- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Konsep Pembelajaran Berbasis Paradigma Baru pada Satuan PAUD Menggunakan Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3972Keywords:
konsep pembelajaran, paradigma baru, kurikulum merdeka paudAbstract
Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan pendidikan mengalami penurunan kualitas akibat  kehilangan pembelajaran (learning loss), Sedangkan dari sisi numerasi dan literasi Indonesia telah kehilangan rata-rata 5 bulan, termasuk daerah-daerah terpencil learning loss nya bisa 8-10 bulan. Maka dalam hal ini sebagai bentuk respon untuk memperbaiki pembelajaran pemerintah meluncurkan kurikulum baru yang memuat konsep pembelajaran paradigma baru yaitu kurikulum merdeka, sehingga dapat memberi pemahaman dan membantu guru dan satuan pendidikan untuk melakukan pembelajaran sesuai konteks kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis bagaimana konsep pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan studi literatur berkaitan dengan konsep pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka pada satuan PAUD. Kriteria literatur penelitian ini yaitu buku panduan pembelajaran yang di terbitkan oleh Kemendikbud merupakan rujukan utama. Hasil dari penelusuran didapatkan bahwa terdapat kegiatan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila, dirumuskannya (CP) capain pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran.
Downloads
References
Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Profil Pengembangan Profil Pelajar Pancasila edisi 1 (1st ed.). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Anwar, R. N. (2021). Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/384
Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). In Kemendibudristek. Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan.
Hasbi, M. (2022). Majalah Paudpedia (pp. 3–83). Direktorat PAUD Direktorat Jenderal PAUD.
Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kemdikbudristek. (2022). Pedoman Umum Penyelenggaraan PAUD Berkualitas.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas Seri 6 - Lingkungan Belajar Aman (1st ed.).
Melita, M. R., & Maryati, S. (2021). Pengembangan pembelajaran pada satuan PAUD. In Buku Panduan Guru (p. 112). Pembelajaran-PAUD.pdfhttps://repositori.kemdikbud.go.id/24891/1/Pengembangan
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
Permatasari, D. Y. (2017). Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia (Sebuah Tinjauan Historis-Kronologis). Falasifa, 8(2), 223–240. https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/87
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/362
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/116/0
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. In Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Rahardjo, M. M. (2022). LEMBAR KOREKSI Suplemen-BG-PAUD (1).
Rufaidah, D., Ermawati, E., & Sumarlam, S. (2022). Wacana Berita Kurikulum Operasional Sekolah Di Sekolah Penggerak Pada Koran Digital Radarsolo.Jawapos.Com (Analisis Wacana Kritis Model Teun a. Van Dijk). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 11. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5782
Saputra, H., & Marcelawati, Y. (2020). Analisis Ruang Percepatan: Dinamika Pendidikan Di Era Pandemi Covid 19. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 160–174. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.43
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Proyek Profil Pelajar Pancasila. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Republik Indonesia.
Sumandya, I. W., Sukendra, I. K., Suryani, M. I., & Pramesuari, D. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah Di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606134
Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Profil Pengembangan Profil Pelajar Pancasila edisi 1 (1st ed.). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Anwar, R. N. (2021). Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/384
Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). In Kemendibudristek. Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan.
Hasbi, M. (2022). Majalah Paudpedia (pp. 3–83). Direktorat PAUD Direktorat Jenderal PAUD.
Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kemdikbudristek. (2022). Pedoman Umum Penyelenggaraan PAUD Berkualitas.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas Seri 6 - Lingkungan Belajar Aman (1st ed.).
Melita, M. R., & Maryati, S. (2021). Pengembangan pembelajaran pada satuan PAUD. In Buku Panduan Guru (p. 112). Pembelajaran-PAUD.pdfhttps://repositori.kemdikbud.go.id/24891/1/Pengembangan
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
Permatasari, D. Y. (2017). Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia (Sebuah Tinjauan Historis-Kronologis). Falasifa, 8(2), 223–240. https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/87
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/362
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/116/0
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. In Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Rahardjo, M. M. (2022). LEMBAR KOREKSI Suplemen-BG-PAUD (1).
Rufaidah, D., Ermawati, E., & Sumarlam, S. (2022). Wacana Berita Kurikulum Operasional Sekolah Di Sekolah Penggerak Pada Koran Digital Radarsolo.Jawapos.Com (Analisis Wacana Kritis Model Teun a. Van Dijk). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 11. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5782
Saputra, H., & Marcelawati, Y. (2020). Analisis Ruang Percepatan: Dinamika Pendidikan Di Era Pandemi Covid 19. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 160–174. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.43
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Proyek Profil Pelajar Pancasila. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Republik Indonesia.
Sumandya, I. W., Sukendra, I. K., Suryani, M. I., & Pramesuari, D. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah Di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606134