Permainan Jump Hap sebagai media untuk Menstimulasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 3-4 Tahun

Authors

  • Sabila Gozzani Putri Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Adi Wijayanto Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Raden Rachmy Diana Psikologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3885

Keywords:

kecerdasan kinestetik, permainan jump hap, pengembangan permainan anak

Abstract

Anak usia dini memerlukan aktivitas  bergerak untuk mendukung tumbuh kembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciotakan suatu produk permainan yang menstimulasi kecerdasan kinestetik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development. Hasil yang dipeoleh dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa permainan jump hap. Permainan jump hap terdiri atas tiga zona. Setiap zona memiliki rintangan yang berbeda-beda. Zona petama merupakan zona berlari zig-zag, zona kedua merupakan zona jump hap yakni zona lompatan, dan zona ketiga merupakan zona berjalan meniti di atas papan sederhana. Permainan jump hap dengan serangkaian validasi dinyatakan sangat layak. Validasi dilakukan dengan dua tahapan. Tahap pertama ahli materi memperoleh 80%, ahli media 76%. Tahap kedua ahli materi memperoleh 95,6%, ahli media 92,5 %. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pendidik  berupa kegiatan permainan jump hap untuk menstimulasi kecerdasan kinestetik anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acesta, A. (2019). Kecerdasan Kinestetik dan Interpersonal serta Pengembangannya (Luthfia (Ed.)). Media Sahabat Cendekia.

Budiaji, W., Fakultas, D., Universitas, P., Tirtayasa, A., Raya, J., Km, J., & Serang Banten, P. (2013). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp

Cahya, E. (2016). Bahan Ajar Konsep Dasar. IAIN Tulungagung.

Fitriana, A. A., Azizah, E. N., & Tanto, O. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 147. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.504

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Gardner, H. (2016). Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) (L. Saputra (Ed.)). Karisma.

Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Kurniawati, Y., Pranoto, S., & Tri, A. U. (2022). Persepsi Guru terhadap Aktivitas Bermain Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Inklusi se-Jawa Tengah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7347–7358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3559

Lee, D., Yun, W.-H., Park, C., Yoon, H., & Kim, J. (2015). Analysis of children’s posture for the bodily kinesthetic test. 2015 12th International Conference on Ubiquitous Robots and Ambient Intelligence, URAI 2015, 408–410. https://doi.org/10.1109/URAI.2015.7358886

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781

Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://jpk.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/jpk/article/view/7/7

Prihastari, E. B. (2015). Pemanfaatan Etnomatematik Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 01(2010), 155–162. http://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/23

Ramadhani, S. (2021). Sejarah Perkembangan Pendidikan Indonesia Pada Masa Penjajahan Jepang. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 8(1), 10–23. https://doi.org/10.29408/jhm.v8i1.3410

Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407

Renna, H. R. P. (2022). Konsep Pendidikan Menurut John Locke dan Relevansinya bagi Pendidikan Sekolah Dasar di Wilayah Pedalaman Papua. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 7–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1698

Republik Indonesia. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penidikan Nasional. Republik Indonesia.

Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(April). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3065

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428

Sit, M. (2022). Pengembangan Permainan Simpai: Stimulasi Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5066–5078. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1912

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (kedua). Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Sukoyo, J., Kurniati, E., & Utami, E. S. (2021). Engklek Game and Its Benefits for Early Children’s Development. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I1.211003

Suryana. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Tandon, P., Hassairi, N., Soderberg, J., & Joseph, G. (2020). The relationship of gross motor and physical activity environments in child care settings with early learning outcomes. Early Child Development and Care, 190(4), 570–579. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1485670

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Grasindo.

Trisnaningsih, isilia I., Wiyasa, I. K. N., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Lari Zig-Zag Berbantuan Kursi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B TK Sila Dharma Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18764

Viana, O. R., & Jauhari, J. (2020). Pembelajaran Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Din. Jurnal Pedagogi, 06(2). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/5538

Vygotsky Lev Semenovich. (2004). Imagination and Creativity in Childhood. Journal of Russian & East European Psychology, 42(1), 7–97. https://doi.org/10.1080/10610405.2004.11059210

Wijayanto, A. (2018). Pengaruh Metode Guide Discovery dan Metode Movement Exploration Serta Persepsi Kinestetik terhadap Hasil Belajar Pukulan Atas Bulu Tangkis Pada Mahasiswa IAIN Tulungagung. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 1(2), 160. https://doi.org/10.31851/hon.v1i2.1976

Wilson, S. D. (2018). Implementing Co-Creation And Multiple Intelligence Practices To Transform The Classroom Experience. Contemporary Issues in Education Research (CIER), 11(4), 127–132. https://doi.org/10.19030/cier.v11i4.10206

Yuniarni, D. (2021). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 513–525. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak (p. 37). Kencana.

Downloads

Additional Files

Published

24-08-2023

How to Cite

Putri, S. G., Wijayanto, A., & Diana, R. R. (2023). Permainan Jump Hap sebagai media untuk Menstimulasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4451–4464. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3885

Issue

Section

Articles