- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Strategi Meningkatkan Sikap Sosial Positif Anak melalui Bermain Aktif dan Pasif di PAUD Nusantara
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3970Keywords:
anak usia dini, aktif dan pasif, sikap sosialAbstract
Bermain adalah suatu kegiatan yang melekat pada diri manusia, apalagi pada diri anak usia dini, yang segala kegiatan pembelajarannya dilakukan melalui bermain. Oleh sebab itu, pengaruh bermain aktif dan pasif yang dilakukan anak dapat menumbuhkan sikap sosial yang positif pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di PAUD Nusantara di Desa Kala. Subjek penelitian adalah pendidik. teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, selanjutnya teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di PAUD Nusantara strategi yang dilakukan tenaga pendidik dalam meningkatkan sikap sosial positif anak adalah dengan menyediakan berbagai macam permainan yang mendorong anak untuk bersosial. Permainan yang biasa dilakukan yaitu bermain kucing dan tikus dan menonton kisah si kancil atau cerita gajah dan semut serta filmÂ
Downloads
References
Agung, P., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial melalui Metode Bermain Peran di TK Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. Caksana, 01(02), 143. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/view/195
Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.
Akollo, J. G., Wattilete, iffany A., & Lesbatta, D. (2020). Penerapan Metode Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Empati pada Anak Usia 5-6 Tahun. Didaxei, 01(01), 45–46. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/175
Andayani, S. (2021). Bermain sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. An-Nur : Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 07(01), 236. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/87
Aqobah, Q. J., Ali, M., Grafitte, D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Kerjasama Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. E-Plus, 05(02), 134–135. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/9253
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan (10th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Euriska, S. W. (2018). Efektivitas Bermain Aktif (Cooperative Play) dan Pasif dalam Menumbuhkan Sikap Sosial yang Positif Pada Anak Usia Sekolah. Universitas Sanata Dharma, 27–30. https://repository.usd.ac.id/2167/
Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 05(01), 40. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3685
Hafiyah, Y. N., & Zaini, M. (2022). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B di TK Darma Wanita Persatuan 2 Bayuglugur Situbondo. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 03(01), 19. http://digilib.uinkhas.ac.id/8500/1/Yati%20nurhafiahT20195079.pdf
Hidasari, F. P. (2019). Intensitas Penggunaan Gadget dan Aktivitas Motorik Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 08(02), 86–87. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/article/view/9980
Ismiulya, F. (2022). Pengembangan Konsep Bermain Aktif dan Bermain Pasif Bagi Anak Usia Dini. Hamka Ilmu Pendidikan Islam: Jurnal PIAUD Dan Pendidikan Bahasa Arab, 58. https://www.jurnal.stitmubatam.ac.id/index.php/hamka/article/view/8
Listyaningrum, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Jurnal Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 03(02), 110. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/article/view/3463
Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. KIDDO : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(01), 4. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/2978
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. PT RINEKA CIPTA.
Nata, A. (2000). Metodologi Studi Islam. Grafindo Persada.
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain pada Anak Usia Dini. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 05(02), 107–109. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Krativitas Anak melalui Bermain. APLIKASIA : Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(01), 23. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia/article/view/201603
Risan, I. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Bermain di Era Digital [Pascasarjana PAUD Universitas Pendidikan Indonesia]. SEMNAS PGSD FIP UNY 2019.pdf#page=10http://fip.uny.ac.id/sites/fip.uny.ac.id/files/PROSIDING
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Jurnal Edukatif, 03(04), 2133. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161
Sari, C. R., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 03(02), 417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225
Sari, D. Y. (2017). Peran Guru dalam Menumbuhkan Literasi melalui Bermain pada Anak Usia Dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(02), 70. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/golden_age/article/view/3316
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUDKelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 04(02), 142. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/7618
Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara.
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat.
Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 01(01), 40. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/2258
Wardhani, W. D. L., Misyana, Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 05(02), 1896. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694
Wiyanto, E. S. (2006). Efektivitas Bermain Aktif (Cooperative Play) dan Pasif dalam Menumbuhkan Sikap Sosial yang Positif pada Anak Usia Sekolah. Fakultas Psikologi. Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/2167
Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 03(01), 130–131. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/4656