Survei Kesiapan Bersekolah Anak Usia Dini di Provinsi Banten Tahun 2022

Authors

  • Irma Yuliantina Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3988

Keywords:

kesiapan bersekolah, pendidikan anak usia dini, sekolah dasar

Abstract

Pendidikan anak usia dini bertujuan agar seorang anak usia dini memiliki kesiapan untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data atau informasi, pendapat, sikap dan membuat deskripsi komprehensif mengenai komponen kesiapan bersekolah di wilayah Banten. Permasalahan dalam penelitian ini Adanya kebijakan pemerintah melalui syarat usia dan kesiapan psikis anak dalam memasuki SD merupakan bentuk upaya pemerintah dalam menunjang kesiapan bersekolah anak. Teknik survey yang digunakan dalam mengkaji tentang kesiapan bersekolah ini menggunakan incidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan atau dengan kata lain bahwa survey ini memberikan kebebasan kepada siapa saja yang tersedia di suatu tempat yang sesuai dengan konteks penelitian diperkenankan untuk mengisi instrumen. Dalam hal ini, responden yakni guru, kepala sekolah, orang tua, penilik dan pengawas, baik di satuan PAUD dan SD di wilayah  provinsi Banten diperbolehkan untuk mengisi instrument kesiapan bersekolah. Dari analisis data masih terdapat ketidak pahaman guru terhadap transisi PAUD -SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Irma Yuliantina, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi

Magiter Pendidikan Anak Usia Dini

References

Apriyansyah, C., & Kurniawaty, L. (2022). Pengembangan Model Permainan Berbasis Barang Bekas untuk Membangun Kompetensi Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6837–6849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3446

Aryanti, Z. (2017). Kesiapan anak saat memasuki sekolah dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 64–67. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/kesiapan-anak-saat-memasuki-sekolah-dasar

Bloch, M. N., & Kim, K. (2015). A Cultural History of “Readiness†in Early Childhood Care and Education: Are There Still Culturally Relevant, Ethical, and Imaginative Spaces for Learning Open for Young Children and Their Families? Rethinking Readiness in Early Childhood Education, 1–18. https://doi.org/10.1057/9781137485120_1

Bratanoto, V. Z., Forman, A., Kurniawati, Y., & Pranoto, S. (2022). Bronfenbrenner ’ s Bioecological Theory : School Readiness for Children in the Context of Distance Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1). https://doi.org/10.21009/JPUD.161.06

Carlton, M. P., & Winsler, A. (1999). School Psychology Review School Readiness: The Need for a Paradigm Shift. School Psychology Review, 28(3), 338–352. https://doi.org/10.1080/02796015.1999.12085969

Cristofaro, T. N., & Tamis-LeMonda, C. S. (2012). Mother-child conversations at 36 months and at pre-kindergarten: Relations to children’s school readiness. Journal of Early Childhood Literacy, 12(1), 68–97. https://doi.org/10.1177/1468798411416879

Davies, S., Janus, M., Duku, E., & Gaskin, A. (2016). Using the Early Development Instrument to examine cognitive and non-cognitive school readiness and elementary student achievement. Early Childhood Research Quarterly, 35, 63–75. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.10.002

Duncan, G. J., Dowsett, C. J., Claessens, A., Magnuson, K., Huston, A. C., Klebanov, P., Pagani, L. S., Feinstein, L., Engel, M., Brooks-Gunn, J., Sexton, H., Duckworth, K., & Japel, C. (2007). School Readiness and Later Achievement. Developmental Psychology, 43(6), 1428–1446. https://doi.org/10.1037/0012-1649.43.6.1428

Greenfader, C. M. (2019). What is the role of executive function in the school readiness of Latino students? Early Childhood Research Quarterly, 49, 93–108. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.02.011

H.Douglas Brown. (2000). Teaching by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy (p. 491). Allyn & Bacon.

