Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini

Authors

  • Ike Nur Cahyanti Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sri Katoningsih Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3925

Keywords:

anak usia dini, huruf hijaiyah, kemampuan membaca

Abstract

Penguasaan bahasa anak usia usia dini dapat bervariasi terutama saat mengenal huruf hijaiyah sebagai huruf Arab yang dipergunakan Indonesia menjadi bahasa kedua. Pemahaman huruf hijaiyah melalui metode iqro’ oleh guru terhadap anak usia dini di TK Al Huda Laweyan Surakarta. Riset berikut dijalankan berbentuk riset kualitatif yang sifatnya deskriptif. Tujuan riset berikut ialah guna mendapatkan data perihal kapabilitas dalam mengenali huruf hijaiyah anak usia dini lewat pembelajaran Iqro yang tengah dilangsungkan serta peranan orang tua dalam mendukung pemahaman bahasa lewat metode pembelajaran tersebut. Implementasi metode iqro' pengajar ketika pengenalan huruf hijaiyah terhadap anak usia dini terdiri dari anak melafalkan ataupun membaca huruf hijaiyah satu per satu di bawah bimbingan pengajar memakai buku iqro.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 989–992. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6337

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27, 02(1), 59.

Aini, A. N., & Rijal, S. (2022). Peran Kepemimpinan Kyai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Fardlu Berjama’ah Santri Putra Di Pondok Pesantren Siti Nur Sa’adah Di Desa Wonomelati Krembung Sidoarjo. Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 8(1), 91–100. https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1339

Aprillia, A. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Metode Wafa Di Kelas B2 Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Fitrah Insani 1 Langkapura Bandar Lampung UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/12245

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/566

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118

Imroatun, I., Hunainah, H., Rukhiyah, Y., & Apipah, I. (2021). Perbedaan Tingkat Pengenalan Huruf Hijaiyyah melalui Metode Iqro pada Anak Kelas A Taman Kanak-Kanak. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 23–40. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2975

Junainah, J. (2019). Penerapan Metode Iqra’Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Idjaiyah Anak Usia Dini Di Tkstar Mataram Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/6571/1/SKRIPSI JUNAINAH.pdf

Khotimah, K. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Anak Melalui Metode Iqro’Di Raudhatul Atfhal Dharma Wanita Bringinan Jambon …. In Etheses.Iainponorogo.Ac.Id. http://etheses.iainponorogo.ac.id/8846/1/211115017 KHUSNUL KHOTIMAH.pdf

Komariyah, K., Sagala, R., Anggraini, H., & Rahimah, R. (2021). Iqra Sebagai Salah Satu Cara Mengenalkan Huruf Hijaiyah. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 281–290. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.11287

Kusuma, Y. (2018). Model-Model Perkembangan Pembelajaran Btq Di Tpq/Tpa Di Indonesia. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 46–58. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6520

Lubis, H. Z., Fadila, R., Mastina, M., Daulay, F., & Fadhillah, N. (2022). Stimulasi Kegiatan Mewarnai untuk Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PEMA Tarbiyah, 1(1), 11–19. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/article/view/1463

Nurazizah, A., & Kustanti, D. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Anak dalam Membaca Al-Qur’an Melalui Kegiatan Pembelajaran. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung 47(Desember). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/781

Permatasari, P. A., Setiawan, Y., Khairiah, R. N., & Effendi, H. (2017). The effect of land use change on water quality: A case study in Ciliwung Watershed. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 54(1), 1–14. https://doi.org/10.1088/1755-1315/54/1/012026

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372

Porawouw, S. (2013). Analisis Perbandingan Metode Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Pt.Bangun Wenang Beverages Co. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1946–1952. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/3402

Rihhadatul Aisy, I., Asmahasanah, S., & Kamalludin. (2022). Peran Guru Mengaji Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Iqro di TPA Mina Sawangan Depok. Rayah Al-Islam, 6(2), 155–162. https://doi.org/10.37274/rais.v6i2.606

Sari, A. N., Djuani, & Qadafi, M. (2020). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Siswa RA Perwanida II Mataram. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 14–26. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/IEK/article/view/2888

Sari, N. N. K. (2020). Rancang Bangun Media Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 161–170. https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1214

Siregar, I. (2018). Penerapan Metode iqro’ dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan membaca Al-Qur’an murid MDA Muhammadiyah Bonan Dolok. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.370

Suasthi, I. G. A. (2019). Membangun Karakter “Genius†Pada Anak Usia Dini. In UNHI Press: Universitas Hindu Indonesia (Vol. 53, Issue 9).

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Trisniwati. (2014). Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui metode permainan kartu huruf pada kelompok b1 tk aba ketanggungan wirobrajan yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ulfa, U. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Al-Qur’an pada Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/76

W., S. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3953–3966. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418

Warman, E. (2017). Mengembangkan Minat Belajar Anak Tunagrahita Ringan Menggunakan Media Pembelajaran Puzzle Angka Di Skh Negeri 02 Kabupaten Lebak. UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 2(1). https://doi.org/10.30870/unik.v2i1.3545

Downloads

Additional Files

Published

01-03-2023

How to Cite

Cahyanti, I. N., & Katoningsih, S. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1269–1278. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3925

Issue

Section

Articles