- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Media Goodie Book untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3902Keywords:
anak usia dini, goodie book, motorik halusAbstract
Salah satu media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang juga menarik untuk anak adalah goodie book. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran goodie book untuk meningkatkan aspek perkembangan motorik halus anak yang berusia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan metode RnD menggunakan model Borg and Gall. Analisis data diperoleh berdasarkan validasi instrument yang diperoleh melalui para ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan juga user. Dari hasil perolehan validasi oleh ahli materi menunjukkan kriteria sangat baik dengan prosentase 90%. Sedangkan nilai dari ahli media juga menunjukkan kriteria sangat baik dengan prosentase 90%. Tahap selanjutnya yaitu uji coba lapangan terhadap produk goodie book yang diujikan terhadap 6 anak pada kelompok B dan juga telah dilakukan penilaian produk oleh guru kelas sebagai user. Melalui tahap uji coba tersebut diperoleh prosentase 85,5% yang menunjukkan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa goodie book merupakan media yang layak digunakan untuk pembelajaran motorik halus anak.
Downloads
References
Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998
Astini, B. N., Nurhasanah, Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (Ape) Dalam Mengembangka Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15678
Bhatia, P., Davis, A., & Shamas-Brandt, E. (2015). Educational gymnastics: The effectiveness of montessori practical life activities in developing fine motor skills in kindergartners. Early Education and Development, 26(4), 594–607. https://doi.org/10.1080/10409289.2015.995454
Ekawaty, D. W., & Ruhacna, L. (2020). Stimulasi kemampuan motorik anak prasekolah oleh ibu di rumah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi. https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/7126
Firdaus, M. K., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 53. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35719
Fitriyah, Q. F., Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, S., & ‘Aziz, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719–727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789
Hendayani, Y., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Balok Bergambar Di Tkip Assalaam Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26668
Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205
Hestbaek, L., Andersen, S. T., Skovgaard, T., Olesen, L. G., Elmose, M., Bleses, D., Andersen, S. C., & Lauridsen, H. H. (2017). Influence of motor skills training on children’s development evaluated in the Motor skills in PreSchool (MiPS) study-DK: Study protocol for a randomized controlled trial, nested in a cohort study. Trials, 18(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s13063-017-2143-9
Ilyas, S. N., Amal, A., Asti, A. S. W., & Hajerah, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book pada Guru PAUD di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–16. https://ojs.unm.ac.id/inovasi/article/view/19579
Kurniawati, N., Rasmani, U. E. E., & Nurjanah, N. E. (2021). Profil Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Gugus Melati Kecamatan Wonosari. Kumara Cendekia, 9(2), 113. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49187
Maghfuroh, L. (2022). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 3(1), 55–60. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.1182
Malina, R. M. (2004). Motor Development during Infancy and Early Childhood: Overview and Suggested Directions for Research. International Journal of Sport and Health Science, 2(5), 50–66. https://doi.org/10.5432/ijshs.2.50
Mufliharsi, R. (2019). Pemanfaatan Busy Book Padakosakata Anak Usia Dinidipaud Swadayapkk. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 53(9), 1689–1699.
Nuraini, I., Sutama, S., & Narimo, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 62–71. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10220
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Purnamasari, C., Amal, A., & Herlina. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Raudhatul Atfhal, 4(1), 78–89. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/11782
Ramadhani, S. N., & Sudarsini. (2018). Media Quiet Book dalam Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Bagi Tunagrahita. Ortopedagogia, 4(1), 12–16. http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/4398
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Media Pembelajaran Berbasis It Sebagai Inovasi Pembelajaran Pada Jenjang Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Guru Taman Kanak-Kanak Muslimat Nu Maslakul Huda). Jurnal Reforma, 7(2), 37. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.68
Safitri, D., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. (2019). Penggunaan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B1 Di Ra Panglima Sudirman Sumbersekar Dau Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(1). https://jim.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/3215
Shofia Maghfiroh, & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086
Souto, P. H. S., Santos, J. N., Leite, H. R., Hadders-Algra, M., Guedes, S. C., Nobre, J. N. P., Santos, L. R., & Morais, R. L. de S. (2020). Tablet Use in Young Children is Associated with Advanced Fine Motor Skills. Journal of Motor Behavior, 52(2), 196–203. https://doi.org/10.1080/00222895.2019.1602505
Suwatra, I. W., Magta, M., & Christiani, C. L. A. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok a Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu, 24(2), 185. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421
Utomo, I. A., Ramli, M., & Furaidah, F. (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1594–1598. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12553
Yulia, A., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/578
Yulianto, T. (2018). Efektifitas Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Hambatan Majemuk Kelas X Di SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7, 748–763. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/12285
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Zaki, A., & Yusri, D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618