Konsep Pembelajaran Berbasis Paradigma Baru pada Satuan PAUD Menggunakan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Saiful Hukamak Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Danang Prastyo Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Selfi Lailiyatul Iftitah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Nayyiroh Nayyiroh Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3972

Keywords:

konsep pembelajaran, paradigma baru, kurikulum merdeka paud

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan pendidikan mengalami penurunan kualitas akibat  kehilangan pembelajaran (learning loss), Sedangkan dari sisi numerasi dan literasi Indonesia telah kehilangan rata-rata 5 bulan, termasuk daerah-daerah terpencil learning loss nya bisa 8-10 bulan. Maka dalam hal ini sebagai bentuk respon untuk memperbaiki pembelajaran pemerintah meluncurkan kurikulum baru yang memuat konsep pembelajaran paradigma baru yaitu kurikulum merdeka, sehingga dapat memberi pemahaman dan membantu guru dan satuan pendidikan untuk melakukan pembelajaran sesuai konteks kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis bagaimana konsep pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan studi literatur berkaitan dengan konsep pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka pada satuan PAUD. Kriteria literatur penelitian ini yaitu buku panduan pembelajaran yang di terbitkan oleh Kemendikbud merupakan rujukan utama. Hasil dari penelusuran didapatkan bahwa terdapat kegiatan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila, dirumuskannya (CP) capain pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Profil Pengembangan Profil Pelajar Pancasila edisi 1 (1st ed.). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Anwar, R. N. (2021). Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/384

Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). In Kemendibudristek. Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan.

Hasbi, M. (2022). Majalah Paudpedia (pp. 3–83). Direktorat PAUD Direktorat Jenderal PAUD.

Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kemdikbudristek. (2022). Pedoman Umum Penyelenggaraan PAUD Berkualitas.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas Seri 6 - Lingkungan Belajar Aman (1st ed.).

Melita, M. R., & Maryati, S. (2021). Pengembangan pembelajaran pada satuan PAUD. In Buku Panduan Guru (p. 112). Pembelajaran-PAUD.pdfhttps://repositori.kemdikbud.go.id/24891/1/Pengembangan

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Permatasari, D. Y. (2017). Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia (Sebuah Tinjauan Historis-Kronologis). Falasifa, 8(2), 223–240. https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/87

Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/362

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/116/0

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. In Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Rahardjo, M. M. (2022). LEMBAR KOREKSI Suplemen-BG-PAUD (1).

Rufaidah, D., Ermawati, E., & Sumarlam, S. (2022). Wacana Berita Kurikulum Operasional Sekolah Di Sekolah Penggerak Pada Koran Digital Radarsolo.Jawapos.Com (Analisis Wacana Kritis Model Teun a. Van Dijk). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 11. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5782

Saputra, H., & Marcelawati, Y. (2020). Analisis Ruang Percepatan: Dinamika Pendidikan Di Era Pandemi Covid 19. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 160–174. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.43

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Proyek Profil Pelajar Pancasila. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Republik Indonesia.

Sumandya, I. W., Sukendra, I. K., Suryani, M. I., & Pramesuari, D. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah Di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606134

Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Profil Pengembangan Profil Pelajar Pancasila edisi 1 (1st ed.). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Anwar, R. N. (2021). Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/384

Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). In Kemendibudristek. Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan.

Hasbi, M. (2022). Majalah Paudpedia (pp. 3–83). Direktorat PAUD Direktorat Jenderal PAUD.

Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kemdikbudristek. (2022). Pedoman Umum Penyelenggaraan PAUD Berkualitas.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas Seri 6 - Lingkungan Belajar Aman (1st ed.).

Melita, M. R., & Maryati, S. (2021). Pengembangan pembelajaran pada satuan PAUD. In Buku Panduan Guru (p. 112). Pembelajaran-PAUD.pdfhttps://repositori.kemdikbud.go.id/24891/1/Pengembangan

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Permatasari, D. Y. (2017). Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia (Sebuah Tinjauan Historis-Kronologis). Falasifa, 8(2), 223–240. https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/87

Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/362

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/116/0

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. In Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Rahardjo, M. M. (2022). LEMBAR KOREKSI Suplemen-BG-PAUD (1).

Rufaidah, D., Ermawati, E., & Sumarlam, S. (2022). Wacana Berita Kurikulum Operasional Sekolah Di Sekolah Penggerak Pada Koran Digital Radarsolo.Jawapos.Com (Analisis Wacana Kritis Model Teun a. Van Dijk). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 11. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5782

Saputra, H., & Marcelawati, Y. (2020). Analisis Ruang Percepatan: Dinamika Pendidikan Di Era Pandemi Covid 19. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 160–174. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.43

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Proyek Profil Pelajar Pancasila. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Republik Indonesia.

Sumandya, I. W., Sukendra, I. K., Suryani, M. I., & Pramesuari, D. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah Di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606134

Downloads

Additional Files

Published

31-10-2023

How to Cite

Hukamak, S., Prastyo, D., Iftitah, S. L., & Nayyiroh, N. (2023). Konsep Pembelajaran Berbasis Paradigma Baru pada Satuan PAUD Menggunakan Kurikulum Merdeka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6115–6126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3972

Issue

Section

Articles