Peran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bagi Anak Usia Dini

Putu Indah Lestari(1Mail), Elizabeth Prima(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Putu Indah Lestari, Elizabeth Prima

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.396

Download Full Text:   [File Size  : 731KB]  Language : id
Received : 2019-12-17  |  Published : 2019-12-27

Abstract


Pendidikan anak usia dini dilakukan melalui pemberian pengalaman, rangsangan, serta menyediakan lingkungan yang kondusif. Salah satu lingkungan belajar adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang memiliki karakteristik sebagai taman terbuka publik, wahana permainan dan tumbuh kembang anak, ruang terbuka hijau, serta sarana kegiatan sosial dilengkapi berbagai permainan menarik. RPTRA di Kota Denpasar yaitu Taman Lalu Lintas dan Taman Janggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran RPTRA sebagai lingkungan belajar bagi anak usia dini, pemanfaatan RPTRA bagi nilai perkembangan anak usia dini, serta model pembelajaran di luar kelas. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif menggunakan teknik oberservasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini adalah Taman Lalu Lintas dan Taman Janggan memberikan tempat bermain sambil belajar (edurecreation). Nilai edukasi di kedua taman antara lain perkembangan kognitif, fisik motorik, sosial budaya, emosional, dan intelektual. Sekolah TK/ PAUD memanfaatkan kedua taman untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas sebagai salah satu model pembelajaran.


Keywords


ruang publik terpadu ramah anak; anak usia dini; lingkungan belajar

References


Anhusadar, L. O., & Islamiyah. (2019). Taman Layak Anak Usia Dini di Kota Kendari. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Desti, R., & Prihastom, B. (2018). Identifikasi Penerapan Konsep Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pada Taman Kambang Iwak Palembang. Vitruvian, Jurnal Arsitektur, Bangunan& LIngkungan, 8(1), 29–42. https://doi.org/dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2018.v8i1.004

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hastuti, D. (2009). “Stimulasi Psikososial pada Anak Kelompok Bermain di Kota Bogor dan Pengaruhnya pada Perkembangan Motorik, Kognitif, Sosial Emosi dan Moral/Karakter Anak.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 2(1), 41–56. https://doi.org/10.24156/jikk.2009.2.1.41

Herllina, N., & Nadiroh. (2018). Peran Strategis Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Dalam Rangka Pemenuhan Hak Anak Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(104–117). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.121 09

Hernowo, E., & Navastara, A. M. (2017). Karakteristik Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bahari di Kecamatan Cilandak Jakarta Selata. Jurnal Teknis ITS, 6(567–570).

Kristiawan, M., & Rozalena. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86.

Latif, M. et al. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Mariana, R. (2017). Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 759–767.

Mariana, R., Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Perhubungan, D. (2019). Data Kunjungan Sekolah PAUD. Denpasar.

Permendikbud Nomor 146. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (2014).

Prakoso, S., & Dewi, J. (2017). Rasa Kelekatan Anak Pada Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (Rptra). NALARs, 17(1), 1. https://doi.org/10.24853/nalars.17.1.1-10

Prasetyo, A., Atma, U., & Yogyakarta, J. (2019). Peningkatan Kualitas Taman Denggung Di Sleman Sebagai Taman Ramah Anak Melalui Pengembangan Kecerdasan Anak, 209–215.

Rizani, E. N., Wulandari, A., Hernovianty, F. R., Perencanaan, J., Fakultas, K., Universitas, T., … Universitas, T. (2017). Klasifikasi Ruang Terbuka Hijau Taman Layak Anak Di Kota Pontianak, 2–5.

Santyasa, I. W. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. In Makalah pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida. Bali. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7465931

Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif (1st ed.). Jakarta: RajaGrafindo Perkasa.

Tarigan, L. A. (2018). Keamanan Dan Keselamatan Anak Pada Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Kalijodo Di Jakarta. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 6(3). Retrieved from http://arsitektur.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jma/article/view/654

Ulfa, D. M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Berwawasan Lingkungan Sebagai Sarana Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Kecamatan Gunungpati Semarang. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 23–30. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/3718

UU No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional (2003).

Walujo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Kompendium PAUD. Depok: Prenadamedia Group.

Widyawati, K. (2015). Penilaian Ruang Bermain Anak Di Kota Depok. Factor Exacta, 8(3), 195–207.

Wondal, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Metode Karya Wisata. Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 1–14. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.01

Yati, P. (2016). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Lentera, XVIII(1), 123–139.

Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Thufula, 3(1), 118–134.


Article Metrics

 Abstract Views : 386 times
 PDF Downloaded : 149 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.