: An E-learning System for Teaching The Holy Quran. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET 9, 1, 54–61. https://eric.ed.gov/?id=EJ875763

Etsem MB, V. J. (2015). The Effect of Reciting Holy Qur’an Toward Short-term Memory Ability Analysed Trought The Changing Brain Wave. Jurnal Psikologi, 3(1), 17–29. https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7661

Fairuzillah, M. N. (2021). Pengalaman Orang Tua dalam Mendidik Anak untuk Menghafal Al-Qur’an Sejak Dini. Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Fairuzillah, M. N., & Listiana, A. (2021). The Positive Impact of Memorizing the Qur’an on Cognitive Intelligence of Children. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 334–338. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.071

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Harmonis, M., Syafri, F., Widat, F., Rumlystiowati, R., & Agustin, N. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Game Gartic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3578–3589. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2070

Hayati & Harianto. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Hidayat, F. (2017). Kajian Psikologi Pembelajaran Hafal Quran bagi Anak Usia Dini. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 2, 83–94. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/61

Hilda Amelia, E. J. S. (2022). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Siswa. Andragogi, 4(2), 179–195. https://jurnalptiq.com/index.php/andragogi/article/view/283

Irmansyah, A. M. A. (2021). Character Education in Contemporary Islamic Thinking. Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 93–99. https://etdci.org/journal/ijrer/article/view/171

Jahangir, N. N. . &. (2015). Effects of Memorising Quran by Heart (Hifz) on Later Academic Achievement. Journal of Islamic Studies and Culture, 3(1), 58–64. https://doi.org/10.15640/jisc.v3n1a8

John W. Creswell. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Juang Sunanto, Koji Takeuchi, dan H. N. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. University of Tsukuba Pendidikan Indonesia.

Julianto, T. A. (2020). Metode Menghafal dan Memahami al-Qur’an bagi anak usia dini melalui Gerakan Isyarat ACQ. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 71–84. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro/article/view/1439

Kurniawati, A. (2021). Implementasi Program Tahfidzul Qur’an dengan Metode Tabarak dan Metode Zahrawain untuk Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/95539

Latipah, E. (2022). Motives, self-regulation, and spiritual experiences of hafizh (the qur’an memorizer) in indonesia. International Journal of Instruction, 15(1), 653–672. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15137a

Lidya Oktaviani, Arifmiboy, I. dan J. (2022). Efektivitas Metode Tabarak dalam Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini di Tahfizh Anak Usia Dini (TAUD) Bunayya Shohibul Quran Pandai Sikek. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i1.7

Masithah. (2023). Pemanfaatan Media Smart Hafiz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(1), 210–219. ttps://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i1.1640

Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188-198. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.15

Mesiono, M., Vanni, S. O., & Zairina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dwi Utama Deli Serdang. Jurnal Raudhah, 8(1), 58–68. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/586

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.

Novebri N. & Dewi S. (2020). Correlation Between Students’ Ability to Memorise The Qur’an and Students’ Learning Achievement at Islamic Boarding Schools in Indonesia. Khalifa: Journal of Islamic Education, 4(2), 171–178. https://doi.org/10.24036/kjie.v4i2.51

Novita, L., Sukmanasa, E., & P. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Penggunaan, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Nur Latifah. (2021). Pembelajaran Al Qur’an Pada Program Tahfidz Balita dan Anak Usia Dini. Journal of Instructional and Development Researches, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.53621/jider.v1i1.17

Putri, V. N. R. (2020). Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dan Pelakasanaannya pada Anak Down Syndrome di Sekolah Qur’an dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Zahrawain Indonesia Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/86803

Ramdane, T., & Souad, M. (2017). Towards a New Approach in the Teaching of the Holy Qur ’ an. International Journal of Humanities and Social Science, 31(10), 143–152. http://irep.iium.edu.my/60366

Rifmasari, Y., Zein, R., & Anggraini, V. (2022). The Effect Of Audio Visual Media On The Ability To Count Of Kindergarten. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2777–2784. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1665

Santana, N. O. dan F. D. T. (2022). Media Audio Visual : Penerapan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(6), 666–671. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/12739

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Alfabeta.

Thoifah, I. (2021). Trends In Al-Quran Learning Applications for Indonesian Students: Solutions for Learning Quran During the Covid-19 Pandemic? Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 581–594. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/1247

Wijaya, S., Bayu, A., & Nandiyanto, D. (2022). Weather and Its Effect Learning on Digital-Based Early Childhood Education Students. ASEAN Journal of Community Service and Education, 1(1), 69–76. https://ejournal.bumipublikasinusantara.id/index.php/ajcse/article/view/75

Yus, A., & Sitorus, M. (2019). Development Analysis of Ability Memorizing the Qur ’ an on Early Childhood in PAUD Bait Qurany Saleh Rahmany , Banda Aceh , Indonesia. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, Volume 2(4), 185–190. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.506

Downloads

Published

26-03-2023

How to Cite

Kholis, M., Elmubarok, Z., & Setiawan, D. (2023). Zahrawain: Strategi Program Hafalan Al-Qur’an Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1776–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3995

Issue

Section

Articles