Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini

Authors

  • Arlis Herdiyanti Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-6175-4282
  • Suparno Suparno Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3876

Keywords:

anak usia 5 tahun, contextual teaching and learning, keterampilan berbicara

Abstract

Keterampilan berbicara anak usia dini perlu dilatih untuk mengemukakan ide dan pikirannya agar dapat terlatih dengan baik. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui terdapat pengaruh contextual teaching and learning terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun yang dilakukan agar guru mendapatkan gambaran tentang model-model pembelajaran dimana baik dan tepat dalam mengoptimalkan aspek kterampilan berbicara pada anak usia TK Kelompok B. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dengan subjek penelitian adalah (n=37) kelompok TK-B. Teknik analisis data ialah analisis deskriptif dengan paired sample t-test untuk menguji suatu perbedaan pretest dan posttest menggunakan model pembelajaran CTL Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh contextual teaching and learning terhadap keterampilan berbicara anak pada aspek pengucapan, pengembangan kosa kata dan pembentukan kalimat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum. Kencana Perdana Media Group.

Altaftazani, D. H. (2018). Application Of Cooperative Learning Type Picture To Picture To Increase Student’s Comprehension On Social Studies. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(2), 71. https://doi.org/10.22460/pej.v2i2.1015

Antara, P. A., Ujianti, P. R., & Patissera, A. La. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24(2). https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263

Boholano, H. B. (2017). Smart social networking: 21st Century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45

Djoehaeni, H. (2016). the Implementation of Contextual Teaching and Learning Model in Environment Education in Kindergarten. Edutech, 15(1), 81. https://doi.org/10.17509/edutech.v15i1.2233

Ermala, Thamrin, & Halida. (2015). Penerapan Bermain Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Khatulistiwa:Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 53(9), 1689–1699. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12112

Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/410

Huck, C. S., Hepler, S. I., & Hickman, J. (1987). Children’s Literature in The Elementery School. Holt, Rinechart and Wiston.

Hudson, C. C., & Whisler, V. R. (2007). Contextual teaching and learning for practitioners. IMSCI 2007 - International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics, Proceedings, 2, 228–232.

Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: what it is and why it’s here to stay. Choice Reviews Online, 40(02), 40-1053-40–1053. https://doi.org/10.5860/choice.40-1053

Jumiatin, D. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching & Learning ( Ctl ) Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(2), 73–81. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/93

Kurnia, P. I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Contextual Teaching and Learning Siswa Kelas XI SMK BSI. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 14–23. https://doi.org/10.47747/jismab.v1i1.3

Lalujan, K. V., Krismayani, O., & Manajang, T. Y. (2019). Kecerdasan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Prespektif Teori Kecerdasan Howard Gardner. https://doi.org/10.31219/osf.io/hq4ux

Muliani, M., & Sumarsono, D. (2019). Contextual Teaching Learning (Ctl) Approach In Speaking Materials For Students’ 21st Century Skill: Does It Have Any Effect? Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP, 6(2), 99. https://doi.org/10.33394/jo-elt.v6i2.2362

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Nurgiyantoro, B. (2015). Tahapan perkembangan anak dan tahapan perkembangan sastra anak. Cakrawala Pendidikan, 2014(2), 198–222. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/369

Nurhayati, F., Mustapa, K., & Jura, M. R. (2019). The Influence of Contextual Teaching and Learning (CTL) Model on Learning Outcomes in Colloid System Material at Class XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Model. J. Akademika Kimia. 8(1), 168–172. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/2346

Priyantini, Y. J., Negara, G. A. O., & Asrii, A. S. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Di Tkk Thomas Aquino Tuka Dalung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18837

Saifullah, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pembelajaran Kontekstual Questioning Pada Siswa Kelas V Sdn Maniang Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 44–52. https://doi.org/10.33659/cip.v10i1.217

Satriani, I., Emilia, E., & Gunawan, M. H. (2012). Contextual teaching and learning approach to teaching writing. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 2(1). https://doi.org/10.17509/ijal.v2i1.70

Suadiyatno, T., Firman, E., Hanan, A., & Sumarsono, D. (2020). Examining The Effect Of Contextual Teaching-Learning And Anxiety Towards Students’ Speaking Skills. Journal of Languages and Language Teaching, 8(1), 100. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i1.2266

Subhan Roza, A., Rafli, Z., & Rahmat, A. (2019). The Implementation of Contextual Teaching Learning (CTL) to Improve the Students’ Speaking Ability in Islamic Studies Course. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 8(4), 45. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.8n.4p.45

Sudijandoko, A. (2015). Peningkatan Kinerja Pendidik Paud Dalam Pengembangan Kemampuan Kinestetik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4193

Sunarsih, T. (2020). Pelatihan Dan Edukasi Pada Guru Paud Tentang Tumbuh Kembang Balita Dan Anak Pra Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 3(2). https://doi.org/10.35842/jpdb.v3i2.125

Susanto, A. (2011a). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Perdana Media Group.

Susanto, A. (2011b). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Perdana Media Group.

Yuda Pratama, E., & Awaliyah, Y. (2016). Teacher’s Strategies in Teaching Speaking to Young Learners. Electronic Journals of UIKA Bogor, 19–31. https://core.ac.uk/download/pdf/230810965.pdf

Yunalia, N., & Pusari, R. W. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Contextual Teaching And Learning Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Masyithoh Banyuputih. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v5i2.1184

Yusria. (2016). Peningkatan Kecakapan Personal Melalui Pembelajaran Kontekstual. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2). https://doi.org/10.21009/jpud.102.08

Yusyac, R., Muslem, A., & Yasin, B. (2021). Using contextual teaching and learning (CTL) approach to improve students’ speaking ability. English Education Journal, 12(3). https://doi.org/10.24815/eej.v12i3.19189

Downloads

Published

17-02-2023

How to Cite

Herdiyanti, A., & Suparno, S. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1063–1072. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3876

Issue

Section

Articles