- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua pada Pola Komunikasi terhadap Kemampuan Berbicara Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3897Keywords:
pendidikan orang tua, perhatian orang tua, kemampuan berbicara anakAbstract
Bahasa adalah alat komunikasi yang berbentuk simbologi berbasis suara yang dihasilkan oleh pita suara manusia. dapat dilihat sebagai sarana untuk mengekspresikan ide yang muncul ke pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara perhatian orang tua, tingkat pendidikan, pola komunikasi, dan kemampuan berbicara, serta pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan berbicara jika dikaitkan dengan pola komunikasi tidak langsung. Analisis jalur digunakan dalam teknik penelitian ini sebagai strategi deskriptif kuantitatif. Ada 124 orang tua dalam sampel penelitian. Dalam penelitian ini, observasi, dokumentasi, dan kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis peta frekuensi, analisis regresi berganda, dan analisis rute digunakan untuk menguji hipotesis. Menurut temuan penelitian, kemampuan berbicara, perhatian orang tua, kebiasaan komunikasi, dan tingkat pendidikan semuanya berpengaruh
Downloads
References
Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1
Endriani, A. (2016). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Realita, 1(2), 104–116. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/708#
Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100
Isnaeni, D., Suherman, S., & Hanafi, S. (2020). Hubungan Antara Perhatian Orangtua Dan Peyediaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research, 7(1), 1–18. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/10672
Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan keterlambatan berbicara (speech delay). Preschool, 2(2), 206–216. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/12026
Komalasari, W. (2019). Hubungan Pekerjaan Dan Pendidikan Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2018. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmu, 8(4). https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1397
Liansari, V. (2017). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Usia Dini dengan Speech Delay di TK Aisiyah Rewwin Waru Vevy Liansari ( Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman p. Kanal (Jurnal Ilmu Komunikasi), 5(2), 159–164. https://doi.org/10.21070/kanal.v5i2.1485
Martin, M., & Tawila, N. (2018). Analisis Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 217. https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.940
Muryanti. (2016). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan, Tingkat Pendapatan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun di Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Kesehatan Masyarakat-S.021308055-2016. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/55130/Hubungan-Antara-Tingkat-Pendidikan-Tingkat-Pendapatan-dan-Pola-Asuh-Orang-Tua-dengan-Perkembangan-Bahasa-pada-Anak-Usia-3-4-Tahun-di-Kecamatan-Nogosari-Kabupaten-Boyolali
Nursalam, N., & Nawir, M. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2798
Sari, D., Pohan, V., & Shobirun. (2012). Hubungan Antara Komunikasi dalam Keluarga Dengann perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah Di TK Tunas Rimba Mranggen Demak. Keperawatan.
Sunain, S. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam Pada Semester I. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(2), 160–176. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.942
Tanjung, P. S., Izzati, & Hartati, S. (2020). Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3380–3386. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/854/777
Zubaidah, E. (2003). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyyakarta, 1–142.