Strategi Meningkatkan Sikap Sosial Positif Anak melalui Bermain Aktif dan Pasif di PAUD Nusantara

Authors

  • I'in Anggryani Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Na'imah Na'imah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Meriyati Meriyati Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3970

Keywords:

anak usia dini, aktif dan pasif, sikap sosial

Abstract

Bermain adalah suatu kegiatan yang melekat pada diri manusia, apalagi pada diri anak usia dini, yang segala kegiatan pembelajarannya dilakukan melalui bermain. Oleh sebab itu, pengaruh bermain aktif dan pasif yang dilakukan anak dapat menumbuhkan sikap sosial yang positif pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di PAUD Nusantara di Desa Kala. Subjek penelitian adalah pendidik. teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, selanjutnya teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di PAUD Nusantara strategi yang dilakukan tenaga pendidik dalam meningkatkan sikap sosial positif anak adalah dengan menyediakan berbagai macam permainan yang mendorong anak untuk bersosial. Permainan yang biasa dilakukan yaitu bermain kucing dan tikus dan menonton kisah si kancil atau cerita gajah dan semut serta film 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, P., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial melalui Metode Bermain Peran di TK Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. Caksana, 01(02), 143. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/view/195

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.

Akollo, J. G., Wattilete, iffany A., & Lesbatta, D. (2020). Penerapan Metode Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Empati pada Anak Usia 5-6 Tahun. Didaxei, 01(01), 45–46. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/175

Andayani, S. (2021). Bermain sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. An-Nur : Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 07(01), 236. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/87

Aqobah, Q. J., Ali, M., Grafitte, D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Kerjasama Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. E-Plus, 05(02), 134–135. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/9253

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan (10th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Euriska, S. W. (2018). Efektivitas Bermain Aktif (Cooperative Play) dan Pasif dalam Menumbuhkan Sikap Sosial yang Positif Pada Anak Usia Sekolah. Universitas Sanata Dharma, 27–30. https://repository.usd.ac.id/2167/

Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 05(01), 40. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3685

Hafiyah, Y. N., & Zaini, M. (2022). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B di TK Darma Wanita Persatuan 2 Bayuglugur Situbondo. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 03(01), 19. http://digilib.uinkhas.ac.id/8500/1/Yati%20nurhafiahT20195079.pdf

Hidasari, F. P. (2019). Intensitas Penggunaan Gadget dan Aktivitas Motorik Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 08(02), 86–87. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/article/view/9980

Ismiulya, F. (2022). Pengembangan Konsep Bermain Aktif dan Bermain Pasif Bagi Anak Usia Dini. Hamka Ilmu Pendidikan Islam: Jurnal PIAUD Dan Pendidikan Bahasa Arab, 58. https://www.jurnal.stitmubatam.ac.id/index.php/hamka/article/view/8

Listyaningrum, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Jurnal Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 03(02), 110. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/article/view/3463

Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. KIDDO : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(01), 4. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/2978

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. PT RINEKA CIPTA.

Nata, A. (2000). Metodologi Studi Islam. Grafindo Persada.

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain pada Anak Usia Dini. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 05(02), 107–109. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Krativitas Anak melalui Bermain. APLIKASIA : Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(01), 23. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia/article/view/201603

Risan, I. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Bermain di Era Digital [Pascasarjana PAUD Universitas Pendidikan Indonesia]. SEMNAS PGSD FIP UNY 2019.pdf#page=10http://fip.uny.ac.id/sites/fip.uny.ac.id/files/PROSIDING

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Jurnal Edukatif, 03(04), 2133. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161

Sari, C. R., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 03(02), 417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225

Sari, D. Y. (2017). Peran Guru dalam Menumbuhkan Literasi melalui Bermain pada Anak Usia Dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(02), 70. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/golden_age/article/view/3316

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUDKelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 04(02), 142. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/7618

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat.

Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 01(01), 40. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/2258

Wardhani, W. D. L., Misyana, Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 05(02), 1896. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694

Wiyanto, E. S. (2006). Efektivitas Bermain Aktif (Cooperative Play) dan Pasif dalam Menumbuhkan Sikap Sosial yang Positif pada Anak Usia Sekolah. Fakultas Psikologi. Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/2167

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

Zaini, A. (2015). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 03(01), 130–131. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/4656

Downloads

Published

24-08-2023

How to Cite

Anggryani, I., Na’imah, N., & Meriyati, M. (2023). Strategi Meningkatkan Sikap Sosial Positif Anak melalui Bermain Aktif dan Pasif di PAUD Nusantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4491–4499. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3970

Issue

Section

Articles