Halimah, N., & Kawuryan, F. (2010). Kesiapan Memasuki Sekolah Dasar Pada Anak Yang Mengikuti Pendidikan TK dengan Yang Tidak Mengikuti TK. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, I(1), 1–8. https://doi.org/10.18551/erudio.9-1.6

Hamerslag, R., Oostdam, R., & Tavecchio, L. (2018). Inside school readiness: the role of socioemotional and behavioral factors in relation to school, teachers, peers and academic outcome in kindergarten and first grade. European Early Childhood Education Research Journal, 26(1), 80–96. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1412035

Haryanto. (2003). Undang-undang Sisdiknas. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen. https://jiped.org/index.php/JSP/article/view/211

Kemendikbud, K. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Permendikbud, 1–25. https://lpmpkaltara.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/01/Permendikbud-Nomor-1-Tahun-2021.pdf

Maghfirah, F., Nurani, Y., & Nurjannah, N. (2021). Pengaruh Persepsi Orang Tua terhadap Kesiapan Bersekolah Anak Usia 5-6 Tahun di Samarinda. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 76–86. https://doi.org/10.21831/jppm.v8i1.35220

Mariyati, L. I. (2017). Usia dan jenis kelamin dengan kesiapan masuk sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMG, 095, 331–344. http://eprints.umsida.ac.id/7697/1/Usia%20Dan%20Jenis%20Kelamin%20Dengan%20Kesiapan%20Masuk%20Sekolah%20Dasar.pdf

Micalizzi, L., Brick, L. A., Flom, M., Ganiban, J. M., & Saudino, K. J. (2019). Effects of socioeconomic status and executive function on school readiness across levels of household chaos. Early Childhood Research Quarterly, 47, 331–340. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.01.007

Morrison, F. J., & Hindman, A. H. (2008). School Readiness. Encyclopedia of Infant and Early Childhood Development, 1–3(2), 54–66. https://doi.org/10.1016/B978-012370877-9.00137-7

Muslimah, S., Wibowo, A. D., Wulandari, A., Kusuma, A. D. J., Ridwan, B. I., & Rumbewas, C. D. M. (2022). Pendampingan Belajar Calistung Anak Prasekolah di PAUD Permata Bunda Desa Malangjiwan. Prosiding Seminar Nasional Membangun Desa-UNS, 664–669. https://jurnal.uns.ac.id/aktivita/article/view/65544

Ndijuye, L. G. (2022). School readiness and pre-primary learning experiences of children of refugee backgrounds in Tanzania: the mediating role of family socio-economic status. European Early Childhood Education Research Journal, 0(0), 1–16. https://doi.org/10.1080/1350293X.2022.2108098

Pan, Q., Trang, K. T., Love, H. R., & Templin, J. (2019). School Readiness Profiles and Growth in Academic Achievement. Frontiers in Education, 4(November). https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00127

Pratiwi, W. (2018). Kesiapan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 1–13. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/502

Puccioni, J., Froiland, J. M., & Moeyaert, M. (2020). Preschool teachers’ transition practices and parents’ perceptions as predictors of involvement and children’s school readiness. Children and Youth Services Review, 109(March 2019), 104742. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104742

Rahmawati, A. (2018). Kesiapan sekolah merupakan kesiapan anak untuk memasuki sekolah . Di Indonesia istilah kesiapan sekolah lazim digunakan untuk merujuk kesiapan anak masuk Sekolah Dasar ( SD ), sebagai sekolah f. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(November), 201–210. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.01

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/71

Sherly, S., Herman, H., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Sinaga, Y. K., & Tannuary, A. (2021). Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila Di Smp Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 282–289. https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.51

StudyCha, L. (2013). Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. 2013, 1–11. https://core.ac.uk/reader/268214630

Supartini, E. (2012). Pengukuran Kesiapan Sekolah. In Jurnal Pendidikan Khusus (Vol. 2, Issue 2, pp. 61–71). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/977

Teaching Strategies. (2017). Touring Guide. The Creative Curriculum® for Preschool Touring, 1–68. https:/teachingstrategies.com/wp-content/uploads/2016/07/The-Creative-Curriculum-for-Preschool-Touring-Guide.pdf

Downloads

Published

09-03-2023

How to Cite

Yuliantina, I. (2023). Survei Kesiapan Bersekolah Anak Usia Dini di Provinsi Banten Tahun 2022. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1422–1438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3988

Issue

Section

Articles