- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Permainan Jump Hap sebagai media untuk Menstimulasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 3-4 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3885Keywords:
kecerdasan kinestetik, permainan jump hap, pengembangan permainan anakAbstract
Anak usia dini memerlukan aktivitas bergerak untuk mendukung tumbuh kembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciotakan suatu produk permainan yang menstimulasi kecerdasan kinestetik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development. Hasil yang dipeoleh dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa permainan jump hap. Permainan jump hap terdiri atas tiga zona. Setiap zona memiliki rintangan yang berbeda-beda. Zona petama merupakan zona berlari zig-zag, zona kedua merupakan zona jump hap yakni zona lompatan, dan zona ketiga merupakan zona berjalan meniti di atas papan sederhana. Permainan jump hap dengan serangkaian validasi dinyatakan sangat layak. Validasi dilakukan dengan dua tahapan. Tahap pertama ahli materi memperoleh 80%, ahli media 76%. Tahap kedua ahli materi memperoleh 95,6%, ahli media 92,5 %. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pendidik berupa kegiatan permainan jump hap untuk menstimulasi kecerdasan kinestetik anak.
Downloads
References
Acesta, A. (2019). Kecerdasan Kinestetik dan Interpersonal serta Pengembangannya (Luthfia (Ed.)). Media Sahabat Cendekia.
Budiaji, W., Fakultas, D., Universitas, P., Tirtayasa, A., Raya, J., Km, J., & Serang Banten, P. (2013). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp
Cahya, E. (2016). Bahan Ajar Konsep Dasar. IAIN Tulungagung.
Fitriana, A. A., Azizah, E. N., & Tanto, O. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 147. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.504
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Gardner, H. (2016). Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) (L. Saputra (Ed.)). Karisma.
Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Kurniawati, Y., Pranoto, S., & Tri, A. U. (2022). Persepsi Guru terhadap Aktivitas Bermain Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Inklusi se-Jawa Tengah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7347–7358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3559
Lee, D., Yun, W.-H., Park, C., Yoon, H., & Kim, J. (2015). Analysis of children’s posture for the bodily kinesthetic test. 2015 12th International Conference on Ubiquitous Robots and Ambient Intelligence, URAI 2015, 408–410. https://doi.org/10.1109/URAI.2015.7358886
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19
Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781
Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://jpk.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/jpk/article/view/7/7
Prihastari, E. B. (2015). Pemanfaatan Etnomatematik Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 01(2010), 155–162. http://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/23
Ramadhani, S. (2021). Sejarah Perkembangan Pendidikan Indonesia Pada Masa Penjajahan Jepang. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 8(1), 10–23. https://doi.org/10.29408/jhm.v8i1.3410
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Renna, H. R. P. (2022). Konsep Pendidikan Menurut John Locke dan Relevansinya bagi Pendidikan Sekolah Dasar di Wilayah Pedalaman Papua. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 7–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1698
Republik Indonesia. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penidikan Nasional. Republik Indonesia.
Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(April). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3065
Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428
Sit, M. (2022). Pengembangan Permainan Simpai: Stimulasi Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5066–5078. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1912
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (kedua). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Sukoyo, J., Kurniati, E., & Utami, E. S. (2021). Engklek Game and Its Benefits for Early Children’s Development. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I1.211003
Suryana. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.
Tandon, P., Hassairi, N., Soderberg, J., & Joseph, G. (2020). The relationship of gross motor and physical activity environments in child care settings with early learning outcomes. Early Child Development and Care, 190(4), 570–579. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1485670
Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Grasindo.
Trisnaningsih, isilia I., Wiyasa, I. K. N., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Lari Zig-Zag Berbantuan Kursi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B TK Sila Dharma Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18764
Viana, O. R., & Jauhari, J. (2020). Pembelajaran Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Din. Jurnal Pedagogi, 06(2). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/5538
Vygotsky Lev Semenovich. (2004). Imagination and Creativity in Childhood. Journal of Russian & East European Psychology, 42(1), 7–97. https://doi.org/10.1080/10610405.2004.11059210
Wijayanto, A. (2018). Pengaruh Metode Guide Discovery dan Metode Movement Exploration Serta Persepsi Kinestetik terhadap Hasil Belajar Pukulan Atas Bulu Tangkis Pada Mahasiswa IAIN Tulungagung. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 1(2), 160. https://doi.org/10.31851/hon.v1i2.1976
Wilson, S. D. (2018). Implementing Co-Creation And Multiple Intelligence Practices To Transform The Classroom Experience. Contemporary Issues in Education Research (CIER), 11(4), 127–132. https://doi.org/10.19030/cier.v11i4.10206
Yuniarni, D. (2021). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 513–525. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336
Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak (p. 37). Kencana.